Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2001. SEKILAS TENTANG TERHAPUSNYA ILMU FAROID

PERTANYAAN :

Arif Bilah
assalamu'alaikum
Tanya : ilmu yg prtm kli di angkt ilmu faroid. Pertanyaannya :
1. mohon carikan hadist dan dalilnya
2. kenapa kok bukan Al.Qur'an.


JAWABAN :

>> Alif Jum'an Azend

1. عن أبي هريرةَ أَنَّ النبيَّ قالَ: «تَعَلَّمُوا الفرائضَ وعَلِّمُوهُ الناسَ، فإنَّهُ نصفُ العلمِ، وهو يُنْسَى، وهو أَوَّلُ شىءٍ يُنْتَزَعُ مِنْ أُمَّتِي».

اسم الكتاب: سنن الكبرى للبيهقي
رقم الجزء: 9
رقم الصفحة: 241

Menurut sebagian ulama, hal itu terjadi karena :
1. Ilmu ini dianggap rumit dan banyak kaitan antara masalah-masalah yang ada di dalamnya sampai lekas-lekas dilupakan

2. Akhir-akhir ini umat islam sendiri mulai banyak yang tidak menggunakan hukum faroidh dalam membagi harta peninggalan, tetapi memakai hukum kekeluargaan, sehingga realitas inilah yang mempengaruhi jarangnya orang yang mempelajari ilmu faroidh.

===========
2.
 عن أبي هريرةَ أَنَّ النبيَّ قالَ: «تَعَلَّمُوا الفرائضَ وعَلِّمُوهُ الناسَ، فإنَّهُ نصفُ العلمِ، وهو يُنْسَى، وهو أَوَّلُ شىءٍ يُنْتَزَعُ مِنْ أُمَّتِي».
Dari Abu Hurairah (diriwayatkan) bahwasannya Nabi bersabda : Pelajarilah ilmu faroidh, dan ajarkanlah pada masyarakat, karena ia termasuk setengah dari ilmu, ia akan dilupakan, dan merupakan sesuatu yang pertama kali dicabut dari umatku.

Rasulullah saw. berbicara mengenai sesuatu dan bersabda:
“Akan terjadi di mana ilmu tidak ada lagi.” (Ziyad) bertanya: “Ya Rasulullah, bagaimana ilmu akan lenyap padahal kami masih membaca al-Qur’an dan mengajarkan bacaannya kepada anak-anak kami, dananak-anak kami pun akan mengajarkannya kepada anak-anak mereka hingga Hari Kebangkitan?” Beliau saw. bersabda: “Ziyad, tidakkah orang-orang Yahudi dan Nasrani membaca Taurat dan Injil namun tidak berbuat sesuai dengan apa yang terkandung di dalamnya?”
(HR. Ahmad, Ibnu Majah, Tirmizi)

Link Asal >>
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/483209211701892/