Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5283. SEPUTAR DUNIA HEWAN MENURUT KITAB MUHADLOROTUL ADIBBA'

Seputar Dunia Hewan Disarikan dari kitab Muhadlorotul Adibba' :
1. Tidak ada yang berpasangan kecuali yang mempunyai dua kaki bukan yang mempunyai empat kaki, misalnya insan, merpati dan sejenisnya.
2. Semua yang tidak mempunyai daun telinga maka bertelur, sedangkan yang mempunyai daun telinga maka beranak, tidak bertelur.
3. Ikan mempunyai banyak keturunan dan sebagian ikan memangsa sebagian lainnya, begitu juga dengan biawak padang pasir mempunyai 70 anak jikalau sebagiannya tidak memakan yang lainya tentulah padang pasir penuh dengan biawak.
Babi melahirkan 20 anak tetapi kebanyakan pada mati karena babi lemah dalam perawatannya.
Dari dalam perut kalajengking keluar banyak sekali kala jengking lainnya.
Harimau anaknya sedikit sekali karena anaknya melukai rahim yang menyebabkan induknya mandul.
4. Insan paling menang dalam hal kuatnya jima' dibandingkan semua hewan, karena jima' darinya bisa dilakukan di seluruh waktu dan keadaan.
5. Kerbau sangat takut dengan nyamuk sampai-sampai ia masuk ke dalam air utk menghindarinya. Gajah takut dengan kucing, terkadang gajah lari dari harimau karena dikiranya kucing besar.
Ular ketika di kerumuni lalat maka semut kecil menguasainya dan membinasan ular.
Singa betina ketika melahirkan maka semut-semut kecil mengerumuni anaknya, lalu anak singa memakannya.
6. Yang paling kuat menahan makan adalah ular, tokek, beruang dan buaya, mereka diam di sarangnya bisa sampai 4 bulan di musim dingin tidak makan apapun. Begitu juga dengan hewan lain yang sarangnya di dalam tanah. Semua hewan kecil yang lemah tidak keluar di musim dingin kecuali semut dan lebah, karena mereka mereka menyimpan makanan yang mencukupinya.
7. Yang menyimpan makanannya adalah insan, semut, tikus, laba-laba dan lebah .
8. Yang panjang umurnya adalah ular, katanya ular tidak mati walaupun dipotong jadi tiga selama ia selamat dari semut-semut kecil.
Cacing dipotong jadi dua maka duanya berjalan sendiri-sendiri.
Biawak padang pasir juga panjang umurnya walaupun kepalanya sudah remuk ia masih bisa hidup.
9. Yang tajam penglihatannya adalah kuda, burung hud-hud, gagak dan burung nasar. sedangkan kucing, tikus dan binatang buas lainnya bisa melihat di malam hari sebagaimana melihat di siang hari. Kelelawar melihat diantara terang dan gelap karena banyaknya cahaya di penglihatannya. Yang bisa melihat di malam hari adalah harimau, kucing, singa dan ular.
10. Yang tajam penciumannya adalah srigala, burung onta, kuda bisa mencium aroma batu jarak satu mil. Kucing dan anjing juga tajam penciumannya .
11. Hewan yang haid adalah anjing, kelinci, heyna dan kelelawar. waqila hewan yang berkaki empat juga haid.
12. Pemburu malam hari adalah burung hantu dan semua jenisnya, kelelawar dan gagak malam hari. Burung hantu masuk kedalam sarang burung apa saja di malam hari untuk memakan telurnya sedangkan nyamuk terkadang menggigit di siang hari.
13. Waqila Kodok ketika melihat api maka ia bingung dan tidak bisa bersuara.
Kumbang dan kepik ketika di kubur dalam bunga mawar maka mati, jika di kubur dalam kotoran malah hidup.
Sebagaimana aroma mawar membahayakan kumbang, ketika kumbang dimasukkan ke dalam pantat keledai maka ia pingsan tidak akan sadar sampai ia dikeluarkan.
Kumbang besar ketika dimasukkan ke dalam minyak zaitun maka mati, dan hidup ketika dimasukkan ke dalam cukak.
Lalat ketika ditenggelamkan di dalam air maka mati, namun setelah itu jika dipendam di tanah ia hidup lagi.
14. Singa ketika melihat geriba besar maka ia lari. Singa betina ketika melahirkan anaknya dalam keadaan mati, ayahnya mendatangi pada hari ketiga lalu meniup lubang hidungnya kemudian anaknya bangun. Srigala betina melahirkan anaknya berupa daging yang belum berbentuk, kemudian dijilati terus hingga bentuknya sempurna.
15. Orang yang di sengat kalajengking kemudian sepotong es dimasukkan kedalam pantatnya, maka sembuh dari sengatannya. Waqila cara tersebut untuk orang yang di sengat kumbang besar. Perempuan ketika disengat kalajengking kemudian dijima', maka sembuh dari sengatannya.
16. Keledai jika makan kotoran rubah, maka ia mati.
Landak tidak pernah tidur, macan kumbang tidak pernah bangun malam.
Gagak ketika telah menetas maka induknya kabur karena anaknya keluar berupa warna putih, kemudian nyamuk-nyamuk mengerumuninya karena bau busuknya, lalu anak gagak menelan nyamuk-nyamuk.
Ular ketika melihat orang telanjang maka ular tersebut kabur.
17. Kendaraan jin adalah semua binatang liar dan burung-burung, kecuali kelinci karena kelinci haid dan kera karena kera tidak mandi jinabat. Yang paling sering dikendarai jin adalah landak dan biawak. Wallohu a'lam. [ Ust. Nur Hamzah ].

- Ibaroh :

وممّا جاء في أحوال الحيوانات وطبائعها
المتزاوجة من الحيوانات
ليس التزاوج إلا في ذي رجلين دون ذوات الأربع، وذلك في الإنسان والحمام وأجناسها.

البائضة والوالدة
كل ما لا أذن ظاهرة لجنسه فإنه يبيض وماله أذن ظاهرة فإنه يلد ولا يبيض.

ما يكثر نسله وما يقلّ
السمك يكثر منسلها ويأكل بعضها بعضها. وكذلك الضبّ يخرج سبعين حسلا ولولا أن بعضها يأكل بعضا لصارت الصحاري ضبابا. والخنزيرة تضع عشرين خوصا لكن يموت أكثرها لعجزها عن تربيتها. ويخرج من جوف العقرب عقارب كثيرة.
قال صاحب المنطق: نسل الأسد يقل جدا لأنه يجرح الرحم فتعقم

القوّة على الجماع
الإنسان يغلب جميع الحيوانات في السفاد لأن ذلك دائم منه في جميع الأزمنة وعلى جميع الأحوال.

القويّ المتفادي من الضعيف
الجاموس يخشى البعوض خوفا شديدا، ينغمس في الماء والفيل يهرب من الهرّة.
وقيل: إنما يهرب من الأسد إذا ظنّه سنورا عظيما. والحية إذا أصابها خدش تسلّط عليها الذرّ فيهلكها. واللبوة إذا وضعت قصد الذرّ شبلها فيأكله

الصابرة عن الطعام
الحيّة وسام أبرص والعضاة والتمساح تسكن في أعشتها الأربعة الأشهر الشديدة البرد، فلا تطعم شيئا وسائر الحيوانات تسكن بطن الأرض كذلك كل همج لا تبرز في الشتاء إلا النمل والذرّ والنحل فإنها تدّخر ما يكفيها.
المدّخرة
الإنسان والنملة والذّرة والجرذ والفأر، والعنكبوت والنّحل.

الطويلة العمر
. ممّا يوصف بطول العمر الحيّة، فإنه يقال لا تموت حتف أنفها، ويقطع ثلث جسمها فتعيش، إن سلمت من الذرّ. والدخال يقطع بنصفين فيمران في الطريقين. والضبّ طويل الذماء مع هشم الرأس والطعن الخائف الذي لا يحتمله غيره.

ما يحدّ بصره
الفرس والهدهد والعقاب والنسر. وأما السنّور والفأر والجرذ والسباع فإنّها تبصر بالليل كما تبصر بالنهار والخفاش يبصر فيما بين الضوء والظلمة لكثرة شعاعها في بصرها.
وأما ما يبصر بالليل فالأسد والسنور والنمر والأفعى.

ما يحيض
الكلب والأرنب والضبع والخفاش، وقيل: ذوات الأربع كلها تحيض.

الكاسية بالليل
البوم والصدى والهامة والصونع والخفاش وغراب الليل. والبومة تدخل على كل طائر في بيته بالليل تأكل فراخه. والبعوض قد يؤذي بالنهار.

أحوال جماعة من الحيوانات
قيل: الضفدع إذا أبصر النار تحيّر ولم ينق. والخنفساء والجعل إذا دفنا في الورد ماتا وفي العذرة يحييان.

كما تضرّ رياح الورد بالجعل وإذا دخلت الخنفساء في إست الحمار غشي عليه ولا يفيق حتى تخرج. والزنبور إذا غرق في الزيت مات ويحيا بالخلّ. والذباب إذا غرق في الماء مات وإذا دفنته بعد في التراب حيي.
والأسد إذا رأى قربة منفوخة انهزم، واللبوة تضع ولدها حين تضعه شبلا ميتا فيأتيه أبوه في الثالث فينفخ في منخرية فينبعث، وتضع الذئبة ولدها لحما لا صورة له ثم تلحسه حتى تستوي صورته.
من لدغته العقرب فأدخل في إسته قطعة جليد برأ وقيل بل هذا لمن لدغه الزنبور.
والمرأة إذا لدغت فجومعت برئت.

الحمار إذا أكل خرء الثعلب مات، والفأرة إذا أكلت المرداسنج ماتت، وإذا حفي الكلب فدهن إسته ذهب حفاه. والثور إذا دهن إسته لم يحف.
والقنفذ لا ينام والفهد لا يسهر والغداف إذا أخرج فرخه هرب منه لأنه يخرج أبيض فيجتمع عليه البعوض لزهومة رائحته فيبتلع منها ما يقيمه. إذا رأت الحية إنسانا عريانا تهرب منه.

مراكب الجنّ
ادعوا أن الجنّ يركب كل وحش من البهائم والطيور، إلا الأرنب لأنها تحيض ، والقرد وأنّها لا تغتسل من الجنابة.
وقالوا يكثر ركوبها القنفذ والورل

LINK ASAL :

www.fb.com/iniakunbarunyamashamzah/posts/1730045373971244