Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5406. KAJIAN KITAB AHWALUL QUBUR KARYA AL HAFIDZ IBNU ROJAB (BAGIAN 4)

KAJIAN KITAB AHWALUL QUBUR KARYA AL HAFIDZ IBNU ROJAB (Bagian 4)
Lanjutan Bab pertama (1)

قال: " فينادي مناد من السماء أن صدق عبدي فافرشوه من الجنة وافتحوا له  بابا إلى الجنة وألبسوه من الجنة قال فيأتيه من روحها وطيبها ويفسح له في  قبره مد بصره".
قال: وذكر الكافر قال: "وتعاد روحه إلى جسده ويأتيه  ملكان فيجلسانه فيقولان: له من ربك فيقول: هاه هاه لا أدري فيقولان له: ما  دينك؟ فيقول: هاه هاه لا أدري فينادي مناد من السماء أن كذب عبدي فافرشوه  من النار وافتحوا له بابا إلى النار قال فيأتيه من حرها وسمومها". قال: "ويضيق عليه قبره حتى تختلف أضلاعه".

Rasululloh bersabda : "kemudian ada panggilan dari langit :  "sesunguhnya hamba-Ku ini telah berkata benar, untuk itu bentangkanlah  untuknya permadani dari syurga dan bukakanlah unutknya pintu menuju  syurga dan berilah ia pakaian dari syurga."
Selanjutnya Nabi  bersabda : "kemudian datanglah kepadanya keadaan yg menyenangkan dan bau  harum dari syurga, lalu kuburnya diluaskan sejauh mata memandang."
Abu Dawud berkata : Lalu beliau menyebutkan tentang orang kafir, Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :  "ruhnya di kembalikan kepada jasadnya lalu ia di datangi oleh dua  malaikat , keduanya duduk di hadapannya dan betanya : "siapa Tuhanmu?"
 dia berkata : "hah, apa ? aku tidak tahu." kedua malaikat berkata :  "apa agamamu?" dia berkata : "hah, apa? aku tidak tahu." kemudian ada  panggilan dari langit : "sesungguhnya hamab-Ku ini pembohong.untuk itu  bentangkanlah tikar dari neraka dan bukakanlah untuknya pintu menuju  neraka."
beliau bersabda : "kemudian datanglah kepadanya keadaan yg sangat panas dan racun yg datang dari neraka "
selanjutnya beliau bersabda : "kuburnya disempitkan baginya hingga menghimpit tulang rusuknya."

وفي رواية له: "ثم يقيض له أعمى أبكم معه مرزبة من حديد لو ضرب بها جبل  لصار ترابا قال فيضربه ضربه يسمعها ما بين المشرق والمغرب إلا الثقلين  فيصير ترابا قال ثم تعاد فيه الروح".
وخرجه النسائي وابن ماجه مختصرا. وخرجه الإمام أحمد بسياق مطول والحاكم وقال: على شرط الشيخين.

Masih daah riwayat Abu Dawud : "kemudian orang kafir itu dikuasakan  kepadanya malaikat yang buta dan bisu, dengan membawa tongkat besi, yang  senadainya di pukulkan kepada gunung pasti gunung itu akan rata menjadi  tanah.
Nabi bersabda : "lalu orang kafir itu dipukul dengan pukulan  yang keras hingga dapat didengar oleh seluruh makhluk dari timur sampai  barat kecuali jin dan manusia, hingga ia hancur menjadi tanah .
Nabi bersabda : "kemudian ruhnya dikembalikan lagi ke tubuhnya."
dan Imam An Nasa'i serta Imam Ibnu Majah menerbitkan hadits ini secara  ringkas. Imam Ahmad dan Imam Al Hakim menerbitkannya dengan teks yang agak  panjang , Al Hkim berkata : hadits ini sesuai syarat as syaikhoini".

وفي رواية للإمام أحمد: "ثم يقيض له أعمى أبكم أصم في يده مرزبة لو ضرب  بها جبل كان ترابا فيضربه ضربه فيصير ترابا، ثم يعيده الله كما كان فيضربه  ضربه أخرى فيصيح صيحة يسمعها كل شيء إلا الثقلين".
قال البراء بن عازب: "ثم يفتح له باب إلى النار ويمهد له من فرش النار" كذا خرجه من رواية يونس بن خباب عن المنهال بن عمرو.
 وخرجه ابن منده من هذا الوجه أيضا وزاد في حديثه: "لو اجتمع عليها الثقلان  ليقلبوها لم يستطيعوا فيضربه بها ضربة يصير ترابا وتعاد فيه الروح فيضربه  بين عينيه ضربة فيسمعها من على الأرض ليس الثقلين فينادي مناد أن افرشوا له  لوحين من نار وافتحوا له بابا إلى النار".

Dalam riwayat Imam Ahmad : "kemudian orang kafir itu dikuasakan kepadanya malaikat yg buta dan  bisu, dengan membawa tongkat besi, yg senadainya di pukulkan kepada  gunung pasti gunung itu akan rata menjadi tanah, kemudian Allah  mengembalikannya sebagaimana semula kemudian dipukul lagi, maka ia  menjerit dengan jeritan yg didengar oleh segala sesuatu kecuali jin dan  manusia."
Barro' bin 'Azib berkata : "kemudian dibukakan baginya pintu menuju neraka dan dihamparkan baginya tikar dari api."
Demikian imam Ahmad menerbitkannya dari riwayat Yunus bin Khobab dari Al Minhal bin 'Amr.
Ibnu Mandah menerbitkannya dari jalur ini juga dan beliau menambahkan dalam haditsnya : " Jikalau jin dan manusia berkumpul untuk membalik tongkat besi itu maka mereka tidak akan mampu. kemudian ia dipukul
Dengannya sekali pukul hingga menjadi tanah, kemudian dikembalikan  lagi ruhnya, kemudian dipukul diantara kedua matanya dengan sekali  pukulan, maka semua makhluk di muka bumi mendengarnya kecuali jin dan  manusia. Kemudian ada suara berseru : "bentangkan untuknya dua papan  dari api dan bukalah untuknya pintu menuju neraka ".

وخرجه أيضا من  طريق عيسى بن المسيب عن عدي بن ثابت عن البراء بن عازب عن النبي صلى الله  عليه وسلم وقال فيه في حق المؤمن: "فيأتيه منكر ونكير يثيران الأرض  بأنيابهما ويفحصان الأرض بأشعارهما فيجلسانه".
وذكر في الكافر مثل ذلك وزاد فيه: أصواتهما كالرعد القاصف وأبصارهما كالبرق الخاطف.
وقال: فيضربانه بمرزبة من حديد لو اجتمع عليهما ما بين الخافقين لم يقدروا على قلبها.

Ibnu Mandah juga menerbitkan dari jalurnya 'isa bin a Musayyab dari  'Adi bin Tsabit dari Barro' bin 'Azib dari Nabi shollallohu alaihi  wasallam, beliau bersabda tentang haknya orang beriman : " kemudian  malaikat munkar dan nakir mendatanginya, keduanya mengguncang bumi  dengan taringnya dan menggali bumi dengan rambutnya, lalu keduanya duduk  di hadapannya."
Beliau menyebutkan tentang orang kafir seperti itu juga dan menambahkan : "suara kedua malaikat seperti petir yang menggelegar,dan sorot matanya laksana kilat yang menyambar."
Beliau bersabda : " kemudian kedua malaikat memukulnya dengan tongkat  besi, seandainya semua makhluk antara timur sampai barat berkumpul,  nisacaya mereka tidak akan mampu untu membaliknya."

وخرجاه في  الصحيحين ، من حديث قتادة عن أنس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "إن  العبد إذا وضع في قبره وتولى أصحابه إنه ليسمع قرع نعالهم إذا انصرفوا  أتاه الملكان فيقعدانه فيقولان ما كنت تقول في هذا الرجل محمد صلى الله  عليه وسلم فأما المؤمن فيقول أشهد أنه عبد الله ورسوله صلى الله عليه وسلم  فيقال له أنظر إلى مقعدك من النار قد أبدلك الله به مقعدا من الجنة قال  فيراهما جميعا".
قال قتادة: وذكر لنا أنه يفسح له في قبره مد بصرة ثم  رجع إلى حديث أنس قال وأما المنافق والكافر فيقال له ما كنت تقول في هذا  الرجل فيقول لا أدري كنت أقول ما يقول الناس فيقال لا دريت ولا تليت ويضرب  بمطارق من حديد ضربه فيصيح صيحة يسمعها من يليه غير الثقلين

Imam  Bukhori dan Muslim menerbitkan dalam kitab shohihain dari haditsnya  Qotadah dari Anas bahwa Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : " Sesungguhnya seorang hamba bila sudah di letakkan di dalam kubur dan  temannya yang mengantar telah pulang, ia mendengar bunyi sendal mereka.  Jika semuanya telah pergi, dia di datangi dua malaikat, lalu keduanya  duduk di hadapannya dan bertanta : "apa yang akan kau katakan tentang  lelaki yang bernama Muhammad shollallohu alaihi wasallam ini ?"
Jika ia beriman maka menjawab : "aku bersaksi bahwa beliaua dalah hamba dan utusan Allah "
Kemudian dikatakan kepadanya : "lihatlah tempatmu di neraka, Allah telah menggantinya dengan tempat di syurga".
Kemudian dia melihat keduanya."
Qotadah berkata : "telah diterangkan kepada kami bahwa kuburnya dilapangkan sejauh mata memandang"
Kemudian Qotadah merujuk pada haditsnya Anas, Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : "sementara orang munafik dan orang kafir ditanya : "apa yang akan kau katakan tentang lelaki yg bernama Muhammad ini ?"
Dia menjawab : "aku tidak tahu, aku hanya mengatakan seperti apa yang dikatakan oleh manusia."
Kemudian dikatakan : "kamu tidak diberitahu dan tidak dibacakan."
Kemudian dia dipukul dengan palu besi dengan keras hingga dia berteriak  yang dapat didengar oleh semua yang ada di sekitarnya selain jin dan  manusia." Wallohu a'lam. [Ust.Nur Hamzah].  # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #
LINK ASAL:

www.fb.com/groups/notes/1850887421600724