Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3878. BUKAN ANAK SHOLEH TAPI MENDOAKAN ORANG TUA, SAMPAIKAH PAHALANYA ?

PERTANYAAN :

Salam. Sudah maklum kalau seseorang meninggal akan dapat menikmati amalnya, di antaranya anak sholeh yang mendoakannya (waladun sholihun yad'u lahu). Kalo anak jahat yang mendoakannya (waladun faajirun yad'u lahu) bagaimana pripun yi ? Thanks before. [ Zamroni Ahmad ]. Keep sharing and always remember :
خير الناس انغعهم للناس

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Tidak apa-apa, boleh dan tetap dianjurkan, karena yang dimaksud dengan sholeh adalah muslim.  Jika anak sholih maka lebih baik dan sempurna terkabulkan doanya, beda dengan anak tidak sholih, tapi tetap nyampe bi idznillaah karena inti nyampe'nya doa adalah doanya anak muslim atau orang muslim. Hanya saja seorang anak yang fajir/fasiq sebaiknya taubat dan istighfar terlebih dahulu sebelum memulai do'a.

إذا مات المسلم وفي رواية ابن آدم. انقطع عمله إلا من ثلاث صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح أى مسلم يدعو له وفائدة التقييد به مع أن دعاء الغير ينفعه تحريض الولد على الدعاء لأصله. إعانة الطالبين ٣/١٥٧

Tiga amal yang tidak terputus : amal jariyah, ilmu yang bermanfa'at dan anak yang soleh / muslim yang mendo'akan. Tapi untuk no 3 tidak khusus anaknya saja / setiap orang islam yang mendoakan pahalanya sampai pada mayit, dalam hadits di atas menyebutkan anak hanya sebagai motivasi pada anak untuk mendo'akan orang tuanya yang meninggal. Wallohu a'lam bisshowaab.

اعانة الطالبين : (قوله: أو ولد) فائدة التقييد به، مع أن دعاء الغير ينفعه، تحريض الولد على الدعاء لاصله.وقوله أي مسلم، أي أن المراد بالصالح: المسلم، فأطلق الخاص وأراد العام.وعبارة المغني، والولد الصالح هو القائم بحقوق الله وحقوق العباد، ولعل هذا محمول على كمال القبول، وأما أصله فيكفي فيه أن يكون مسلما.اه.(وقوله: يدعو له) أي لابيه بنفسه، أو بتسبب في دعاء الغير لابيه.فدعاؤه له مستعمل في حقيقته وفي مجازه، وهو التسبب

MUJAWWIB : Ghufron Bkl, SandalKayu HilangSatu, Epang Omar Rosong

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/907658105923665/

www.fb.com/notes/928818607140948