Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4814. WAKTU PELAKSANAAN SHOLAT SUNAH ROWATIB SAAT MENJAMA’ SHOLAT

PERTANYAAN :

Assalaamu’alaikum. Ustadz saya mau tanya, kapan pelaksanaan sholat qobliyah ‘asar bagi orang sholatnya jamak takdim ? [Yusuf Achmad].

JAWABAN :

Wa’alaikumussalaam. Waktu pelaksanaannya adalah setelah selesai melaksanakan sholat ‘ashar yang dijama’ taqdim dengan dhuhur. Urutan untuk jama’ taqdim (dan atau jama’ taqdim dan qoshor) antara dhuhur dan ‘ashar adalah :
1. Sholat sunnah qobliyah dhuhur
2. Sholat dhuhur dijama’
3. Sholat ‘ashar dijama’
4. Sholat sunnah ba’dliyah dhuhur
5. Sholat sunnah qobliyh ‘ashar

Sedang urutan untuk jama’ taqdim (dan atau jama’ taqdim dan qoshor) antara maghrib dan ‘isya adalah :
1. Sholat maghrib dijama’
2. Sholat ‘isya dijama’
3. Sholat sunnah ba’dliyah maghrib
4. Sholat sunnah qobliyah ‘isya
5. Sholat sunnah ba’dliyah ‘isya.

- Roudloh At-Tholibin I / 402 :
فرع   إذا جمع الظهر والعصر، صلى سنة الظهر، ثم سنة العصر، ثم يأتي بالفريضتين. وفي جمع العشاء والمغرب، يصلي الفريضتين، ثم سنة المغرب، ثم سنة العشاء، ثم الوتر.
قلت: هذا الذي قاله الإمام الرافعي في المغرب والعشاء، صحيح، وأما في الظهر والعصر، فشاذ ضعيف، والصواب الذي قاله المحقِّقون: أنه يصلي سنة الظهر التي قبلها، ثم يصلي الظهر، ثم العصر، ثم سنة الظهر التي بعدها، ثم سنة العصر. وكيف يصحّ سنة الظهر التي بعدها، قبل فعلها، وقد تقدم أن وقتها يدخل بفعل الظهر؟! وكذا سنة العصر لا يدخل وقتها إلا بدخول وقت العصر، ولا يدخل وقت العصر المجموعة إلى الظهر إلا بفعل الظهر الصحيحة. والله أعلم.

http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=95&ID=184

[Cabang] Ketika seseorang menjama' sholat dhuhur dan ‘ashar, maka (kayfiyahnya adalah) dia sholat sunnah dhuhur, dan sunnah ashar, kemudian melaksanakan dua sholat fardlu (dhuhur dan ‘ashar), dan dalam jama' isya' dan maghrib maka sholat dua fardlu kemudian sholat sunnah maghrib lalu sholat sunnah isya' dan witir.  Saya ( Imam An-Nawawy ) berkata : qoul ini adalah yang diungkapkan oleh Imam Ar-Rofi'i dalam masalah maghrib dan isya' itu benar ( shohih ),  sedangkan dalam masalah dhuhur dan ‘ashar adalah syadz lagi lemah ( dho'if ).
Yang benar adalah yang diungkapkan oleh ulama' muhaqqiqun (ahli tahqiq : yang menjelaskan ilmu beserta dalilnya) : yaitu sholat sunnah dhuhur yakni qobliyah, kemudian sholat dhuhur, lalu sholat ashar, kemudian sholat sunnah dhuhur yakni ba'diyah, lalu sholat sunnah ashar yakni qobliyyah. Bagaimana bisa sah sholat sunnah ba’dliyyah dhuhur, sebelum melakukan sholat dhuhur, dan sudah terdahulu bahwa sholat sunnah ba'diyyah itu waktunya masuk dengan melaksanakan sholat dhuhur ?! Begitu pula sholat sunnah (qobliyyah) ‘ashar waktunya tidak masuk kecuali dengan masuknya waktu ashar, dan tidak pula waktu ‘ashar yang dijama'kan ke dhuhur itu masuk kecuali dengan melaksanakan dhuhur dengan sah. Wallaahu A’lam. [Mujawwib : Maafin Saya].

Link Diskusi :