Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4744. KANDUNGAN KITAB KITAB SAMAWI TERDAPAT DALAM AL-QUR'AN

PERTANYAAN :

Assalamu 'alaikum. Mungkin ada yang bisa bantu menterjemahkan keterangan dalam kitab i'anatut tholibin juz 1 tentang "semua kitab-kitab Allah kandungannya terdapat dalam alqur'an, kandungan alqur'an terdapat dalam surat alfatihan dan seterusnya...". [Abdul Hamid Husain]

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Diriwayatkan bahwa kitab-kitab yang diturunkan dari langit ke bumi ada 104: 60 diturunkan kepada nabi tsis, 30 diturunkan kepada nabi ibrahim, 10 diturunkan kepada nabi musa sebelum taurat, taurat, injil, zabur dan al qur'an. Makna dari semua kitab tersebut terkumpul di dalam al-qur'an dan makna-maknanya al qur'an terkumpul dalam surat al fatekhah, oleh karena inilah surat al fatekha di sebut sebagai ummul kitab. Makna-maknanya fatekhah terkumpul dalam basmallah dan makna basmallah terkumpul dalam huruf BA' nya dan maknyanya adalah :"Bii kaana maa kaana wa Bii yakuunu maa yakuunu".

Yang dimasud disini adalah terkumpul walaupun secara ijmal dengan jalan isyarat.

Dan yang menjadi penyebab surat fatekhah mengumpulkan semua makna al qur'an karena semua hal yang di dalamnya terdapat pujian, syukur dan sanjungan masuk kedalam firman Allah " AL HAMDULILAH "
semua hal yang di dalamnya tentang makhluk masuk kedalam kalimat " ROBBIL 'AALAMIIN "
semua hal yang di dalamnya terdapat rahmat dan pemberian masuk dalam kalimat " ARRAHMAAN "
semua hal yang di dalamnya terdapat penyebutan ampunan masuk dalam kalimat " ARRAHIIM "
semua hal yang di dalamnya terdapat sifat-sifat qiyamat masuk dalam kalimat " MAALIKI YAUMIDDIN "
semua hal yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang petunjuk, doa dan tsabat dalam agama islam masuk dalam kalimat " IHDINAS SHOROOTOL MUSTAQIIM "
semua hal yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang sifat-sifat sholihin masuk dalam kalimat " SHIROOTOLADZINA AN AMTA ALAIHIM "
semua hal yang di dalamnya terdapat kemarahan masuk dalam kalimat " GHOIRIL MAGHDUUBI ALAIHIM "
dan semua hal yang di dalamnya menyebut orang-orang yang mengikuti hawa nafsu dan ahli bid'ah masuk dalam kalimat " WALADH DHOOLLIIN ". Wallohu a'lam. [Mujaawib : Ust Nur Hamzah]

- Kitab I'anah Al-tholibin :

وروي أن الكتب المنزلة من السماء إلى الأرض مائة وأربعة، أنزل على شيث ستون، وعلى إبراهيم ثلاثون، وعلى موسى قبل التوراة عشرة، والتوراة والأنجيل والزبور والفرقان.
وأن معاني كل الكتب مجموعة في القرآن، ومعانيه مجموعة في الفاتحة ولهذا سميت أم الكتاب ومعانيها مجموعة في البسملة، ومعانيها
مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.
والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الإيماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لأن كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الإسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الأهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين. 

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1194989553857184
www.fb.com/groups/piss.ktb/1116399621716178/