Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4204. HUKUM LEWAT DI DEPAN MUSHOLI (ORANG YANG SEDANG SHOLAT)

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum, Para ustad dan ustadzah, mau tanya dalam hadist menunggu 40 tahun lebih baik daripada melewati orang sembahyang. Pertanyaannya :
1. Apakah jika sudah pakai sajadah kita boleh melewatinya ?
2. Dalam keadaan daruri seperti di masjid haram bagaimana tindakan kita untuk melewati orang sembahyang ? terima kasih jawabannya, sangat bermanfaat bagi kami. [Yana Putri Handayani].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Seandainya orang yang sedang sholat memakai sutroh seperti sajadah misalnya maka haram melintasi di sekitar sajadah tersebut, dan ada pendapat dari imam Ghozali bahwa hal tersebut tidak haram akan tetapi makruh. Dan disunnahkan bagi orang yang sholat tersebut untuk menghadangnya dengan tangannya jika ada orang yang melintasinya. Namun ada beberapa hal yang dikecualikan akan keharamannya melintasi orang yang sedang sholat yaitu :
1.Jika orang sholat di masjidil harom maka boleh bagi orang lain melintasinya. ( ini berlaku selama ia sholatnya di batasan yang diperbolehkannya thowaf).
2.Jika ada seseorang yang sholat akan tetapi dia sholatnya di tempat yang orang biasa lalu lalang seperti dia sholat di depan pintu.
3.Seandainya ada tempat yang kosong maka boleh bagi seseorang melintasi orang orang yang sedang sholat untuk mengisi tempat tersebut.
4.Jika dia dalam keadaan terdesak seperti dia akan buang hajat ketika sholat sedangkan dia misalkan berada di shof atau barisan awal maka boleh baginya untuk melintasi orang orang untuk menunaikan hajatnya.
Boleh terpaksa lewat di depan orang shalat, bila darurat tidak ada jalan lain. Wallohu A'lam. (Muhib Salaf Soleh, Ghufron Bkl, Santrialit).

- Taqrirot Sadidah :
التقريرات السديدة ج ١ ص ٢٥٠
إذا كانت السترة معتبرة فيحرم المرور و نقل الإمام النووي في مجموعه قولا عن الإمام الغزالي : أنه يكره المرور و لا يحرم و في هذا سعة لكثير من الناس  و يندب للمصلي دفع المار
و يجوز المرور مع وجود السترة في أربع حالات :
١. إذا كان في حرم مكة في محل الطواف فقط
٢. إذا قصر المصلي بأن صلى في الطريق
٣. إذا وجد المصلى فرجة فيجوز له المرور لسد الفرجة
٤. إذا كان مضطرا بأن كان يريد قضاء الحاجة أثناء الصلاة

- AlMajmu' :
المجموع شرح المهذب
( المسألة الثانية ) إذا صلى إلى سترة حرم على غيره المرور بينه وبين السترة ، ولا يحرم وراء السترة . وقال الغزالي " يكره ولا يحرم " والصحيح [ ص: 228 ] بل الصواب أنه حرام ، وبه قطع البغوي والمحققون ، واحتجوا بحديث أبي الجهيم الأنصاري الصحابي رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : { لو يعلم المار بين يدي المصلي ماذا عليه ؟ لكان أن يقف أربعين خيرا له من أن يمر بين يديه } رواه البخاري ومسلم ، وفي رواية رويناها في كتاب الأربعين للحافظ عبد القادر الرهاوي : { لو يعلم المار بين يدي المصلي ماذا عليه من الإثم }

- Fatkhul 'Alam :
فتح العلام
واعتمد الأسنوي ما نقله الإمام عن الأئمة من جواز المرور حيث لا طريق غير ما بين المصلي وسترته كما في الكردي وبشرى الكريم
- AlHawasyi AlMadinah :
الحواشي المدنية
قال الأذرعي لا شك في حل المرور اذا لم يجد طريقا سواه عند ضرورة خوف نحو بول أو لعذر يقبل منه وكل ما رجحت مصلحته على مفسدة المرور فهو في معنى ذلك

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/196355227053960/

www.fb.com/notes/954437337912408