Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3549. HUKUM LAKI LAKI MEMAKAI ANTING

PERTANYAAN :

Assallamu'alaikum wr wb, apa hukumnya laki-laki yang memakai anting mohon penjelasannya ? [Mybendol Unnew New].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam, memakai anting hukumnya haram karena mayoritas itu yang memakai anting adalah perempuan & khas ciri seorang perempuan:

مسألة: ي): ضابط التشبه المحرم من تشبه الرجال بالنساء وعكسه ما ذكروه في الفتح والتحفة والإمداد وشن الغارة، وتبعه الرملي في النهاية هو أن يتزيا أحدهما بما يختص بالآخر، أو يغلب اختصاصه به في ذلك المحل الذي هما فيه.

Batasan penyerupaan yang diharamkan pada kasus penyerupaan orang laki-laki pada perempuan dan sebaliknya adalah apa yang diterangkan oleh Ulama Fiqh dalam kitab Fath aljawaad, Tuhfah, Imdaad dan kitab syun alghooroh. Imam Romli juga mengikutinya dalam kitab Annihaayah, Batasannya adalah : "Bila salah satu dari lelaki atau wanita tersebut berhias memakai barang yang dikhususkan untuk lainnya atau pakaian yang jamak digunakan pada tempat tinggal lelaki dan wanita tersebut". [Bughyah Almustarsyidiin 604]. .

Laki - laki memakai anting baik anting dari emas atau selainnya dan juga baik di kedua telinga atau hanya sebelah saja maka hukumnya haram karena hal tersebut termasuk tasyabbuh dengan orang perempuan :

فلا يجوز للرجل أن يتحلى بشيء في أذن واحدة ولا في كلتا أذنيه سواء كان المتحلَى به ذهبا أو غيره، لما في ذلك من التشبه بالنساء وبالفسقة والمخنثين
أما الرجل فلا يجوز له خرم أذنه بحال، لما في ذلك من التشبه بالنساء، وقد لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم المتشبهين من الرجال بالنساء، كما في الحديث الذي رواه البخاري وغيره.فإذا وضع فيها حُلياً من ذهب أو غيره فقد أثم من عدة أوجه:1
- التشبه بالنساء.2- التشبه ببعض الساقطين من الكفرة والمجرمين.3- التحلي بالذهب إذا كان المعلق ذهباً.والله أعلم.
فيحرم على الرجل لبس الحلق، سواء في أنفه أو أذنه، لما في ذلك من التشبه بالنساء،
Imam Ibnu Abidin dalam Hasyiyahnya mengatakan :

ثقب الأذن لتعليق القرط مِن زِينَةِ النساء, فلا يحل للذكور

”Melubangi telinga untuk dipasangi anting termasuk perhiasan wanita, karena itu tidak halal bagi lelaki”. (Raddul Muhtar, 27/81).
Wallaahu A'lamu Bis Showaab. [Langlang Buana, Ghufron Bkl, Mas Hamzah].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/841435099212633/