Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4574. TUJUH PULUH DUA GOLONGAN ISLAM, YANG MASUK NERAKA

PERTANYAAN :

Assalamualaikum, poro kyai dan poro sesepuh grup. Mau nanya katanya islam terbagi 73 golongan dan hanya satu golongan yang selamat. Terus yang 72 Golongan itu islam yang mana ? [Sugi].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Ahlussunnah wal jamaah adalah satu-satunya aliran yang benar dan pilihan salafus sholih. sebagaimana diterangkan dalam kitab Bughyah bahwa Al-Allamah Asy-Syaikh Ali bin Abi Bakar As-Segaf berkata di dalam kitabnya “ Ma’arijul Hidayah” : (yang intinya sebagai berikut) "73 pecahan kaum muslimin semuanya sesat dan hanya satu yang benar sebagaimana dalam hadits yaitu ahlussunnah wal jamaah. Pangkal dari bid'ah adalah dalam hal ushuluddin. para ahlu bid'ah tergolong dalam 7 golongan.Adapun perinciannya sebagai berikut :

1)  Mu’tazilah, yang berpendapat bahwa :
• hamba itu menciptakan perbuatan mereka.
• mentiadakan bisa melihat Allah kelak.
• mewajibkan pada Allah untuk memberi pahala dan siksaan. (meyakini bahwa hal tersebut adalah wajib bagi Allah).
Golongan ini terbagi menjadi 20 pecahan.
2)Syi’ah, golongan yang berlebihan/melebihi batas dalam mencintai sayyidina Ali karromallohu wajhah. Golongan ini terbagi menjadi 22 pecahan.
3)Khowarij, golongan yang berlebihan dalam membenci sayyidina Ali rodliyallohu anh, mengkafirkan sayyidina Ali dan orang yang berbuat dosa besar. Golongan terbagi menjadi 20 pecahan.
4)Murjiah, yang menyatakan dengan adanya iman, ma'shiat itu tidak ada pengaruhnya dan ketaatan tidak ada manfaatnya dengan adanya kekafiran. Golongan ini terbagi menjadi 5 pecahan.
5)Najjariyah, bersesuaian dengan ahlussunnah dalam hal terciptanya perbuatan-perbuatan makhluk, tapi juga bersesuaian dengan mu'tazilah dalam mentiadakan sifat-sifat dan menyatakan barunya sifatk kalam, golongan ini terbagi menjadi 3 pecahan.
6)Jabbariyah, yang berpendapat tidak adanya ikhtiyar dari hamba. Hanya ada 1 pecahan.
7)Musyabbihah, yang menyamakan Dzat Allah dengan dzat mahluk dalam hal berjisim dan bertempat. Hanya ada satu pecahan.

Semua berjumlah 72 pecahan adalah ahlul bid’ah dan sesat dan semuanya di neraka. Firqoh yang selamat yaitu Ahlussunnah wal jamaah." Wallohu a'lam. [Ibnu Al-Ihsany].

- Bughyatul mustarsyidin 288 :

ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ / 298؛ (ﻣﺴﺄﻟﺔ ) : ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻤﺠﺘﻬﺪ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺑﻜﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺴﻘﺎﻑ ﻋﻠﻮﻱ ﻧﻔﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻪ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ ﻣﻌﺎﺭﺝ الهداية . فصل : ﻭﺍﺣﺬﺭ ﻳﺎ ﺃﺧﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺃﻫﻠﻬﺎ ، ﻭﺍﻧﺒﺬﻫﺎ ﻭﺍﻫﺠﺮ ﺃﻫﻠﻬﺎ، ﻭﺃﻋﺮﺽ ﻋﻦ ﻣﺠﺎﻟﺴﺔ ﺃﺭﺑﺎﺑﻬﺎ، ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺃﺻﻮﻝ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻓﻲ ﺍﻷﺻﻮﻝ ﻛﻤﺎ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻳﺮﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﺳﺒﻌﺔ : الأول : ﺍﻟﻤﻌﺘﺰﻟﺔ ﺍﻟﻘﺎﺋﻠﻮﻥ ﺑﺄﻥ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ ﺧﺎﻟﻘﻮ ﺃﻋﻤﺎﻟﻬﻢ، ﻭﻳﻨﻔﻮﻥ ﺍﻟﺮﺅﻳﺔ ﻭﻳﻮﺟﺒﻮﻥ ﺍﻟﺜﻮﺍﺏ ﻭﺍﻟﻌﻘﺎﺏ ﻭﻫﻢ ﻋﺸﺮﻭﻥ فرقة . والثاني : ﺍﻟﺸﻴﻌﺔ ﺍﻟﻤﻔﺮﻃﺔ ﻓﻲ ﺣﺐ ﺳﻴﺪﻧﺎ علي ﻛﺮﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺟﻬﻪ، ﻭﻫﻢ ﺍﺛﻨﺎﻥ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ فرقة . والثالث : ﺍﻟﺨﻮﺍﺭﺝ ﺍﻟﻤﻔﺮﻃﺔ ﻓﻲ ﺑﻐﺾ ّعلي ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﻤﻜﻔﺮﺓ ﻟﻪ ﻭﻟﻤﻦ ﺃﺫﻧﺐ ذنبا كبيرا ﻭﻫﻢ ﻋﺸﺮﻭﻥ فرقة .والرابع : ﺍﻟﻤﺮﺟﺌﺔ ﺍﻟﻘﺎﺋﻠﺔ ﺑﺄﻧﻪ ﻻ ﻳﻀﺮ ﻣﻊ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻣﻌﺼﻴﺔ ﻭﻻ ﻳﻨﻔﻊ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﻔﺮ ﻃﺎﻋﺔ، ﻭﻫﻢ ﺧﻤﺲ فرق . والخامس : ﺍﻟﻨﺠﺎﺭﻳﺔ ﺍﻟﻤﻮﺍﻓﻘﺔ ﻷﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻓﻲ ﺧﻠﻖ ﺍﻷﻓﻌﺎﻝ ، ﻭﻟﻠﻤﻌﺘﺰﻟﺔ ﻓﻲ ﻧﻔﻲ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻭﺣﺪﻭﺙ ﺍﻟﻜﻼﻡ، ﻭﻫﻢ ﺛﻼﺙ فرق . السادس : ﺍﻟﺠﺒﺮﻳﺔ ﺍﻟﻘﺎﺋﻠﺔ ﺑﺴﻠﺐ ﺍﻻﺧﺘﻴﺎﺭ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ، ﻭﻫﻢ ﻓﺮﻗﺔ واحدة . ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ: ﺍﻟﻤﺸﺒﻬﺔ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺸﺒﻬﻮﻥ ﺍﻟﺤﻖ ﺑﺎﻟﺨﻠﻖ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺴﻤﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻠﻮﻝ ، ﻭﻫﻢ ﻓﺮﻗﺔ ﻭﺍﺣﺪﺓ أيضا . ﻓﺘﻠﻚ ﺍﺛﻨﺎﻥ ﻭﺳﺒﻌﻮﻥ ﻛﻠﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺭ،

ﻭﺍﻟﻔﺮﻗﺔ ﺍﻟﻨﺎﺟﻴﺔ ﻫﻢ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﺒﻴﻀﺎﺀ ﺍﻟﻤﺤﻤﺪﻳﺔ ﻭﺍﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﻨﻘﻴﺔ ، ﻭﻟﻬﺎ ﻇﺎﻫﺮ ﻳﺴﻤﻰ ﺑﺎﻟﺸﺮﻳﻌﺔ، ﺷﺮﻋﺔ ﻟﻠﻌﺎﻣﺔ ، ﻭﺑﺎﻃﻦ ﺭﺳﻢ ﺑﺎﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ًﺎﺟﺎﻬﻨﻣ ﻟﻠﺨﺎﺻﺔ، ﻭﺧﻼﺻﺔ ﺧﺼﺖ ﺑﺎﻟﺤﻘﻴﻘﺔ معراجا ﻷﺧﺺ ﺍﻟﺨﺎﺻﺔ ، ﻓﺎﻷﻭّﻝ ﻧﺼﻴﺐ ﺍﻷﺑﺪﺍﻥ ﻟﻠﺨﺪﻣﺔ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻧﺼﻴﺐ ﺍﻟﻘﻠﻮﺏ
ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﺍﻟﻤﻌﺮﻓﺔ ﻭﺍﻟﺤﻜﻤﺔ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻧﺼﻴﺐ ﺍﻷﺭﻭﺍﺡ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺸﺎﻫﺪﺓ ﻭﺍﻟﺮﺅﻳﺔ اهـ

LINK DISKUSI :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1088533027836171

www.fb.com/notes/1107058349316972