Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5043. HADITS : PENDUDUK YAMAN MEMINUM AIR TELAGA KAUTSAR TERLEBIH DAHULU

PERTANYAAN :

Assalamu’alaikum. Mau tanya hadits berikut nomer berapa? saya cari dalam shahih muslim kok tidak ketemu ya? Atau mungkin saya yang salah mencari,  tolong dijawab, saya nemu hadits ini di web PISS-KTB. “Sesungguhnya aku (nanti di akhirat) berada di samping telagaku, aku akan menghalangi setiap manusia yang akan minum dari telagaku sehingga penduduk yaman  dapat meminum air dari telagaku terlebih dahulu, aku memukul dengan  tongkatku sehingga mengalirlah air telaga tersebut sampai pada mereka. (HR. Muslim). [Risal Fajar].

JAWABAN :

Wa’alaikum salam.  Rasulullah shollallohu alaihi wa sallam telah bersabda:

إِنِّي لَبِعُقْرِ حَوْضِي أَذُودُ النَّاسَ لِأَهْلِ الْيَمَنِ أَضْرِبُ بِعَصَايَ حَتَّى يَرْفَضَّ عَلَيْهِمْ

“Sesungguhnya  kelak aku akan berada di samping telagaku. Kemudian Aku akan  menghalangi orang-orang yang akan meminum dari telagaku, agar penduduk  Yaman dapat meminumnya terlebih dahulu. Aku memukul dengan tongkatku,  sehingga air telaga tersebut mengalir untuk mereka.” (HR. Muslim nomer 2301).

- Syarah an-Nawawi ala Muslim, Kitabul Fadhoil, bab Itsbatu Haudhi Nabiyyina wa Shifatihi.

وَهَذِهِ  كَرَامَةٌ لِأَهْلِ الْيَمَنِ فِي تَقْدِيمِهِمْ فِي الشُّرْبِ مِنْهُ  مُجَازَاةً لَهُمْ بِحُسْنِ صَنِيعِهِمْ ، وَتَقَدُّمِهِمْ فِي  الْإِسْلَامِ . وَالْأَنْصَارُ مِنَ الْيَمَنِ ، فَيَدْفَعُ غَيْرَهُمْ  حَتَّى يَشْرَبُوا كَمَا دَفَعُوا فِي الدُّنْيَا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى  اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْدَاءَهُ وَالْمَكْرُوهَاتِ .

Inilah  salah satu bentuk kemulyaan untuk penduduk Yaman. Dimana Rasulullah  sholallohu alaihi wa sallam mendahulukan mereka dalam hal meminum air  dari telaga beliau. Sebagai ganjaran atas baiknya perilaku mereka dan bersegeranya mereka dalam menerima Islam. kaum anshar dari Yaman, jadi Rasululloh menghalangi selain mereka hingga mereka meminum terlebih  dahulu , Sebagaimana di kehidupan dunia, mereka menghalangi musuh musuh Nabi dan hal-hal yang tidak disukai oleh Nabi untuk membela Nabi shollallohu alaihi  wasallam. Wallahu a’lam.  [Mujaawib : Ustadz Nur Hamzah]
BACA JUGA : http://santri.net/sejarah/kisah-islami/3357-keutamaan-negeri-dan-penduduk-yaman/

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1394995240523280

www.fb.com//groups/piss.ktb/1262441583778647/