Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5042. TAFSIR SURAT ALI IMRON AYAT 110

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Mau tanya para ustad/dzah tafsir dari ayat yang artinya "kalian  sebaik-baiknya umat"... kalau tidak salah ada di surat Ali Imron, ‘umat’ yang dimaksud  apakah yang sejaman dengan Rasulullah SAW atau sampai hari akhir ? [Viand Avrie Komenk]

JAWABAN :

Wa’alaikum salam. Dalam surat Ali Imran ayat 110 Allah berfirman :

كُنْتُمْ  خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ  وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ  أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ  وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

" Kalian adalah umat  yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf,  dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara  mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang  fasik ."
Yang dimaksud dengan 'kalian' dalam surat Ali Imran ayat 110 menurut ikrimah adalah ibnu mas'ud, ubay bin ka'b, mu'adz bin jabal dan salim maula abu hudzaifah.
Riwayat dari Ibnu Abbas, yang dimaksud 'kalian' dalam ayat tersebut adalah orang-orang yang hijrah bersama Nabi shollallohu alaihi wasallam ke madinah.
Juwaibir  berkata dari ad-dhohhak : mereka adalah para sahabat Nabi Muhammad  shollallohu alaihi wasallam terkhusus yang meriwayatkan hadits dan pendakwah yang Allah perintahkan kepada muslimin untuk menta'atinya.
Diriwayatkan dari Umar bin khottob : kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan  untuk manusia, ayat ini adalah untuk orang-orang pada masa awal kita, bukan untuk orang  akhir akhir kita.
Dalam kitab tafsir al-Qurtuby ada pendapat, bahwa yang dimaksud 'kalian' dalam ayat tersebut adalah ummat Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam, yaitu orang-orang  sholeh dan ahli keutamaan diantara mereka, mereka adalah kelak yang menjadi saksi atas manusia di hari kiamat. Wallahu a’lam.  [Mujaawib : Ustadz Nur Hamzah]
- Tafsir al-Baghowi (2/89) :

( كنتم خير أمة أخرجت للناس )
قال  عكرمة ومقاتل : نزلت في ابن مسعود وأبي بن كعب ومعاذ بن جبل وسالم مولى  أبي حذيفة رضي الله عنهم ، وذلك أن مالك بن الصيف ووهب بن يهودا اليهوديين  قالا لهم : نحن أفضل منكم وديننا خير مما تدعوننا إليه ، فأنزل الله تعالى  هذه الآية .
وروى سعيد بن جبير عن ابن عباس رضي الله  عنهما ( كنتم خير أمة أخرجت للناس ) الذين هاجروا مع النبي صلى الله عليه  وسلم إلى المدينة ، وقال جويبر عن الضحاك : هم أصحاب محمد صلى الله عليه  وسلم خاصة الرواة والدعاة الذين أمر الله المسلمين بطاعتهم .
وروي عن عمر بن الخطاب قال : كنتم خير أمة أخرجت للناس تكون لأولنا ولا تكون لآخرنا

- Tafsir al-Qurtuby (4/161) :

وقيل : هم أمة محمد - صلى الله عليه وسلم - يعني الصالحين منهم وأهل الفضل . وهم الشهداء على الناس يوم القيامة

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1394966453859492

www.fb.com/groups/piss.ktb/1261167910572681/