Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4283. KAJIAN TAFSIR : SURAT AT - TIN AYAT 4

PERTANYAAN :

Naufal Al-Shofa Sebuah ManuskripKehidupan

Assalamualaikum
Member baru mw nanya......
Telah diterangkan bahwa manusia diciptakan dalam bentuk yang trbaik... Dan juga kita sering melihat orang2 dengan kekurangan dlm anatomi tubuh spt pincang, g pnya tangan, kaki bengkok, buta, tuli dsb......
Lalu maksud dr ayat yg mnerangkan bahwa manusia memiliki bentuk terbaik bgaimana?

JAWABAN :

> Mas Hamzah

wa alaikumus salaam warohmatulloh
dalam surat at tin ayat 4 Allah ta'ala berfirman :

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

"sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."

menurut kebanyakan ulama' ahli tafsir maksud dari "bentuk yg sebaik2nya" adalah kelurusan dan ketegakan masa mudanya, ini adalah bentuk terbaik yg pernah ada karena Allah menciptakan segala sesuatu dan sesuatu tersebut merangkak, sedangkan Allah menciptakan manusia dan dia berdiri tegak, mempunyai lisah yg fasih dan mempunyai tangan serta jemari utk menggenggam , manusia juga dihiasi dengan akal dan tamyiz.

ibnul arobi berkata bahwa tidak ada bagi Allah suatu makhluk yg lebih indah daripada manusia karena sesungguhnya Allah menciptakan manusia yg hidup, berpengetahuan, berkemampuan, berkehendak, berbicara, mendengar, melihat, mengurusi dan bijaksana, itu semua adalah sifat Allah subhanahu.penjelasannya ada dalam hadis " sesunguhnyaAllah menciptakan nabi adam berdasarkan surah-Nya " maksudnya berdasarkan sifat2 yg telah disebutkan tadi.

- kitab tafsir al qurtuby (20/101-102)

في أحسن تقويم وهو اعتداله واستواء شبابه كذا قال عامة المفسرين . وهو أحسن ما يكون ; لأنه خلق كل شيء منكبا على وجهه ، وخلقه هو مستويا ، وله لسان ذلق ، ويد وأصابع يقبض بها . وقال أبو بكر بن طاهر : مزينا بالعقل ، مؤديا للأمر ، مهديا بالتمييز ، مديد القامة يتناول مأكوله بيده . 

ابن العربي : ( ليس لله تعالى خلق أحسن من الإنسان ، فإن الله خلقه حيا عالما ، قادرا مريدا متكلما ، سميعا بصيرا ، مدبرا حكيما . وهذه صفات الرب سبحانه ، وعنها عبر بعض العلماء ، ووقع البيان بقوله : " إن الله خلق آدم على صورته " يعني على صفاته التي قدمنا ذكرها . وفي رواية " على صورة الرحمن " ومن أين تكون للرحمن صورة متشخصة ، فلم يبق إلا أن تكون معاني ) . 

- kitab tafsir al baghowy (8/472)

( لقد خلقنا الإنسان في أحسن تقويم ) أي : أعدل قامة وأحسن صورة ، وذلك أنه خلق كل حيوان منكبا على وجهه إلا الإنسان خلقه مديد القامة ، يتناول مأكوله بيده ، مزينا بالعقل والتمييز .

kesimpulannya, bentuk terbaik bukan dari segi fisik saja, tapi juga segi non fisik misalnya akal yg bisa membedakan antara yg baik dan buruk, sifat2 terpuji dan juga berbicara.

wallohu a'lam bis showab (NN)

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/959300650759410/?hc_location=ufi
https://www.facebook.com/notes/www.piss-ktb.com/969780429711432