Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5943. Hukum Berdiri Menuju Roka'at Kelima Sholat

PERTANYAAN :


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.
Para mujawib yang saya hormati, ketika saya sholat, (misal, sholat zduhur) di rokaat yang terakhir (rokaat yang ke 4) saya lupa untuk tahiyyat akhir, hingga saya berdiri lagi untuk rokaat yang terakhir (maksudnya), padahal itu memasuki rokaat yang ke lima dan saya baru ingat ketika sudah berdiri sempurna. Pertanyaan :
Apakah saya harus langsung turun ke tahyat akhir atau saya sempurnakan rokaat yg ke 5 itu baru saya tahyat akhir? Mudah-mudahan di mengerti pertanyaan ini. Atas ke sediaannya menjawab pertanyaan ini, saya haturkan banyak terima kasih. [Khozinatulasror].
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

JAWABAN :

Wa alaikmus salaam warohmatullohi wabarokaatuh. Jika dalam sholat ruba'iyah, musholli berdiri menuju roka'at kelima dalm keadaan lupa, kemudian ingat sebelum salam, maka dia harus kembali duduk, dan sujud syahwi lalu salam , baik ingatnya saat berdiri pada roka'at kelima, maupun setelahnya.

Jika lupa berdiri menuju roka'at kelima dalam sholat ruba'iah, kemudian ingat sebelum duduk (tasyahud akhir) maka harus kembali duduk saat itu juga.
Jika telah membaca tasyahud pada roka'at ke'empat, maka itu sudah mencukupinya, walaupun dia menyangka bahwa itu tasyahud awwal.

Jika tidak ingat kecuali setelah duduk dan sebelum tasyahud, maka dia membaca tasyahud. 
Atau ingatnya setelah membaca tasyahud maka tasyahud ini sudah mencukupinya. Dan disunnahkan baginya sujud syahwi dalam semua kasus di atas. Wallohu a'lam. [Nur Hamzah].

Referensi :

- kitab al majmu' (5/27) :

فرع : لو قام فى صلاة رباعية إلى خامسة ناسيا ثم تذكر قبل السلام، فعليه أن يعود إلى الجلوس ويسجد للسهو ويسلم، سواء تذكر فى قيام الخامسة أو بعده

- kitab nihayatuz zain (1/84) :

ولو قام الخامسة في رباعية ناسياً ثم تذكر قبل جلوسه عاد إلى الجلوس فوراً، فإن كان قد تشهد فى الرابعة أجزأه، وإن ظنه التشهد الأول فإن لم يتذكر إلا بعد جلوسه وقبل تشهده أتى بالتشهد أو بعد تشهده أجزأه، ويسنّ له سجود السهو في الجميع

LINK ASAL :
https://mbasic.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/3405132712842846/