Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3747. HUKUM BERKATA BAHWA ALLAH TIDAK ADIL

PERTANYAAN :

Assalamualaikum tuan guru mohon pencerahannya !!! Apa hukumnya jika seseorang berkata bahwa allah tak adil ??? [Muhamad Maruf Amrullah].

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatulloh. Mengatakan bahwa Allah tidak adil maka termasuk murtad qouli, harus segera bertaubat dan membaca syahadat lagi.

- kitab sullam taufiq bab riddah

وكَأنْ يَقُولَ [الشَّخْصُ]: "لَوْ آخَذَنِي اللهُ بِتَرْكِ الصَّلاةِ مَعَ ما أنا فيه مِنَ المَرَضِ ظَلَمَنِي"

Contoh murtad qouli misalnya seseorang berkata " jika Allah menyiksaku sebab tidak melaksanakan sholat karena aku sakit maka Allah telah dholim kepadaku ".

والردة ثلاثة اقسام، اعتقادات، وافعال،واقوال،وكل قسم يتشعب سعبا كثيرا

Murtad terbagi tiga : Murtad dalam itiqod, Murtad dalam perbuatan dan Murtad dalam ucapan. Dan tiap-tiap yang disebutkan di atas punya banyak cabang
Ini yang dibahas murtad dalam itiqod.
وقسم الثا لث،الاقوال وهي كثيرة جدا لا تنحصر،

Bagian ke tiga adalah murtad karena ucapan, hal ini banyak macamnya hingga tak terhitung. Saya ambil salah satu contoh..

وكاءن يقول اخدني الله بترك الصلاة مع انا فيه المريض ظلمني،

Atau dengan kata lain, kalau Allah menyiksa aku karena meninggalkan shalat, padahal aku ini sedang sakit, maka Allah itu dzolim atau berarti Allah menganiaya aku. Mengatakan Allah dzolim, tidak adil dll adalah perbuatan murtad scara Qauli, ucapan. (Sulamutaufiq, bab murtad hal 23). Wallohu a'lam bis showab. [Mas Hamzah, Mbah Kusangkan].

LINK DISKUSI :
www.fb.com/notes/907632692592873

www.fb.com/groups/piss.ktb/881252818564194/