Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5300. HIKMAH KELAHIRAN BAGINDA NABI MUHAMMAD SAW DI HARI SENIN BULAN ROBI'UL AWAL

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Mohon pencerahannya poro yai, apakah ada alasannya mengapa Rosululloh di lahirkan di bulan robiul awwal tidak di bulan yang lainnya, padahal kan bulan robiul awwal tidak termasuk asyhurul hurum (bulan mulia) ? . [Abdulloh Jalill Al Gifari].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Pernah berkata Ibnul haj : Jika diucapkan "apakah hikmah dalam kekhususan kelahiran nabi SAW pada bulan robi'il awal dan hari senin, bukan pada bulan romadhon yang didalamnya diturunkan qur'an dan terdapat lailatul qodr, atau bukan pada asyurul hurum (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab) atau bukan pada pertengahan bulan sya'ban,atau bukan pada hari / malam jum'at ? Maka Jawabannya ada empat alasan :
1.Ada hadits : Bahwa Allah menciptakan pohon pada hari senin,dan dalam penciptaannya ada banyak terkandung tanbih yang agung, yaitu bahwa penciptaan aqwaat (jenis makanan pokok) dan rizqi dan buah"an dan segala kebaikan itulah yang melestarikan kehidupan bani adam,dan menjaga kehidupannya.
2.Bahwa pada lafadz " ROBI'I " (robi'il awal) ada isyaroh dan tafa`ul yang baik dinisbatkan pada istiqoq nya. Abu abdur rohman berkata : Pada setiap manusia ada bagian arti dan ma'na dalam namanya.
3.Bahwa bulan robi'il awal masuk pada musim yang paling baik dalam setahun.
4.Bahwa Allah yang maha bijaksana berkehendak memuliakan zaman / waktu dimana Nabi dilahirkan (robi'il awal).
maka jika dilahirkan pada waktu-waktu yang disebutkan di atas, maka bisa diambil kesimpulan atau faham (disalah fahami) bahwa nabi ikut jadi mulia (mendompleng kemulian ) pada bulan-bulan tersebut. Wallohu a'lam. [Rizalullah, Ghufron Bkl].

- Al Hawy Lil fatawy Imam Suyuthy  :
الحاوي للفتاوي للحافظ السيوطي:
( فائدة ) قال ابن الحاج : فإن قيل : ما الحكمة في كونه عليه الصلاة والسلام خص مولده [ ص: 231 ] الكريم بشهر ربيع الأول ويوم الاثنين ولم يكن في شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن وفيه ليلة القدر ، ولا في الأشهر الحرم ولا في ليلة النصف من شعبان ولا في يوم الجمعة وليلتها ؟ فالجواب من أربعة أوجه :
الأول : ما ورد في الحديث من أن الله خلق الشجر يوم الاثنين ، وفي ذلك تنبيه عظيم ، وهو أن خلق الأقوات والأرزاق والفواكه والخيرات التي يمتد به بنو آدم ويحيون وتطيب بها نفوسهم .
الثاني : أن في لفظة ربيع إشارة وتفاؤلا حسنا بالنسبة إلى اشتقاقه ، وقد قال أبو عبد الرحمن الصقلي : لكل إنسان من اسمه نصيب .
الثالث : أن فصل الربيع أعدل الفصول وأحسنها ، وشريعته أعدل الشرائع وأسمحها .
الرابع : أن الحكيم سبحانه أراد أن يشرف به الزمان الذي ولد فيه ، فلو ولد في الأوقات المتقدم ذكرها لكان قد يتوهم أنه يتشرف بها . تم الكتاب ، ولله الحمد والمنة .
Sumber lain lihat :
- Husnul Maqshod Imam suyuthy
- Subulul Huda Wa Rosyad

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/1748472805175520/