Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4809. MAKNA SYARI'AT

PERTANYAAN :

Assalamuallaikum. Apa yang dimaksud syariat atau syariah itu, seperti ungkapan begini : "kita harus mengikuti syariat", "daerah itu memakai syariat Islam",  tolong jelaskan apa syariat menurut lughot dan istilah. Terimakasih. [Tiny Disyani-altamira].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Allah ta'ala berfirman :

ثُمَّ جَعَلْنَاكَ عَلَى شَرِيعَةٍ مِّنَ الْأَمْرِ فَاتَّبِعْهَا وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاء الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ

"Kemudian Kami jadikan engkau (Muhammad) mengikuti syariat agama.Maka ikutilah ia dan jangan mengikuti keinginan orang-orang yang tidak mengetahui". (QS al-Jatsiyah ayat 18).

- Kitab Tafsir Al-qurtuby (16/153) :

الشَّرِيعَةُ فِي اللُّغَةِ : الْمَذْهَبُ وَالْمِلَّةُ . وَيُقَالُ لِمَشْرَعَةِ الْمَاءِ - وَهِيَ مَوْرِدُ الشَّارِبَةِ - : شَرِيعَةُ . وَمِنْهُ الشَّارِعُ لِأَنَّهُ طَرِيقٌ إِلَى الْمَقْصِدِ . فَالشَّرِيعَةُ : مَا شَرَعَ اللَّهُ لِعِبَادِهِ مِنَ الدِّينِ ، وَالْجَمْعُ : الشَّرَائِعُ . وَالشَّرَائِعُ فِي الدِّينِ : الْمَذَاهِبُ الَّتِي شَرَعَهَا اللَّهُ لِخَلْقِهِ .

As syari'ah dalam segi bahasa artinya adalah madzhab dan aliran, dikatakan bagi tempat aliran air adalah syari'ah. Disebut juga as-syari' karena merupakan jalan menuju tempat tujuan. Maka as-syari'ah adalah agama yang Allah jalankan untuk hamba-NYa dan as-syari'ah dalam agama adalah madzhab yang Allah jalankan untuk makhluk-Nya.

Allah ta'ala berfirman :

وَلكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّ مِنْهَاجًا

“Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, kami berikan syir’ah dan minhaj”. (Q.S. al Maidah ayat 48).

- Kitab Tafsir Al-qurtuby (6/153) :

وَالشِّرْعَةُ وَالشَّرِيعَةُ الطَّرِيقَةُ الظَّاهِرَةُ الَّتِي يُتَوَصَّلُ بِهَا إِلَى النَّجَاةِ ، وَالشَّرِيعَةُ فِي اللُّغَةِ : الطَّرِيقُ الَّذِي يُتَوَصَّلُ مِنْهُ إِلَى الْمَاءِ ، وَالشَّرِيعَةُ مَا شَرَعَ اللَّهُ لِعِبَادِهِ مِنَ الدِّينِ ; وَقَدْ شَرَعَ لَهُمْ يَشْرَعُ شَرْعًا

As-syir'ah dan as-syari'ah adalah jalan terang yang dengannya bisa sampai pada keselamatan. As-syari'ah dalam segi bahasa artinya adalah jalan yang dengannya bisa sampai ke air. Dan as-syari'ah adalah agama yang Allah jalankan untuk hamba-Nya. Wallohu a'lam. [Mujaawib : Ustadz Nur Hamzah].

LINK ASAL :