Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4797. PERBEDAAN ANTARA MUALIF DAN MUSHONIF KITAB

PERTANYAAN :

Assalamu 'alaikum. Apa perbedaan antara mushonnif dan mualliif ? Mohon jawabannya.  [Muam As Syadzily].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Mushonnif adalah pemilik matan (teks kitab, bukan syarah/penjelasan) sebagaimana kebiasaan para pakar fiqh yang memutlakkan mushonnif untuk pemilik matan dan memutlakkan muallif untuk pemilik syarh/penjelasan, contoh :
- pemilik matan fathul qorib, safinatun naja, qurrotul ain : disebut mushonnif.
- pemilik syarah fathul qorib, syarah safinatun naja, syarah qurrotul ain : disebut muallif.
Meskipun masing-masing layak digunakan untuk yang lain. Pemilik matan atau syarah masing-masing bisa disebut muallif atau mushonnif. Karena mushonnif itu diambil dari tashnif yaitu mengumpulkan golongan/macam pada golongan/macam yang lain, baik atas dasar ulfah (persahabatan, keramahan, persatuan) atau tidak. Sedangkan muallif diambil dari kata ta'lif yaitu mengumpulkan satu golongan pada golongan yang lain atas dasar ulfah. Maka ta'lif itu lebih khusus daripada tashnif. Jadi Muallif bisa disebut mushonnif, kalau mushonnif belum tentu muallif.

- Al-bajuri juz 2, hal. 385 :

؛ { قوله المصنف } أي صاحب المتن كما هو عادة الفقهاء من إطلاق المصنف على صاحب المتن وإطلاق المؤلف على صاحب الشرح وإن صلح كل لكل ، فإن المصنف مأخوذ من تصنيف وهو ضم صنف إلى صنف سواء كان على وجه الألفة أم لا ، والمؤلف مأخوذ من التأليف وهو ضم صنف إلى صنف على وجه الألفة ، فالتأليف أخص من الصنيف

- Kitab Mu'jamul Furuq (1/113) :

الفرق بين التأليف والتصنيف: أن التأليف أعم من التصنيف وذلك أنالتصنيف تأليف صنف من العلم ولا يقال للكتاب إذا تضمن نقض شئ من الكلام مصنف لانه جمع الشئ وضده والقول ونقيضه، والتأليف يجمع ذلك كله وذلك أن تأليف الكتاب هو جمع لفظ إلى لفظ ومعنى إلى معنى فيه حتى يكون كالجملة الكافية فيما يحتاج إليه سواء كان متفقا أو مختلفا والتصنيف مأخوذ من الصنف ولا يدخل في الصنف غيره.

Perbedaan antara ta'lif dan tashnif : Ta'lif lebih umum daripada tashnif ,hal itu karena sesungguhnya tashnif adalah menyusun golongan/pembagian menurut jenisnya dari ilmu. Dan tidak dikatakan bagi kitab ketika memuat kebalikan sesuatu dari perkataan disebut mushonnaf. karena kitab mengumpulkan sesuatu dan lawannya, serta qoul dan kebalikannya. Dan ta'lif itu mengumpulkan kesemuanya itu hal itu karena penyusunan kitab mengumpulkan lafadh kepada lafadh yang lain dan makna kepada makna yang lain dalam kitab sehingga seperti jumlah yang mencukupi dalam hal yang dibutuhkan baik sesuai atau berbeda. Sedang tashnif diambil dari kata shinfu (macam, golongan, sifat) dan sesuatu yang lain tidaklah masuk dalam macam/golongan itu.

- Syawahid Nahwil Aroby :

الفرق بين التأليف والتصنيف :أن التأليف أعم من التصنيف ، وذلك أن التصنيف تأليف صنف من العلم ، ولايقال للكتاب إذا تضمن نقض شيء من الكلام : مصنف ؛ لأنه جمع الشيء وضده والقول ونقيضه ، والتأليف يجمع ذلك كله ، وذلك أن تأليف الكتاب هو جمع لفظ إلى لفظ ، ومعنى إلى معنى فيه حتى يكون كالجملة الكافية فيما يحتاج إليه .

Wallohu a'lam. [Mujaawib : Ust Nur Hamzah, Ust Maafin Saya, Ust Kang Dul].

LINK ASAL :