Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4707. FADHIILAH SURAT AL-KAHFI

PERTANYAAN :

Assalaamu'alaikum wr wb. Apa sebabnya agar bisa terhindar dari fitnah Dajjal dengan membaca sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir dari surat al-Kahfi, bukan dengan surat yang lainnya ? Terimakasih. [Mohammad Syaf].

JAWABAN :

Wa'alaikumus salaam wr wb. Menurut imam nawawi, Karena di awal surat tersebut terdapat ayat-ayat yang menakjubkan. Siapa yang mau merenungkannya, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. Sebagaimana pula dalam akhir-akhir ayat surat tersebut, Allah Ta’ala berfirman:

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil (hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?)”.
Menurut Imam Qurtuby yang dinukil oleh Imam Suyuthi dalam kitab marqotus su'ud "karena dalam kisah ashabul kahfi terdapat ayat ayat yang menakjubkan jadi barang siapa tawaquf padanya maka dia tidak merasa asing dengan urusan dajjal dan hal itu juga tidak membuatnya takut , jadi dia tidak terfitnah denganya". Wallohu a'lam. [MUJAAWIB : Mas Hamzah].

- Kitab Tuhfatul Ahwadzi :

قوله : ( من قرأ ثلاث آيات من أول الكهف عصم من فتنة الدجال ) أي حفظ عن فتنته وشره . قال النووي : قيل سبب ذلك ما في أولها من العجائب والآيات فمن تدبرها لم يفتتن بالدجال وكذا في آخرها قوله تعالى : أفحسب الذين كفروا أن يتخذوا . انتهى . 
وقال السيوطي في مرقاة الصعود : قال القرطبي : اختلف المتأولون في سبب ذلك فقيل لما في قصة أصحاب الكهف من العجائب والآيات فمن وقف عليها لم يستغرب أمر الدجال ولم يهله ذلك فلم يفتتن به

LINK ASAL :