Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5019. KAJIAN KITAB: FUTUHUL GHAIB (BAGIAN 76)

[Menyingkap Rahasia Ilahi] Mutiara karya : Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany ra

RISALAH KE-76
Aku nasehatkan kepadamu supaya kamu bergaul dengan orang kaya dengan sikap mulia dan bergaul dengan orang miskin dengan sikap sopan santun. Hendaklah kamu bersikap sopan santun dan ikhlas. Keikhlasan itu membawa kepada pandangan yang kekal terhadap Allah.  Janganlah kamu menyalahkan Allah di dalam masalah keduniaan.   Rendahkanlah diri di hadapan-Nya. Janganlah kamu merusak hak saudaramu.  Bergaullah dengan darwisy dengan sopan santun dan berakhlak baik serta  ‘bunuh’-lah diri kamu, sehingga kamu hidup kembali di dalam alam  kerohanian.  Orang-orang yang dekat kepada Allah itulah yang baik  kelakuannya. Yang penting ialah kamu harus menjauhkan diri dari  mempersekutukan sesuatu dengan Allah Yang Maha Esa.  Teruslah  bergaul bersama manusia dengan berpegang kepada kebenaran dan kesabaran.  Dan cukuplah kamu bergaul dengan darwisy dan berkhidmat kepada para  wali.

Darwisy ialah orang yang tidak mempedulikan apa-apa selain Allah. Kamu menyerang orang yang lebih lemah daripada kamu menunjukkan bahwa kamu adalah orang pengecut.  Sedangkan kamu menyerang orang yang lebih kuat daripada kamu itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tidak tahu malu. Dan adapun jika kamu menyerang orang yang kekuatannya sepadan dengan  kamu, maka itu menunjukkan bahwa kamu tidak berkelakuan baik.

Untuk mengikuti kehidupan orang darwisy dan sufi, diperlukan suatu upaya. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita.  Wahai wali Allah, kamu selalu mengikuti Allah di dalam semua keadaan,  karena dengan itu kamu mendapatkan segala kebaikan, dan kamu juga terus  melaksanakan perintah Allah, karena dengan demikian kamu terhindar dari  perkara-perkara yang merusakkan diri kamu. Adalah juga termasuk  tugas kamu untuk senantiasa bersedia menghadapi takdir Allah, karena  ketentuan Allah itu pasti akan datang. Ketahuilah, bahwa kamu akan ditanya tentang gerak dan diam kamu. Oleh karena itu, hendaklah kamu senantiasa berada dalam keadaan yang  sesuai untuk sesuatu masa, dan janganlah kamu melakukan apa yang tidak  memberi faidah kepada kamu.

Patuhilah Allah, Rasul-Nya dan mereka yang memerintah sebagai ganti para Nabi.   Hendaklah kamu memberi kepada mereka, jangan hanya meminta kepada  mereka, dan doakanlah mereka. Ingatlah kepada saudara-saudaramu seagama  (Islam), berniat baiklah dan berbuat baiklah kepada mereka. Janganlah  memusuhi kaum muslimin dan muslimat, dan jangan pula hatimu dengki  kepada mereka. Kamu perlu mendoakan mereka yang berbuat dholim kepada kamu, dan takutlah kepada Allah.

Adalah tugas kamu untuk hanya memakan barang-barang yang halal saja. Pertanyalah kepada orang-orang yang mengetahui ilmu Allah tentang apa yang tidak kamu ketahui. Tanamkanlah rasa sopan santun terhadap Allah dan senantiasalah  berdampingan dengan-Nya. Dampingilah selain Allah sekedarnya saja, dan  itupun ditujukan untuk berdampingan dengan Allah. Sedekahkanlah  uangmu setiap pagi. Lakukanlah shalat mayat pada malam hari untuk  orang-orang islam yang meninggal dunia pada hari itu. Setelah selesai  shalat Maghrib, lakukanlah shalat istikharah. Bacalah ayat di bawah ini setiap pagi dan petang sebanyak tujuh kali :  “Allaahumma anjirnaa minannaar  (Ya Allah, lindungilah kami dari api neraka)”.

Bacalah selalu : “A’uu dzubillaahissamii’ul ‘aliimi minasysyaythoonirojiim  (Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari setan yang terkutuk”. Kemudian senantiasalah membaca Takbir dan akhirnya ditutup dengan ayat  yang terdapat dalam surat Al Hasyr ayat 22 sampai 24, yang artinya :   “Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Mengetahui yang  ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.  Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci. Yang  Maha Sejahtera, Yang Mengkaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang  Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha  Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dia-lah Allah Yang  Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang membentuk Rupa. Yang mempunyai  nama-nama yang paling baik. Apa saja yang ada di langit dan di bumi  bertasbih kepada-Nya. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha  Bijaksana.” (QS 59:22-24).

Allah sajalah yang memberi kekuatan dan  pertolongan, karena tidak ada kekuatan dan kekuasaan melainkan dengan  Allah Yang Maha Besar lagi Maha Mulia.

 المقالة السادسة والسبعون  فـي الــوصـــيـــة
 قـال رضـي الله تـعـالـى عـنـه و أرضـاه : أوصــيــك أن تصحبالأغنياء  بالتعزز، و الفقراء بالتذلل، و عليك بالتذلل و الإخلاص، و هو دوام رؤية  الخالق، و لا تتهم الله في الأسباب و استكن إليه في جميع الأحوال، و لا تضع  حق أخيك اتكالاً على ما بينك و بينه من المودة.
و عـلـيـك بـصـحـبـة  الـفـقـراء بالتواضع و حُسن الأدب و السخاء، و أمت نفسك حتى تحيى، و أقرب  الخلق من الله تعالى أوسعهم خلقاً، و أفضل الأعمال : رعاية السر عن  الالتفات إلى ما سوى الله تعالى.
و الـصـولـة بـالـحـق و الـصـبـر، و حسبك من الدنيا شيئان : صحبة فقير و خدمة ولي، و الفقير هو الذي لا يستغنى بشئ دون الله تعالى.
و الـصـولـة عـلـى من هو دونك ضعف، و على من هو فوقك فخر، و على من هو مثلك سوء خلق.
و الـفـقـر و الـتـصـوف جدان فلا تخلطهما بشئ من الهزل، وفقنا الله و إياكم و المسلمين آمين.
 يـا ولــي عـلـيـك بذكر الله في كل حال فإنه للخير جامع. و عليك بالاعتصام  بحبل الله فإنه للمضار دافع. و عليك بالتأهب لتلقى موارد القضاء فإنه  واقع.
و أعـلـم أنـك مـســئـول عن حركاتك و سكناتك، فاشتغل بما هو أولى في الوقت و إياك و فضول تصرفات الجوارح.
و عـلـيـك بـطـاعـة الله و رســوله و مـن والاه و أد إليه حقه و لا تطالبه بما يجب عليه، و ادع في كل حال.
 و عـلـيـك بـحـســن الـظـن في المسلمين و إصلاح النية لهم، و تسعى بينهم  في كل خير، و أن لا تبيت و لأحد في قلبك شر و لا شحناء و لا بغض، و أن تدعو  لمن ظلمك، و راقب الله عزَّ و جلَّ.
و عـلـيـك بأكل الحلال، و السؤال لأهل العلم بالله فيما لا تعلم، و عليك بالحياء من الله سبحانه و تعالى.
 و أجـعـل صـحـبـتـك مع من الله معه و أصحب من سوى الله بصحبته، و تصدق في  كل صباح بقرصك و إذا أمسيت فصل صلاة الجنازة على كل من مات من المسلمين في  ذلك اليوم و إذا صليت المغرب فصلاة الاستخارة و تقول بكرة و عشياً سبع مرات  ( الـلـهـمَّ أجـرنـا مـن الـنـار ) و حافظ على قول أعوذ بالله السميع  العليم من الشيطان الرجيم هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ  عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ.الحشر ٢٢.  إلى آخر سورة الحشر،  و الله الموفق و المعين، إذ لا حول و لا قوة إلا بالله  العلى العظيم.  و الله أعلم.

LINK ASAL:
www.fb.com/notes/1354868357869302

www.fb.com/groups/piss.ktb/1283656581657147