Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3674. INILAH WAKTU DITUTUPNYA PINTU TAUBAT

PERTANYAAN :

Assalamualaikum. Ketika tanda kiamat kubro sudah turun seperti yakjuj wa makjuj, dajjal, apakah pintu taubat masih terbuka atau sebaliknya? Terima kasih wassalam. [Amar Ma'ruf].

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatulloh. Pintu taubat telah ditutup ketika keluarnya ya'jud ma'jud dan dajjal karena penutupan pintu taubat adalah setelah matahari terbit dari barat, dan terbitnya matahari dari barat itu lebih dahulu daripada keluarnya ya'jud ma'jud dan dajjal. Keterangan waktu taubat ditutup setelah matahari terbit dari barat dinukil dari kitab Al bidayah wan nihayah imam ibnu katsir : Dalam surat al an'am ayat 158 Allah berfirman yang artinya : “Pada hari datangnya ayat (tanda kekuasaan) dari Rabbmu yang mana tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan terhadap keimanannya.”.  [QS Al An’am: 158]

Dari Abu sa'id al khudri dari Nabi shollallohu alaihi wasallam : "Pada hari datangnya ayat (tanda kekuasaan) dari Rabbmu yang mana tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri " Nabi bersabda : " munculnya matahari dari arah barat ". (HR. Ahmad dan Turmudzi)

menafsir ayat di atas Imam bukhory meriwayatkan,dari Abu hurairoh, Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :" “Kiamat tidak akan terjadi hingga matahari terbit dari arah barat. Apabila ia terbit (dari arah barat) lalu manusia melihatnya, maka mereka semua beriman (kepad Allah) seluruhnya. Maka hari itu adalah “hari datangnya ayat (tanda kekuasaan) dari Rabbmu yang mana tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu ". (HR.Bukhory dan jama'ah kecuali Tirmidzi)

Dari abu hurairoh, Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :" ada tiga perkara, jika ketiganya sudah keluar maka tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu atau dia (belum) mengusahakan kebaikan terhadap keimanannya, yaitu munculnya matahari dari barat, dukhon dan dabbah ". (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu jarir )

Dari Abdulloh bin umar " sesungguhnya ayat yang pertama kali keluar adalah munculnya matahari dari barat dan keluarnya dabbah di waktu dluha, mana saja yang keluar duluan maka yang satunya tidak jauh dibelakangnya. "(HR.Ahmad, Muslim ,Abu dawud dan Ibnu majah)

Dari abu umamah Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :" ayat yang pertama kali keluar adalah munculnya matahari dari barat ". Komentar Imam ibnu katsir setelah menyebutkan hadits-hadits di atas dan juga hadits-hadits yang lainnya : " ini adalah hadits-hadits mutawatir beserta ayat yang mulia menunjukkan bahwa sesungguhnya orang yang memperbarui keimanan atau bertaubat setelah munculnya matahari dari barat maka tidak diterima taubatnya, dan yang benar seperti itu, wallohu a'lam.hal ini karena munculnya matahari dari barat termasuk tanda2nya kiamat yang terbesar dan tanda tsb menunjukkan dekatnya waktu kiamat maka waktu tsb digunakan sebagaimana waktunya kiyamat.". Wallohu a'lam bis showab. [Ghufron Bkl, Mas Hamzah].

Keterangan selengkapnya dalam kitab albidayah wan nihayah bisa cek disini :
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=2608&idto=2608&bk_no=59&ID=3286

- I'anah Attholibin :

اعانة الطالبين : (وتقبل) الشهادة (من فاسق بعد توبة) حاصلة قبل الغرغرة وطلوع الشمس من مغربها (وهي ندم) على معصية من حيث أنها معصية لا لخوف عقاب ولو اطلع عليه أو لغرامة مال (ب) - شرط (إقلاع) عنها حالا إن كان متلبسا أو مصرا على معاودتها.ومن الاقلاع رد المغصوب (وعزم أن لا يعود) إليها ما عاش (وخروج عن ظلامة آدمي) من مال أو غيره فيؤدي الزكاة لمستحقيها ويرد المغصوب إن بقي وبدله إن تلف لمستحقه ويمكن مستحق القود وحد القذف من الاستيفاء أو يبرئه منه المستحق

LINK DISKUSI :
www.fb.com/notes/887597311263078

www.fb.com/groups/piss.ktb/880242808665195/