Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3567. NAHWU : I'ROB LAFADZ YARFA' QS. ALMUJADALAH AYAT 11


PERTANYAAN :

DewayOneis Malhotra

Selamat Malam Saudara"ku. Seperti yg kita ketahui dlm ilmu Nahwu (Al-Ajurumiyah Bab I'rob) tidak ada fi'il itu jarr, tapi knapa di lafadz "yarfa'i" dlm ayat Yarfa'illaahulladziina aamanuu minkum walladziina uutul ilma darojaat itu fi'ilnya kok Jarr...??? Monggo penjelasan & alasannya saudara"ku para santri khususnya para asyatidz!!!

JAWABAN :

> Ical Rizaldysantrialit

Surat Al-mujadalah ayat 11

يا أَيُّهَا الَّذينَ آمَنُوا إِذا قيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَ إِذا قيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَ الَّذينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجاتٍ وَ اللَّهُ بِما تَعْمَلُونَ خَبيرٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu berlapang-lapanglah pada majlis-majlis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan melapangkan bagi kamu. Dan jika dikatakan kepada kamu ; Berdirilah ! ", maka berdirilah Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang~rang yang diberi ilmu beberapa derajat ; Dan Allah dengan apapun yang kamu kerjakan adalah Maha Mengetahui.

dalam ayat diatas ada dua kalimat dari fi'il mudhori' yang di i'robi kasroh di akhirnya ,
pertama lafadz يَفْسَحِ
dan kedua lafadz يَرْفَعِ .

kedua lafadz tersebut wajib dibaca jazem (sukun di hurup akhirnya pada kalimah mufrod) sebab jadi jawab fi'il amar dari kalimat sebelumnya.
lafadz يَفْسَحِ (baca yafsah) jadi jawab amar dari تَفَسَّحُوا ,
dan lafadz يَرْفَعِ (baca yarfa') jadi jawab amar dari انْشُزُوا .

kenapa ketika diwashol (disambung ) i'rob sukun diakhir berubah jadi kasroh ?
karena i'rob hurup akhir lafadz يَفْسَحِ dan lafadz يَرْفَعِ adalah sukun dan hurup awal lafadz sesudahnya juga sukun , ini akan sulit dibacanya.

kang santri narkib, alasannya

وحرك بالكسر لاجل التخلص من التقاء الساكنين

(maka dirubah kepada kasroh karna menyelamatkan bacaan dari bertemunya dua sukun.

wallahu a'lam bis showab

LINK DISKUSI :