Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1847. DIMANA SEBETULNYA TEMPAT KEBERADAAN ARWAH ?

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum wr wb, apakah bayi yang meninggal juga mendapatkan nikmat kubur ? [Kamilulhimam WalAmal Vilmillahwaddien].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Lihat durrotun nasihin hal 179-180 cetakan darul fikr  :
وسئل ابو بكر رضى الله تعالى عنه عن الارواح حين تخرج من الاجساد اين تذهب؟
قال فى سبعة مواضع  اما ارواح الانبياء والمرسلين فمقرها جنات عدن  واما ارواح العلماء فمقرها جنات الفردوس  واما ارواح السعداء فمقرها جنات عليين واما ارواح الشهداء فتطير مثل الطيور فى الجنة حيث شاءت واما ارواح المؤمنين المذنبين فتكون معلقة فى الهواء لا فى الارض ولا فى السماء الى يوم القيامة واما ارواح اولاد المؤمنين فتكون فى جبل من المسك واما ارواح الكافرين فى سجين يعذبون مع اجسادهم الى يوم القيامة
Abu bakar RA ditanya tentang arwah-arwah ketika keluar dari jasadnya, ke manakah perginya ?? beliau menjawab, ada 7 tempat
1.adapun arwah para nabi dan rosul tempatnya adalah surga adnin
2.adapun arwah para ulama' tempatnya adalah surga firdaus
3.adapun arwah para su'ada' (khusnul khotimah) tempatnya adalah surga illiyyin
4.adapun arwahnya orang-orang mati syahid maka arwahnya berterbangan sebagaimana burung dan menuju dalam surga kapan ia mau
5.adapun arwahnya orang-orang mukmin yang berdosa maka bergelantungan diudara,tidak dibumi dan tidak dilangit sampai hari kiamat
6.adapun arwah para anak-anak orang mukmin tempatnya digunung yang terbuat dari misik
7.adapun arwahnya orang-orang kafir itu dineraka sijjin dan disiksa beserta jasad-jasad nya sampai hari kiamat
Arwah anak-anak orang muslim menurut banyak keterangan termasuk yang dinyatakan oleh Imam Syafi’i berada di surga menempat di perut burung pipit yang berdiam diri di lentera-lentera dan digantungkan di ‘Arsy, ada juga keterangan bahwa mereka berada di bawah gunung MISIK di surga....
الجنة و النار و فقد الاولاد 4 للإمام جلال الدين السيوطي
و سئل بعض العلماء عن الأرواح بعد الموت ، فقال إن روح الأنبياء في جنة عدن و أرواح الشهداء في الفردوس وسط الجنة في حواصل طيور خضر يطيفون في الجنة حيث شاءوا و أرواح أولاد المؤمنين في حواصل عصافير الجنة عند جبال المسك و أرواح أولاد المشركين يترددون في الجنة ليس لهم مكان مخصوص و ارواح الذين عليهم دين و يأكلون أموال الناس بالباطل معلقة في الهواء لا تصل إلى الجنة و لا إلى السماء ، و أرواح فساق الكفار تعذب في القبر مع الجسد ، و أرواح المنافقين في نار جهنم .
Sebagian Ulama ditanya tentang keberadaan arwah setelah meninggal, beliau menjawab : “Sesungguhnya arwah para nabi berada di surga Adn, arwah para syuhada disurga firdaus menempat pada perut burung hijau yang berlalu lalang mengelilingi surga, arwah para anak-anak orang muslim dalam perut burung pipit surga berada di bawah gunung MISIK, arwah para anak-anak orang musrik berputar-putar di surga namun tiada punya tempat khusus untuk menetap, arwah orang-orang yang memiliki tanggungan hutang, memakan harta orang lain dengan bathil digantungkan diangkasa dan tiada pernah sampai ke surga dan langit, arwah orang-orang fasik yang kafir disiksa dalam kubur mereka dan arwah-arwah orang munafik berada di neraka jahannam”.
ولابن منده عن ابن شهاب قال: بلغني أن أرواح الشهداء في أجواف طير خضر معلقة بالعرش، تغدو ثم تروح إلى رياض الجنة، تأتي ربها ولابن أبي حاتم عن ابن مسعود قال: إن أرواح الشهداء في أجواف طير خضر في قناديل تحت العرش، تسرح في الجنة حيث شاءت، ثم ترجع إلى قناديلها، وإن أرواح ولدان المؤمنين في أجواف عصافير، تسرح في الجنة حيث شاءت .
Dari Ibn mandah dari Ibn Syihab, beliau berkata : “Arwah para syuhada berada dalam perut burung hijau yang digantungkan di ‘Arsy, sembari menikamati makanan dan istirahat damai di taman surga dan mendatangi Tuhannya”. Sedang Ibn Hatim meriwayatkan dari Ibn Mas’ud ra, ia berkata : “Arwah para syuhada berada dalam perut burung hijau yang digantungkan dalam lentera-lentera ‘Arsy, mereka dapat keluar masuk dari tempat kediamannya sesuka hati, sedang arwah para anak-anak orang mukmin berada pada perut burung-burung pipit, mereka juga dapat keluar masuk dari tempat kediamannya sesuka hati”.
Dalam keterangan kitab lain terdapat tambahan keterangan bahwa arwah mereka dibawah naungan Nabi Ibrahim As dan Sarah yang kelak dihari kiamat dikembalikan pada orang tua mereka masing-masing.
ملخص لكتاب شرح الصدورفي شرح حال الموتى والقبور للسيوطي  -وأما عن مقر الأرواح......و أولاد المؤمنين ففي جبل في الجنة يكفلهم إبراهيم وسارة حتى يردهم لآبائهم يوم القيامة.
Sedang tempat keberadaan arwah... Arwah anak-anak orang mukmin berada dibawah gunung yang ada disurga, diasuh oleh Nabi Ibrahim dan Sarah hingga dikemudian datangnya hari kiamat dikembalikan pada orang tua mereka masing-masing, mereka juga dapat keluar masuk dari tempat kediamannya sesuka hati”.
أرواح ذراري المسلمين في أجواف طير خضر تسرح في الجنة يكلفهم أبوهم إبراهيم فيدل هذا أنهما خلقنا
وكذلك نص الشافعي عن السلف على أن أطفال المسليمن في الجنة
وجاء صريحا عن السلف على أن أرواحهم في الجنة كما روى الليث عن أبي قيس عن هذيل عن ابن مسعود قال : إن أرواح الشهداء في أجواف طير خضر تسرح في الجنة حيث شاؤوا وإن أرواح أولاد المسلمين في أجواف عصافير تسرح بهم في الجنة حيث شاءت فتأوي إلى قناديل معلقة في العرش خرجه ابن أبي حاتم
Arwah para anak-anak orang mukmin berada pada perut burung-burung hijau di surga, mereka keluar masuk disurga berada dibawah asuhan Nabi Ibrahim AS, demikian juga pernyataan Imam Syafi’i dari sumber Ulama Salaf menyatakan sesungguhnya arwah anak-anak orang muslim berada di surga sebagaimana riwayat al-Layts dari Abu Qais dari Hudzail dari Ibn Mas’ud ra yang menyatakan : “Arwah para syuhada berada dalam perut burung hijau yang digantungkan dalam lentera-lentera ‘Arsy, mereka dapat keluar masuk dari tempat kediamannya sesuka hati, sedang arwah para anak-anak orang mukmin berada pada perut burung-burung pipit, mereka juga dapat keluar masuk dari tempat kediamannya sesuka hati, mereka menempat pada lentera-lentera yang digantungkan di Arsy”. [ Ahwaal al-Qubuur I/70 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab. [Sunde Pati, Masaji Antoro].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/467862256569921/