Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3716. PENJELASAN LAFADZ 'ALAIKA' DALAM TAHIYYAT

PERTANYAAN :

Assalamu’alaikum wr. wb. Afwan para yai, mohon jawabannya tentang definisi kata عليك di dalam tahiyat yaitu :
السلام عليك ايهاالنبي ورحمة الله وبركاتة
Apakah ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad itu dekat ada di hadapan kita ? Kalau Nabi itu dekat, pengertian dekatnya itu bagaimana ? [Zanzanti Yanti Andeslo].

JAWABAN :

Wa'alaikumsalaam wr. wb. Lafadl Assalaamu maksudnya adalah selamat dari 'afat (mara bahaya). Lafadl 'Alaika, Nabi dijadikan sebagai mukhotob (orang yang diajak bicara) ini sebagai isyarot bahwa sesungguhnya Beliau adalah seorang perantara agung yang tidak mungkin bisa masuk ke hadlrotul qurb (kedekatan dengan Allah) kecuali dengan petunjuk dan kehadirannya, dan juga sebagai isyarot bahwa Beliau adalah kholifah teragung dari Allah SWT, maka jadilah khitob (berbicara) kepadanya seperti khitob kepada Allah.

Lafadl Ayuhan nabiyyu warohmatullohi wabarokaatuh assalaam alaina wa alaa ibadillahis sholihin, sholihin jama' dari kata sholih yaitu orang yang menegakkan hak hak Allah dan hak hak hamba-Nya mulai dari malaikat dan orang orang mukmin dan jin mukmin. Wallaahu A'lam. [Dik Ibnu Al-Ihsany Rinduku, Mas Hamzah].

- Tuhatul Muhtaj Fii Syar-hil Minhaj II / 83 Cet Beirut :

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺃﻱ ﺍﻟﺴﻼﻣﺔ ﻣﻦ ﺍﻵﻓﺎﺕ ﻋﻠﻴﻚ ﺧﻮﻃﺐ ﺇﺷﺎﺭﺓ ﺇﻟﻰ ﺃﻧﻪ ﺍﻟﻮﺍﺳﻄﺔ ﺍﻟﻌﻈﻤﻰ ﺍﻟﺬﻱ لا ﻳﻤﻜﻦ ﺩﺧﻮﻝ ﺣﻀﺮﺓ ﺍﻟﻘﺮﺏ ﺇﻻ ﺑﺪﻻﻟﺘﻪ ﻭﺣﻀﻮﺭﻩ ﻭﺇﻟﻰ ﺃﻧﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﺍﻟﺨﻠﻔﺎﺀ ﻋﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻜﺎﻥ ﺧﻄﺎﺑﻪ ﻛﺨﻄﺎﺑﻪ أيها ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﻭﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ ﺃﻱ ﺟﻤﻊ ﺻﺎﻟﺢ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻘﺎﺋﻢ ﺑﺤﻘﻮﻕ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﻘﻮﻕ ﻋﺒﺎﺩﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﻭﻣﺆﻣﻨﻲ ﺍﻹﻧﺲ ﻭﺍﻟﺠﻦ

Link Diskusi :
www.fb.com/groups/piss.ktb/879628128726663/