Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5705. BATALKAH PUASA, KETIKA SESEORANG BUANG AIR BESAR DI DALAM AIR ?

PERTANYAAN :

Assalamualaikum wr wb. Kemarin saya ada titipan dari warga pesisir pantai kenjeran Surabaya.
Diskripsi : Para nelayan mencari ikan kadang seharian di tengah laut, sedangkan mereka berpuasa, mereka maaf "berak" dengan njegur dalam lautan sekaligus bersuci di sana, kalau dengan posisi duduk di atas perahu tidak memungkinkan karena siang hari dan banyak orang yang lihat (malu), apalagi terlalu jauh bolak balek menepi ke WC.
Pertanyaan nya : bagiamana status orang puasa tadi, batal atau tetap sah? Adakah ibarot (Syafiiyah) yang meringankan keadaan tersebut dengan menyatakan tetep SAH puasanya ? Mohon dibantu Yai. [Urip Alam Sentosa].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Buang hajat ataupun kentut dalam air hanya dapat membatalkan puasa ketika seseorang merasa bahwa terdapat air yang masuk ke bagian dalam anus. Berbeda halnya ketika tidak ada air yang masuk ke dalam anus ketika kentut dalam air, atau seseorang tidak merasakan adanya air yang masuk kedalam anus sama sekali, maka puasanya tetap dihukumi sah.

- Hasyiyah al bujairomi ala al khotib 6/443 :
قوله: ( دخول طرف أصبع ) ومثله غائط خرج منه ولم ينفصل ثم ضم دبره ودخل شيء منه إلى داخل دبره حيث تحقق دخول شيء منه بعد بروزه ؛ لأنه خرج من معدته مع عدم حاجة إلى ضم دبره 

Sebagai perbandingan, berikut kami kutipkan hasil diskusi grup MTTM :

336. Hukum Orang Puasa Kentut Dalam Air

Assalamu'alaikum wr wb. Mau bertanya tentang hukum orang yang sedang puasa kentut di dalam air. Tuuuuutttt.....? Wassalam wr wb. [Ifas Irama].

Jawaban :

Wa’alaikumussalam Warahmatullah. Menanggapi pertanyaan yang saudara Ifas Irama utarakan di atas yang berkenaan dengan hukum seorang berpuasa kentut dalam air. Dalam masalah ini ulama’ berbeda pendapat sebagai berikut:
(1). Pendapat yang didukung oleh mazdzhab As_Syafi’iyah tentang batalnya puasa orang yang kentut dalam air karena alasan terbukanya lubang anus.
(2). Sedangkan pendapat ulama Al_Hanafiyah tidak membatalkan puasa orang yang ngentut dalam air.

Referensi Kitab :

(1). Hasyiyah Al_Bujairomi. Juz 2. Hal 71 :
ﻭَ ) ﺗَﺮْﻙُ )ﻭُﺻُﻮﻝِ ﻋَﻴْﻦٍ ( ﻟَﺎ ﺭِﻳﺢٍ ﻭَﻃَﻌْﻢٍ ﻣِﻦْ ﻇَﺎﻫِﺮٍ )ﻓِﻲ ﻣَﻨْﻔَﺬِ ﻣَﻔْﺘُﻮﺡِ ﺟَﻮْﻑٍ ﻣَﻦْ ﻣَﺮَّ ( ﺃَﻱْ ﻏَﻴْﺮَ ﺟَﺎﻫِﻞٍ ﻣَﻌْﺬُﻭﺭٍ ﺫَﺍﻛِﺮًﺍ ﻣُﺨْﺘَﺎﺭًﺍ ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠَﻮْﻑِ ﻗُﻮَّﺓٌ ﺗُﺤِﻴﻞُ ﺍﻟْﻐِﺬَﺍﺀَ، ﺃَﻭْ ﺍﻟﺪَّﻭَﺍﺀَ ﻛَﺤَﻠْﻖٍ ﻭَﺩِﻣَﺎﻍٍ ﻭَﺑَﺎﻃِﻦِ ﺃُﺫُﻥٍ ﻭَﺑَﻄْﻦٍ ﻭَﺇِﺣْﻠِﻴﻞٍ ﻭَﻣَﺜَﺎﻧَﺔٍ ﻣُﺜَﻠَّﺜَﺔٍ ﻭَﻫِﻲَ ﻣَﺠْﻤَﻊُ ﺍﻟْﺒَﻮْﻝِ ﻭَﻓِﻲ ﻗَﻮْﻟِﻲ ﻣَﻦْ ﻣَﺮَّ ﺯِﻳَﺎﺩَﺓٌ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﺻْﻞِ . ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ . الجز 2. صفحة 71.

(2). Fatawa Al_Hindiyah. Juz 1. Hal 199 :
ﻭﻟﻮ ﻓﺴﺎ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺃﻭ ﺿﺮﻁ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻻ ﻳﻔﺴﺪ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻟﻪ ﺫﻟﻚ ﻫﻜﺬﺍ ﻓﻲ ﻣﻌﺮﺍﺝ ﺍﻟﺪﺭﺍﻳﺔ. الفتاوى الهندية. الجز 1. صفحة 199.

(3). Fathul Wahab. Juz 1. Hal 120 :
وترك وصول عين لا ريح ولا طعم من ظاهر من منفذ مفتوح جوف من مر اي غير جاهل معذور ذاكرا مختارا وإن لم يكن فى الجوف قوة تحيل الغذاء أو الدواء كحلق ودماغ وباطن أذن وإحليل وبطن ومثانة بمثلثة وهي مجمع البول وقولي من مر زيادتي على الأصل فلا يضر وصول دهن أو كحل بتشرب مسام جوفه كما لا يضر اغتساله بالماء وإن وجد له اثرا بباطنه بجامع أن الواصل اليه ليس من منفذ وإنما هو من المسام جمع سم بتثليث السين والفتح افصح اهـ (فتح الوهاب، الجز1. صفحةـ 120.

MUSYAWWIRIN :
Member Group Majlis Ta'lim Tanah Merah (MTTM)
http://taklimtanahmerah.com/konsultasi-agama-2/puasa/334-doc-336-hukum-orang-puasa-kentut-dalam-air.html


Wallohu a'lam. [Sae Nopo Sae, محمد فخر الرازي].

LINK ASAL :