Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2757. HADITS : TIDAK BERPUASA MALAHAN DAPAT PAHALA ?

PERTANYAAN :

Zanzanti Yanti Andeslo
Assalamu'alaikum, tolong minta penjelasan shahih muslim no.1886 tentang pahala orang yang tidak bepuasa dalam perjalanan jika ia menangani suatu pekerjaan, orang tidak puasa kok dapat pahala, melakukan kerja apa ya kira2 ?

JAWABAN :

> Yu Paijah 
Wa'alaikumussalam. Ini tak bantu teks arabnya dulu :

باب أجر المفطر في السفر إذا تولى العمل 
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة أخبرنا أبو معاوية عن عاصم عن مورق عن أنس رضي الله عنه قال كنا مع النبي صلى الله عليه وسلم في السفر فمنا الصائم ومنا المفطر قال فنزلنا منزلا في يوم حار أكثرنا ظلا صاحب الكساء ومنا من يتقي الشمس بيده قال فسقط الصوام وقام المفطرون فضربوا الأبنية وسقوا الركاب فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم ذهب المفطرون اليوم بالأجر

-Syarh an-nawawi alal muslim-

> Mbah Ceméng 
Hadis riwayat Anas Radhiyallahu’anhu, ia berkata : Kami pernah bersama RasulullahShallallahu alaihi wassalam. dalam suatu perjalanan. Di antara kami ada yang tetap berpusa dan ada pula yang tidak puasa. Kami singgah di sebuah tempat saat hari sedang panas sekali. Di antara kami yang paling banyak mendapat naungan ialah orang-orang yang berpakaian lengkap, sementara orang-orang yang tidak berpakaianlengkap mereka melindungi kepalanya dari teriknya matahari dengan menutupkantangannya ke atas. Maka orang-orang yang berpuasa berjatuhan (karena lemah) dan mereka yang tidak puasa masih dapat tegak berdiri. Mereka kemudian mendirikantenda-tenda dan memberikan minum unta-unta. Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. bersabda : Orang-orang yang berbuka hari ini pergi membawa pahala. (Shahih Muslim No.1886)

> Bang Roni 
Menurut pemahaman ane, beliau beliau yang berbuka itu mendapat pahalanya sebab sudah berusaha berpuasa dan kenyataannya tidak kuat, maka dalam ilmu fiqih bagi orang yang bepergian boleh untuk berbuka dengan syarat harus niat tarohhus (niat menjalankan keringanan agama) sebelum berbukanya.

> Mentari Junior 
Abot pasrahane... orang yang sedang wukuf itu tidak disunnahkan berpuasa ... dan orang yang sedang wukuf itu termasuk musafir ... dan masih dalam ruang lingkup perjalanan ... meski tidak berpuasa ia tetap mendapt pahala puasa dan haji ... dan bagi yang tidak wukuf disunnahkan berpuasa ... jika orang wukuf berpuasa maka malah tidak mendapat pahala sunnah puasa arofah.

LINK DISKUSI :
DOKUMEN FB :