Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6199. Allah Menciptakan Nabi Adam seperti Bentuknya dan Tingginya 60 Hasta ?

PERTANYAAN :


Assalamualaikum. Izin bertanya : Hadits Imam Bukhari dan Muslim Tentang Allah menciptakan adam seperti bentukNya tingginya 60 hasta. Dan apabila marah jangan memukul wajahnya karena wajah adàm seperti bentukNya. Syukron. Adakah referensinya tentang dhomir kembali ke Allah ...? [Mang Kus].

JAWABAN :

Wa alaikumus salam. Dalam kitab Syarah An-Nawawi 'alal Muslim dijelaskan:

قوله صلى الله عليه وسلم : (خلق الله آدم على صورته طوله ستون ذراعا) هذا الحديث سبق شرحه وبيان تأويله ، وهذه الرواية ظاهرة في أن الضمير في ) صورته ( عائد إلى آدم، وأن المراد أنه خلق في أول نشأته على صورته التي كان عليها في الأرض ، وتوفي عليها ، وهي طوله ستون ذراعا ، ولم ينتقل أطوارا كذريته ، وكانت صورته في الجنة هي صورته في الأرض لم تتغير .

"Sabda Nabi shollallohu alaihi wasallam:
خلق الله آدم على صورته طوله ستون ذراعا
Syarah dan penjelasan ta'wil Hadirs ini telah dipaparkan di depan. Riwayat ini secara dhohir menunjukkan bahwa dhomir dalam redaksi SHUROTIHI kembali kepada ADAM, dan menunjukkan bahwa maksudnya adalah bahwa Adam pada awal mula diciptakan memiliki rupa yang sama dengan rupa Adam sesudah berada di bumi dan wafat di bumi, rupa Adam tingginya 60 dziro' , dan tidak berubah-rubah melalui beberapa proses seperti keturunannya. Rupa Adam saat masih berada di surga ialah rupa Adam sesudah berada di bumi, tak berubah."
Wallohu a'lam. [Faisol Tantowi].

LINK ASAL :
https://web.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/6151068764915880/