Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6189. TENTANG UCAPAN BURUK ORANG TUA YANG PIKUN KEPADA ANAKNYA, MAQBUL KAH ?

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum, mau nanya, ada seorang ibu yang sudah agak pikun namun kadang ada sadarnya dan ibu itu selalu mengkuwalatkan anak-anaknya dengan kata-kata yang buruk sampai tidak terhitung dari banyaknya kata-kata buruk yang diucapkannya. Adapun yang mau saya tanyakan : Apakah ada keterangan ucapan buruk itu tidak dikabulkan karena sudah agak pikun ? atas jawabanya jazaakallah. [Ummi Ku].

JAWABAN :

Wa'alaikumusalam. Doa, ucapan buruk atau laknat dari orang tua kepada anaknya itu bisa manjur jika memang anaknya tersebut telah mendurhakai kepada orang tuanya. Jika orang tua tersebut didurhakai oleh anaknya maka orang tua tersebut berstatus terdholimi (madhlum), dan disinilah letak kemanjuran doa orang tua. Dan doa, ucapan buruk atau laknat orang tua tersebut mesti diucapkan dalam keadaan sadar. Sehingga doa, ucapan buruk atau laknat orang tua yang diragukan kesadarannya seperti kadang pikun dan kadang sadar maka tidak akan memberi pengaruh. Apalagi anak yg didoakan buruk atau dilaknat tersebut bukan anak durhaka. Wallohu a'lam. [Faisol Tantowi].

Referensi:
شرح الجامع الصغير:
وما ذكر في الوالد محله في والد ساخط على ولده لنحو عقوق .
المفاتيح في شرح المصابيح:
وإنما يكون قبول هذا الدعاء إذا صدر عن الولد عقوقٌ أي مخالفة أمر الوالد فيما يجب على الولد طاعته، فإذا خالفه الولد، يكون الوالدُ مظلومًا، فيستجابُ دعاؤه .

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/6082925645063526/