Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5148. DUA QOIDAH USHUL FIQIH YANG BERKAITAN DENGAN BAHAYA (DHOROR)

PERTANYAAN :

Assalamu alaikum. Mohon dijelaskan dua qoidah fiqih berikut :
يحتمل الضررالخاص لدفع الضرر الحام.
دفع المضار مقدم على جلب المنافع.
Terimakasih. [Hasan Ali]

JAWABAN :

1. Qoidah : Bahaya yang bersifat khusus ditanggung untuk menolak bahaya yang bersifat umum
Hal ini disebabkan bahaya yang bersifat khusus tidak setara dengan bahaya yang bersifat umum bahkan lebih rendah, jadi bahaya yang bersifat umum ditolak dengan menanggung bahaya yang bersifat khusus. Melarang seorang dokter yang bodoh, seorang mufti yang kurang ilmu dan seorang penyewa ang bangkrut dari melakukan pekerjaan mereka merupakan bahaya bagi mereka, namun hanya bersifat khusus, dan jika mereka dibiarkan saja melakukan pekerjaannya maka akan menimbulkan bahaya yang bersifat umum yaitu akan banyak orang yang meninggal sebab kebodohan sang dokter, banyak orang yang tersesat sebab mufti yang kurang ilmu dan tertipunya orang orang oleh penyewa yang bangkrut.
Begitu juga hukumnya boleh menghancurkan rumah yang berada di depan kebakaran untuk mencagah menjalarnya api. Begitu juga jika ada bangunan yang miring hampir roboh maka pemiliknya boleh dipaksa untuk merobohkannya karena dikhawatirkan menimpa orang-orang yang lewat. Sebagaimana boleh hukumnya membatasi harga makanan ketika para penjual berharap mendapatkan tambahan keuntungan lebih yang bisa membahayakan kemashlahatan umum, begitu juga dilarang mengeluarkan sebagian simpanan dari tempat lain jika dengan mengeluarkan simpanan tersebut bisa menaikkan harga pasar di tempat itu. Begitu juga boleh melarang seorang koki untuk membuka tokonya di pasar pedagang karena khawatir terjadinya kerusakan pada barangnya pedagang sebab asap dari masakannya koki.

- Durorul Hukkam (1/26) Fiqih Hanafi :
يتحمل الضرر الخاص لدفع ضرر عام .  بما أن الضرر الخاص لا يكون مثل الضرر العام ، بل دونه فيدفع الضرر العام به ، فمنع الطبيب الجاهل والمفتي الماجن والمكاري المفلس من مزاولة صناعتهم ضرر لهم إلا أنه خاص بهم ، ولكن لو تركوا وشأنهم يحصل من مزاولتهم صناعتهم ضرر عام كإهلاك كثير من الناس بجهل الطبيب ، وتضليل العباد مع تشويش كثير في الدين بمجون المفتي ، وغش الناس من المكاري ،
وكذلك جواز هدم البيت الذي يكون أمام الحريق منعا لسراية النار . كذلك إذا كانت أبنية آيلة للسقوط والانهدام يجبر صاحبها على هدمها خوفا من وقوعها على المارة . كما أنه يجوز تحديد أسعار المأكولات عند طمع التجار في زيادة الأرباح زيادة تضر بمصالح العامة ، وكذلك يمنع إخراج بعض الذخائر والغلال من بلدة لأخرى ، إذا كان في إخراجها ارتفاع الأسعار في البلدة . وكذلك يمنع الطباخ من فتح دكانه في سوق التجار خوفا من لحوق التلف ببضائع التجار من دخان طعامه

2.  Qoidah : Menolak bahaya lebih di utamakan daripada menarik manfa'at / kebaikan
Qoidah tersebut juga sama dengan kaedah "Jika bertentangan antara bahaya dan kebaikan maka secara umum didahulukan menolak bahaya", alasannya karena syare'ah lebih bersungguh sungguh dalam hal larangan daripada kesungguhan dalam hal perintah.
Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :" jika aku perintahkan kalian dengan satu perintah maka laksanakanlah semampu kalian, dan jika aku larang kalian dari sesuatau maka jauhilah ."
Maka dari situlah terdapat kemurahan dalam meninggalkan sebagian kewajiban sebab adanya masyaqqot yang ringan misalnya tidak berdiri dalam sholat, berbuka puasa dan bersuci, dan tidak ada kemurahan dalam mendaahulukan larangan khususnya dosa dosa besar. Termasuk contoh lainnya adalah al mubalaghoh dalam berkumur dan menyerap air kedalam hidung disunnahkan namun makruh bagi yang berpuasa. Wallahu a’lam. [Mujawib : Ust.Nur Hamzah].

- Asbah wan Nadzoir :
ونشأ من ذلك قاعدة رابعة :
هي " إذا تعارض مفسدتان روعي أعظمهما ضررا بارتكاب أخفهما " .
ونظيرها : قاعدة خامسة ، وهي " درء المفاسد أولى من جلب المصالح " فإذا تعارض مفسدة ومصلحة ; قدم دفع المفسدة غالبا ، لأن اعتناء الشارع بالمنهيات أشد من اعتنائه بالمأمورات ، ولذلك قال صلى الله عليه وسلم { إذا أمرتكم بأمر فأتوا منه ما استطعتم ، وإذا نهيتكم عن شيء فاجتنبوه } .
ومن ثم سومح في ترك بعض الواجبات بأدنى مشقة كالقيام في الصلاة ، والفطر .
والطهارة ولم يسامح في الإقدام على المنهيات : وخصوصا الكبائر .
ومن فروع ذلك : المبالغة في المضمضة والاستنشاق مسنونة . وتكره للصائم .

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1576051775750958/
www.fb.com/groups/piss.ktb/1377415175614620/