Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6036. Benarkah Ada Qorin Jin dan Malaikat Pada Manusia ?

PERTANYAAN :


Assalamu'alaikum. Mau tanya saya dapat keterangan katanya ketika bayi lahir pasti diiringi 2 jin dan 2 malaikat, niku benar atau tidak, kalau salah yang benar bagaimana ? Dan  malaikatnya namanya siapa..?? Mohon refrensinya. Wassalamu'alaikum. (E-Qin Bin Hakim).

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatullohi wabarokaatuh. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ وَقَرِينُهُ مِنَ الْمَلَائِكَةِ ». قَالُوا وَإِيَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « وَإِيَّاىَ إِلاَّ أَنَّ اللَّهَ أَعَانَنِى عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلاَ يَأْمُرُنِى إِلاَّ بِخَيْرٍ ».

“Tidak seorangpun dari kalian melainkan padanya telah didampingi oleh qorinnya dari kalangan jin dan qorinnya dari kalangan malaikat”. Para sahabat bertanya, “Hal itu juga ada berlaku padamu wahai Rosulullah?” Beliau menjawab, “Ya, demikian juga padaku akan tetapi sesungguhnya Allah telah menolongku atasnya sehingga qorin tersebut telah islam maka dia tidaklah mengajakku melainkan kepada kebaikan” (HR Muslim)

Disebutkan dalam kitab mirqotul mafatih (1/139) :

قَوْلُهُ ( قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ ) أَيْ : صَاحِبُهُ مِنْهُمْ لِيَأْمُرَهُ بِالشَّرِّ ، وَاسْمُهُ الْوَسْوَاسِ ، وَهُوَ وَلَدٌ يُولَدُ لِإِبْلِيسَ حِينَ يُولَدُ لِبَنِي آدَمَ وَلَدٌ ،
وَقَوْلُهُ : ( وَقَرِينُهُ مِنَ الْمَلَائِكَةِ ) أَيْ : لِيَأْمُرَهُ بِالْخَيْرِ ، وَاسْمُهُ الْمُلْهِمُ

Sabdanya Nabi : "qorinnya dari kalangan jin " maksudnya adalah yang menemaninya dari golongan mereka, unutk memerintahkan keburukan kepadanya, nama qorin jin ini adalah WAS WAS, dia anak yang dilahirkan oleh iblis ketika seorang anak dari anak cucu adam dilahirkan. 
Sabdanya Nabi "qorinnya dari golongan malaikat " tujuannya untuk memerintahkan kebaikan, nama qorin golongan malaikat ini adalah MULHIM. Wallohu a'lam. (Nur Hamzah).

Baca juga dokumen 1254 :
http://www.piss-ktb.com/2012/03/1254-siapakah-jin-qorin-itu.html