Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3945. BENARKAH DOSA MENYETUBUHI ANAK KANDUNG TAK TERAMPUNI ?

PERTANYAAN :

AssaLamualaikum ustadz. Apakah menyetubuhi anak kandung adalah dosa yang tidak dapat diampuni ?? Mohon jawabannya karena dalam seminar malam ini kami membahas tentang hal tersebut. [Neng Elyon].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam, selain dosa syirik / menyekutukan ALLAH asalkan mau bertaubat sungguh-sungguh (nasuha) maka ALLAH akan menrima taubatnya walaupun dosa tersebut sampai pada langit. :

.لو أخطأتم حتى تبلغ خطاياكم السماء ثم تبتم لتاب الله عليكم. الجامع الصغير ٢/١٢٩و القتل ظلما أكبر الكبائر بعد الكفر ____بل هو في خطر المشيئة كسائر الكبائر غير الكفر فإن شاء الله غفر له و أرضى الخصوم و إن شاء عذبه لقوله تعالى إن الله لا يغفر أن يشرك به و يغفر ما دون لمن يشاء و إن عذبه لا يخلد في النار. إعانة الطالبين ٤/١١٩


Memang menyetubuhi anak kandung itu termasuk dosa besar, namun selama hamba itu mau bertaubat dan masih mengharap dapat ampunan dari Alloh tetap Alloh akan mengampuninya. Riwayat dari Anas rodiyallohu anhu : wahai anak adam , jika engkau menemui Aku dengan membawa dosa sebanyak isi bumi , tetapi engkau tiada menyukutkan sesuatu dengan Aku , niscaya Aku datang kepadamu dengan (memberi ) ampunan sepenuh bumi pula (HR Tirmidzi). Imam Nawawi rohimahulloh mensyarahkan kalimat " kemudian engkau menemui Aku " maksudnya engkau mati dalam keadaan Iman " yang tidak di ampuni dosa syirik yang terbawa mati (artinya belum taubat dri dosa syirik ). Alloh tidak diungguli dan dikalahkan oleh sesuatu .."selama hamba mau bertaubat maka Alloh akan mengampuninya hatta dosa syirik kalo dia bertaubat tetap akan di ampuni .."kalo dosa syirik tidak diampuni bagaimana orang-orang kafir yang kemudian masuk Islam, mereka telah menyekutukan Alloh namun tetap diseru untuk taubat dan masuk ke dalam agama Islam.

Allah berfirman :
قل ياعبادى الذي اسرفوا على انفسهم لاتقنطوا من رحمة الله ان الله يغفرالذنوب جميعا انه هوالغفور الرحيم

Artinya: Katakanlah, hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri. Janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya, sesungguhnya dialah yang maha pengampun lagi maha penyayang. (QS. Az-Zumar : 53). Wallohu A'lam. (Ghufron Bkl, Kumbang Gurun,  Hariz Jaya).

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/716368041719340/

www.fb.com/notes/932551233434352