Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6177. MAKNA DAN ARTI DEBU RIBA

PERTANYAAN :

Asalamualaikum ijin curhat apa makna kena debu riba sedang kita tidk melakukan praktik riba. [Wan Hermawan].

JAWABAN :


Wa'alaikumussalam. Menurut Imam Nashor bin Muhammad bin Ibrahim As Samarqandi maksud terkena debu riba adalah ikut terkena dosanya sebab ikut berperan dalam proses transaksi riba baik sebagai saksi atau pencatat transaksi riba atau ridlo terhadap terjadinya praktik riba.
Dalam Hadits Abu Daud nomor 2893 dituliskan:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا عَبَّادُ بْنُ رَاشِدٍ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ أَبِي خَيْرَةَ يَقُولُ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ مُنْذُ أَرْبَعِينَ سَنَةً عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ عَنْ دَاوُدَ يَعْنِي ابْنَ أَبِي هِنْدٍ وَهَذَا لَفْظُهُ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي خَيْرَةَ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يَبْقَى أَحَدٌ إِلَّا أَكَلَ الرِّبَا فَإِنْ لَمْ يَأْكُلْهُ أَصَابَهُ مِنْ بُخَارِهِ قَالَ ابْنُ عِيسَى أَصَابَهُ مِنْ غُبَارِهِ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Isa, telah menceritakan kepada kami Husyaim, telah mengabarkan kepada kami Abbad bin Rasyid, ia berkata; saya mendengar Sa'id bin Abu Khairah ia berkata; telah menceritakan kepada kami Al Hasan sejak empat puluh tahun, dari Abu Hurairah, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain. Dan telah menceritakan kepada kami Wahb bin Baqiyyah, telah mengabarkan kepada kami Khalid, dari Daud bin Abu Hindun, dan ini adalah lafazhnya. Dari Sa'id bin Abu Khairah, dari Al Hasan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sungguh akan datang kepada manusia suatu zaman dimana tidak ada seorangpun melainkan ia akan makan riba, jika tidak memakannya maka ia terkena sebagian dari uapnya." Ibnu Isa berkata; terkena sebagian dari debunya.
Terkait Hadits diatas, Imam Ali Al Qori dalam Aunul Ma’bud, Syarah Abi Daud, 9/129 menjelaskan:

والمعنى أنه لو فرض أن أحدا سلم من حقيقته لم يسلم من آثاره وإن قلت جدا

Dan makna haditsnya adalah andaikan saja ada orang yang selamat dari makan riba yang hakiki, dia tidaklah akan bisa selamat dari pengaruh riba, walaupun sangat sedikit.

Hadits debu riba di atas biasanya digunakan oleh suatu kelompok untuk menggeneralisir haramnya bermuamalah dengan bank konvensional, padahal tidak semua praktek bank konvensional itu selalu bersifat ribawi. Bahkan bunga bank tidak selalu identik dengan riba.
Wallohu a'lam. [Faisol Tantowi, Anake Garwane Pake].

Referensi :

تنبيه الغافلين ص ٣٦٥ المكتبة الشاملة
٥٤٧ - وَرُوِيَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , أَنَّهُ قَالَ: «يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٍ لَا يَبْقَى أَحَدٌ إِلَّا أَكَلَ الرِّبَا» .
قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كُلُّهُمْ يَأْكُلُونَ الرِّبَا؟ قَالَ: «مَنْ لَمْ يَأْكُلْ مِنْهُ يُصِيبُهُ مِنْ غُبَارِهِ» .
يَعْنِي يُصِيبُهُ مِنْ إِثْمِهِ، لِأَنَّهُ يُعِينُ عَلَى ذَلِكَ فَيَكُونُ شَاهِدًا، أَوْ كَاتِبًا، أَوْ رَاضِيًا بِفِعْلِهِ، فَلَهُ حَظٌّ مِنَ الْفِعْلِ، كَمَا قَالَ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقُ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ: الزَّائِدُ والْمُسْتَزِيدُ فِي النَّارِ،

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/5753177911371636/