Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4594 : MUALIF SHOLAWAT NARIYAH

PERTANYAAN

> Faiz Abdau Qiuk Qiuk
Assalamu'alaikum kang,nyuwun sewu mau tanya mushonif sholwat nariyah sinten namine suwun.

JAWABAN

> Santrialit
Wa'alaikum salaam. Shalawat teramat masyhur di kalangan Aswaja, khususnya NU, ini menjadi bulan-bulanan cemoohan kaum Salafi-Wahabi. Pasalnya bukan saja isinya yang mengandung pengkultusan dan menjerumuskan kepada kemusyikan, tetapi juga riwayat dan isnadnya katanya simpang siur.

Menurut penulusuran mereka shalawat Nariyyah ini karya Syaikh as-Sanusiy. Hanya saja mereka belum terpuaskan hanya dengan laqab. Maka buntulah penelusuran mereka tentang as-Sanusiy yang katanya asal Maroko dan berthariqah Sanusiyyah itu.

Mereka juga mendapti riwayat yang menyatakan bahwa shalawat Nariyyah dikarang oleh sahabat Nabi Saw. bernama Syaikh Nariyyah. Namun lagi-lagi setelah menelusuri beberapa kitab biografi sahabat Nabi Saw., tak mereka temukan jua nama Syaikh Nariyyah dalam deretan sahabat Nabi Saw.

Itu di atas saya baca di tulisan-tulisan baik majalah, buletin, maupun di website-website milik Salafi-Wahabi. Intinya yang mereka inginkan adalah "shalawat Nariyyah sesat-menyesatkan!"

Saya sendiri belum berani menjawab secara pasti siapa sebenarnya pengarang shalwat Nariyyah tersebut. Dalam kitab-kitab klasik banyak disebutkan khasiat dan keistimewaan shalawat Nariyyah ini, namun tidak banyak yang menyertakan juga siapa penyusunnya.

Namun saya dapati jawaban itu dari Almaghfurlah al-Habib Mundzir bin Fuad al-Musawa yang menyatakan bahwa pengarang shalawat Nariyah adalah Syaikh Ibrahim at-Taaziyy al-Maghribiy.

Wallahu A'lam.


Sumber:


LINK ASAL