Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1974. KETIKA SANDAL TERTUKAR ATAU HILANG DI MASJID

P E R T A N Y A A N :

Wong Djowo
SANDAL TERTUKAR ATAU HILANG DI MASJID.
Assalamu'alaikum..
Jika sandal kita tertukar saat selesai sholat boleh kah kita memakai sandal yang hampir sama dengan milik kita itu..? Matur nuwun.. ( Nb : entah tertukar entah ada yg sengaja mengambil, tapi di tempat bekas tempat sandal yang hilang ada sandal dengan model dan warna yang sama )
Maaf sebelum nya, masih seputar masalah di atas, jika seseorang sengaja mengambil sandal yang lebih bagus dari miliknya tanpa tahu siapa pemiliknya dan juga miliknya sendiri tidak hilang, Jika hal itu sudah sangat lama dan sandalpun sudah entah kemana apakah yg harus di lakukan ?

J A W A B A N :

Abdurrahman As-syafi'i
wa'alaikum salam,
فرع من ضل نعله فى مسجد ووجد غيره لم يجز له لبسه و ان كان لمن اخذ نعله، وله فى هذه الحالة بيعه و اخذ قدر قيمة نعله من ثمنه ان علم انه لمن اخذ نعله، و الا فهو اقطة البجيرمى على الخطيب ٣/١٤١ Barang siapa yang tertukar sandalnya di masjid dan ia menemukan sandal lain,maka ia tidak boleh memakainya walaupun sandal itu milik orang yang mengambilnya....
jika ia tahu dan yakin sandal tsb,adalah sandal dari org yg mengambil sandalnya,maka ia boleh mengambil dan menjualnya,dan jika tidak mengetahuinya maka sandal tsb dihukumi brg temuan..
فا ئدة من اللقطة ان يبدل نعله بغيرها فياخذها فلا يحل له استعملها الا بعد تعرضها بشرطه او تحقق اعراص المالك عنها فان علم ان صاحبها تعمد اخذ نعله جاز له بيعها ظفرا بشرطه بغية المسترشدين ٢٢١ Termasuk barang temuan adalah tertukar sandalnya dgn sandal orang lain,maka mengambil dan memakainya tidak dihalalkan,kecuali setelah diumumkan sesuai dgn persyaratan,atau sudah yakin bahwa si pemiliknya memang telah meninggalkannya.jika diketahui pemiliknya memang sengaja meninggalkan sandalnya,maka ia boleh menjual sandal tsb sesuai dgn persyaratan.

Penuntut Ilmu Aswaja
Waalaikum salam. Gak boleh. Kcwli jika tau sendalnya ini sbagai ganti dari sendal org yg ngambil. Klu cuma nebak2, maka tdk boleh. Yg lbh malu, jika kita pake, ternyata ada yg ngakuin. Ha.. Apes dah.. Ref nya klu nda salah ada di bughyah.
Nah, ini dia bughyah yg saya maksud, saya baru selesai nulis, lama ga buka, e..uda ada yg duluan..he..tp gpp sy copas juga sebagai pertangung jwbn sy diatas.
  [فائدة]: من اللقطة أن تبدل نعله بغيرها فيأخذها، فلا يحل له استعمالها إلا بعد تعريفها بشرطه أو تحقق إعراض المالك عنها، فإن علم أن صاحبها تعمد أخذ نعله جاز له بيعها ظفراً بشرطه، وأجمعوا على جواز أخذ اللقطة في الجملة لأحاديث فيها اهـ ( بغية المسترشدين : ٣٦٢-١)

Sahlan Albanjari
Ky pengalaman?..qiqi.. Yg ngambil wajib Dhomin alias tanggung jawab meski udah hilang, kan nyuri namanya?.. Cari tau dlu siapa yg punya, kmudian jika ga ktmu, hargain aja kira2 brp, kemudian infaqkan nilai uangnya. Namun tetap dhomin, jika ktmu org nya, ganti dan minta Ridho.
Jika sdh melakukan hal diatas, maka perbanyak do'a sbb :
Allohumma inna li zunuuban fiimaa bayni wa baynaka, wa zunuuban fiimaa bainiy wa bayna khalqika, famaa kaana bainiy wa baynaka faghfirhu, wamaa kaana baini wa baina khaolqika fatammalhu 'anniy...

LINK ASAL : http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/398614720161342/