Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2055. HUKUM MERUBAH NIAT PADA BILANGAN RAKA'AT DALAM SHALAT

PERTANYAAN :
Assalaamu 'alaikum warahmatullah! Wahai Fuqoha! Seseorang yang berniat sholat sunnat zhuhur empat raka'at sekali salam misalnya, Bolehkah dia merubah niatnya di dalam sholat menjadi dua raka'at saja ? [Didin Banjarmasin].
JAWABAN :
Wa'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh. Boleh merubah niat jumlah rokaat sholat sunnah, misal tadinya niat 4 rokaat di dalam sholat menjadi 2 raka'at saja.
(مسألة): أحرم بالوتر ولم ينو عدداً جاز واقتصر على ما شاء من ركعة إلى إحدى عشرة، قلت: وافقه ابن حجر. وقال (م ر) : يقتصر على ثلاث اهـ. وكذا لو نوى عدداً فله الزيادة والنقص بشرط تغيير النية قبله، ومثل الوتر الرواتب والضحى في المسألتين.
"[Permasalahan] seseorang bertakbiratul ihram untuk shalat witir serta tidak niat pada bilangan raka'at tertentu maka diperbolehkan meringkas pada raka'at berapa saja yang dia kehendaki, dari satu raka'at sampai sebelas raka'at. Mushannif berkata: Hal ini senada dengan pendapat Ibnu Hajar. Sementara ar-Ramli berpendapat hanya bisa diringkaskan pada tiga raka'at saja.
Begitu pula ketika niat pada bilangan raka'at maka diperbolehkan baginya untuk menambah dan mengurangi raka'at dengan syarat telah didahului merubah niat. Shalat rawatib dan dhuha disamakan dengan witir dalam dua permasalahan di atas." (Bughyah al-Mustarsyidin: 92). Wallahu a'lam. [Khodim Piss-ktb II].
Link Asal :
www.fb.com/groups/piss.ktb/498209346868545/