Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6037. HUKUM LENDIR KEONG / BEKICOT NAJISKAH ?

PERTANYAAN :


Assalamualaikum para yayi, bagaimana hukum nya lendir keong bekicot najis apa tidak kan ketika jalan dia ninggalin bekas cairan lendir ? (Faiz Doang).

JAWABAN :

Wa alaikumus salam. Lendir, keringat, ludah dan ingus yang keluar dari binatang hukumnya sama dengan binatang tersebut. Jika binatangnya najis maka lendir, keringat, ludah dan ingus yang keluar juga najis. Jika binatangnya suci maka lendir, keringat, ludah dan ingus yang keluar juga suci.
Perlu diketahui bahwa seluruh lendir, keringat, ludah dan ingus binatang baik yang halal dimakan ataupun yang haram dimakan itu hukumnya suci kecuali babi dan anjing. Berarti bekicot juga suci. Karena bekicot itu suci maka lendir yang keluar darinya juga suci. Wallohu a'lam. (Faisol Tantowi).

Referensi:
- Al Mausuatul Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah 5/72:
ﻭﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﺇﻥ ﻣﺎ ﺍﻧﻔﺼﻞ ﻋﻦ ﺑﺎﻃﻦ ﺍﻟﺤﻴﻮﺍﻥ ﻭﻟﻴﺲ ﻟﻪ ﺍﺟﺘﻤﺎﻉ ﻭﺍﺳﺘﺤﺎﻟﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺎﻃﻦ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺮﺷﺢ ﺭﺷﺤﺎ ﻛﺎﻟﻠﻌﺎﺏ ﻭﺍﻟﺪﻣﻊ ﻭﺍﻟﻌﺮﻕ ﻭﺍﻟﻤﺨﺎﻁ ﻓﻠﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺤﻴﻮﺍﻥ ﺍﻟﻤﺘﺮﺷﺢ ﻣﻨﻪ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻧﺠﺴﺎ ﻓﻨﺠﺲ ﻭﺇﻻ ﻓﻄﺎﻫﺮ

- Al Majmu’ Syarah Muhadzab Juz I hal 172:
ومذهبنا أن سؤر الهرة طاهر غير مكروه وكذا سؤر جميع الحيوانات من الخيل والبغال والحمير والسباع والفار والحيات وسام أبرص وسائر الحيوان المأكول وغير المأكون فسؤر الجميع وعرقه طاهر غير مكروه الا الكلب والخنزير وفرع أحدهما

Baca juga dokumen 1359 :