Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4947. KENAPA PENULISAN KALIMAT “وَلْيَتَلَطَّفْ” DENGAN TINTA MERAH ?

PERTANYAAN :

Assa'lamualaikum. Mohon penjelasannya di surat alkahfi diayat “وليتلطف” selalu ditulis dengan tinta merah ? [Alfira Disyani-altamira].

JAWABAN :

Wa’alaikum salam. Ayat Al-Qur’an seluruhnya berjumlah 6.000 ayat, kemudian selebihnya masih diperselisihkan oleh beberapa ulama. Diantara mereka ada yang mengatakan tidak lebih dari 6.000 ayat, ada pula yang mengatakan lebih 204 ayat. Menurut pendapat yang lain lebih 214 ayat, pendapat yang lainnya lagi mengatakan lebihnya 219 ayat. Pendapat yang lain lagi lebihnya 225 atau 226 ayat. Ada pula yang mengatakan lebihnya 236 ayat. Semuanya itu diketengahkan oleh Abu Amr Ad-Dani di dalam kitab Al-Bayan. Jumlah kalimat dalam Al-Qur’an menurut Al-Fadl Ibnu Syazan, dari Ata Ibnu Yasir, adalah 77.439 kalimat. Jumlah semua huruf dalam Al-Qur’an menurut Abdullah Ibnu Katsir, dari Mujahid, adalah 321.180 huruf. Sedangkan menurut Al-Fadl Ibnu Ata Ibnu Yasir adalah 323.015 huruf. Salam Abu Muhammad Al-Hammani mengatakan bahwa Al-Hajjaj pernah mengumpulkan semua ahli qurra, para huffaz, dan penulis khat Al-Qur’an, lalu ia bertanya, ”Ceritakanlah kepadaku tentang seluruh Al-Qur’an, berapakah jumlah hurufnya?” Al-Hammani melanjutkan kisahnya, ”Lalu kami menghitungnya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa di dalam Al-Qur’an terdapat 340.740 huruf.” Kemudian Al-Hajjaj bertanya, “Ceritakan kepadaku tentang pertengahan Al-Qur’an!”

Setelah kami hitung ternyata pertengahan Al-Qur’an jatuh pada huruf fa dari firman-Nya dalam surah Al-Kahfi, yaitu : .....وَلْيَتَلَطَّفْ..... “.....dan hendaklah dia berlaku lemah lembut.....” (Q.S. Al-Kahfi : 19).

Demikianlah yang saya baca dan saya dapati bahwa ayat Al-Qur’an berjumlah 6.666 ayat sama sekali tidak ada rujukannya dari ulama atau mungkin belum saya jumpai rujukannya. Yang lebih cocok dan sesuai dengan jumlah ayat yang dihitung oleh anak saya terhadap mushaf Al-Qur’an yang kami miliki di rumah adalah salah satu pendapat ulama yang mengatakan bahwa jumlahnya adalah 6.000 ayat lebih 236 (jadi 6.236 ayat). Kemudian tentang “…walyatalaththaf…” dalam surat Al-Kahfi ayat 19, biasanya di dalam mushaf ditulis dengan huruf tebal kadang-kadang ada yang memakai tinta berwarna merah, adalah pertengahan huruf dalam Al-Qur’an. [http://the-zon.blogspot.co.id].
Ada yang mengatakan TA' pada lafadz tersebut merupakan tengah-tengah qur’an berdasarkan hitungan huruf-huruf alqur'an. Namun ada yang mengatakan tengah-tengah alqur'an itu adalah NUN pada lafadz :

لقد جئت شيأ نكرا
التحرير والتنوير » سورة الكهف » قوله تعالى وكذلك بعثناهم ليتساءلوا بينهم مسألة: الجزء السادس عشر قيل : التاء من كلمة " وليتلطف " هي نصف حروف القرآن عدا ، وهنالك قول اقتصر عليه ابن عطية هو أن النون من قوله تعالى لقد جئت شيئا نكرا هي نصف حروف القرآن .

Atau sebagai penanda pertengahan Al Qur'an, menurut pendapat jumhur pada kalimat "واليتلطّف", tetapi ada bebeberapa ulama berpendapat lain. Imam Ibnu 'athiyah berkata bahwa imam nawawi berpendapat bahwa pertengahan Al Qur'an ada pada kalimat "نكرا" pada sral Al Kahfi ayat 74.

فإن الكلمة التي تقع في وسط القرآن على مذهب الجمهور هي كلمة " وليتلطف" في قوله تعالى: فَلْيَنْظُرْ أَيُّهَا أَزْكَى طَعَاماً فَلْيَأْتِكُمْ بِرِزْقٍ مِنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَداً {الكهف: 19}. قال في التحرير والتنوير إن نصف القرآن هو حرف التاء قوله تعالى" وليتلطف" أي نصف حروفه وهو مذهب  الجمهور. وقال ابن عطية إن نصف حروف القرآن عند النووي في كلمة " نكرا" من نفس السورة الآية 74 الكهف.
التحرير والتنوير » سورة الكهف » قوله تعالى وكذلك بعثناهم ليتساءلوا بينهم مسألة: الجزء السادس عشر قيل : التاء من كلمة " وليتلطف " هي نصف حروف القرآن عدا ، وهنالك قول اقتصر عليه ابن عطية هو أن النون من قوله تعالى لقد جئت شيئا نكرا هي نصف حروف القرآن .
قال ابن جرير : وهو اللطيف بعباده الخبير بهم وبأعمالهم .
قال الخطابى : ( اللطيف) هو البر بعباده , الذى يلطف بهم من حيث لا يعلمون , ويسبب لهم مصالحهم من حيث لا يحتسبون . كقوله تعالى : ( الله لطيف بعباده يرزق من يشاء وهو القوى العزيز) .
وحكى أبو عمر عن أبى العباس عن ابن الأعرابى قال : (اللطيف) الذى يوصل إليك أَرَبَك فى رفقٍ . ومن هذا قولهم : لطف الله لك أى أوصل إليك ما تحب فى رفقٍ …
ويقال : هو الذى لطُف عن أن يدرك بالكيفية .
قال الشوكانى : فى قوله (إن الله لطيف) : لا تخفى عليه خافية بل يصل علمه إلى كل خفى .

Wallahu a’lam. [Musyawirin : Santrialit, Ummi Af-idah, Iwan Mahrus Arema, Akhbib Maulana].
LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1226516864037786/

www.fb.com/notes/1276859099003562