Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

F0020. RAJAH / WIFIQ / JIMAT

Oleh Mbah Jenggot
Rajah atau Jimat atau dalam bahasa Arabnya tamimah sebenarnya secara asal adalah jimat penjaga yang ditulis dan dikalungkan pada anak kecil untuk menangkal penyakit ‘ain[1]. Namun, pengertian itu semakin luas dan melebar sehingga setiap jimat penjagaan apa pun bentuknya adalah dinamakan tamimah.
Jimat ini pun tidak luput dari penilaian syirik dari sebagian jamaah takfir, dengan mengambil dasar hadits shahih riwayat Ahmad berikut:
إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ
“Sesungguhnya suwuk (rukyah), jimat dan pengasihan adalah syirik.”
Penilaian seperti itu adalah bentuk penilain yang tergesa-gesa serta tidak di dasari pemahaman yang baik. Anehnya lagi mereka kadang hanya memahami hadits lewat terjemahan dan kemudian tanpa pemikiran yang obyektik ikut berkomentar memberi hukum tanpa memperhatikan sama sekali pendapat-pendapat ulama terpercaya.
Imam al-Munawi menjelaskan, menggunakan rukyah (kecuali yang syar’iyyah), jimat dan pelet (pengasihan) dianggap syirik sebagaimana dalam redaksi hadits, karena hal-hal di atas yang dikenal di zaman Rasulallah sama dengan yang dikenal pada zaman jahiliyah yaitu ruqyah (yang tidak syar’iyyah), jimat dan pengasihan yang mengandung syirik. Atau dalam hadits, Rasulallah menganggap rukqah adalah syirik karena menggunakan barang-barang tersebut berarti pemakainya mengi’tikadkan bahwa benda-benda itu mempunyai pengaruh (ta’tsir) yang bisa menjadikan syirik kepada Allah.
Imam ath-Thayyibi menanggapi hadits tersebut bahwa yang dimaksudkan dengan syirik pada hadits di atas adalah mengi’tikadkan bahwa jimat tersebut mempunyai kekuatan dan bisa mempengaruhi (kekuatan merubah sesuatu) dan itu jelas-jelas bertentangan dengan ke-tawakkal-an.[2]
Di bagian lain al-Munawi menjelaskan bahwa pengguna jimat sama dengan melakukan pekerjaan ahli syirik yang mengi’tikadkan bahwa jimat tersebut dapat menolak takdirnya yang sudah tercatat.
Namun, jika jimat tersebut berupa asma atau kalam Allah atau dengan (tulisan berbentuk) dzikir Allah yang tujuannya untuk ber-tabarruk kepada Allah atau penjagaan diri serta tahu bahwa yang dapat memudahkan segala sesuatu adalah Allah maka hal itu tidak diharamkan. Pendapat ini disampaikan Ibnu Hajar yang dikutip oleh al-Munawi dalam Faidh al-Qadir.[3]
Sedangkan wifiq adalah semacam jimat yang cara penulisannya dikembalikan pada kesesuaian hitungan dan dalam bentuk tertentu. Wifiq ini dapat bermanfaat untuk segala hajat, mengeluarkan orang yang dipenjara, memudahkan orang yang melahirkan dan lain-lain.
Ibnu Hajar al-Haitami dalam Fatawi Haditsiyyah-nya menjawab: hukum menggunakan wifiq tersebut adalah boleh jika digunakan untuk hal-hal yang diperbolehkan syari’at dan jika digunakan untuk melakukan hal haram maka hukumnya haram. Dan dengan ini, kita dapat menjawab pendapat al-Qarafi (ulama Malikiyyah murid ‘Izzuddin bin ‘Abdissalam) yang menegaskan bahwa wifiq adalah termasuk bagian dari sihir.[4]
Di antara ulama Islam yang ahli dan berkecimpung secara langsung dengan pembuatan wifiq adalah Imam al-Ghazali. Bahkan Shohabat Abdurrohman bin auf RA. menulis huruf-huruf permulaan AlQur`an dengan tujuan mnjaga harta benda agar aman, Imam sufyan al tsauri menuliskan untuk wanita yang akan melahirkn dan digantung didada , ibnu taimiyah al harrani menulis QS Hud.44 didahi orang yang mimisan.
Dan jika wifiq dinilai syirik, maka berarti pula menuduh Abdurrohman bin auf,Imam Hujjatul Islam al-Ghazali dan ulama-ulama adalah pelaku syirik, dan itu tidak akan pernah diucapkan kecuali oleh orang-orang yang mulutnya tidak dikunci dengan adab syari’at.
--------------------------
[1] Penyakait yang punya kekuatan membunuh yang muncul dari pandangan mata.
[2] Faidhul Qadir 2/426.
[3] Ibid. 6/223.
[4] Fatawi Haditsiyyah hlm. 2.

PENGOBATAN ALTERNATIF (Hasil Bahtsul Masaail PCNU Mojokerto)
Deskripsi Masalah :
Faktor ketidak berhasilan pengobatan medis, keterbatasan dana yang dimiliki, atau sugesti kepercayaan semata pada orang pintar, telah menjadikan perhatian orang beralih ke sistem pengobatan alternatif / tradisional, antara lain : memanfaatkan asma Allah, suwuk, hinga sebutan "ruqyah syari'ah" memindahkan wujud penyakit ke binatang (kambing) atau telur hewan unggas (angsa / banyak), mengubur benda ke dalam tanah, nangap orang membaca manqib Syeh abdul Qodir Al Jaelani, mencari pasangan sihir dengan memperbantukan jaran kepang, mengikuti saran sesajen dukun perewangan, mendatangkan jin mahluq tertentu agar masuk ke tubuh orang dan dalam alam ketidak sadarannya jin itu memberikan saran pengobatan. Praktek pengobatan dengan melalui kondisi ketidak sadaran beriring pembacaan Ayat-ayat Al Quran telah menjadi ciri : Ruqyah Syari'ah dan sejenisnya. Kondisi tersebut berbeda dengan praktek pembiusan total pra operasi (bedah klinis) atau pingsan alami.
Pertanyaan : a. Pengobatan alternatif menempuh cara yang bagaimana dibenarkan oleh hukum islam ?
Jawaban : Adalah setiap cara yang tidak bertentangan dengan syari'at islam.
Prinsip pengobatan Alternatif dalam Islam adalah :
- Bila menggunakan bacaan-bacaan : - bacaanya tidak dirubah
- Tidak mengandung unsur syirik kepada Allah.
- Bila menggunakan obat-obatan : - tidak dari unsur yang najis
- Tidak berdampak negatif
- Bila menggunakan zimat dan tamimah : - tidak dari unsur yang najis
- Tidak berdampak negatif
1. هامش فتح الوهاب ج 2 ص 151
(مسألة : فى اقسام السحر وحكمه) السحر أنواع : منها السحر قوم نسوا للأفلاق والكواكب تأثيرا لكونه آلهة او ان الاله أعطاها قوة نافذة فى العالم وفوض تجبيره اليها, ومنها سحر أصحاب الأوهام الزائمين ان الانسان يبلغ بالتصفية ف القوة الى حيث يقدر على الايجاد والاعدام ولاحياء ولاماتة وقلب الاشكال وكلا النوعين كفر عملا وتعلما, ومنها التخييلات الآخذة بالعيون وهى بالشعوذة وما يجرى مجراها مناهار الامور العجيبة بواسطة ترتيب الآلات هندسية وخفة اليد والاستعانة بخواص الأدوية والاحجار وليست كفرا واطلاق السحر عليها تجوز وفى التحريم ان لم يترتب عليها مفسدة خلاف. ومنها الاستعانة بالأرواح الرضية بواسطة الرياضة وقرأة العزائم ال حيث يخلق الله تعالى عقب ذلك على سبيل جرى العادة بعض خوارق وهذا النوع قالت معتزلة انه كفر لأنه لايمكن معه معرفة صدق الرسل عليه صلاة وسلم للا لتباس, ورد بأن العادة الالهية جرت بصرف المعارضين للرسل عن اظهار خارق ثم التحقيق ان يقال ان كان من يتعاطى ذلك خيرا متشرعا فى كامل ما يأتى ويدر وكان من يستعين به من الأرواح الخيرة وكانت عزائمه لا تخالف الشرع وليس فيما يظهر على يده من الخوارق ضرر شرعى على أحد فليس ذلك من السحر بل من الاسرار والمعون والا فهو حرام ان تعلمه ليعمل به بل يكفر ان اعتقد حل ذلك فان يتعلمه ليتوقاه فمباح والا فمكروه. اهـ .
b. Upaya prefentif apa perlu disiagakan agar tidak terjadi pengorbanan aspek aqidah keimanan baik oleh fasilitator atau pasien / keluarga yang memerlukan pengobatan ?
Jawaban : Menjelasklan kepada pasien bahwa pengobatan alternatif ini hanya usaha, semua Allah-lah yang menentukan
1. تيجان الدررى ص 5 – 6
والحاصل أن من اعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر في مسببتها كالحرق والقطع والشبع والرى بذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة جعلها الله فيها ففى كفره قولان والأصح انه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق افعال نفسه الإختيارية بقوة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم لاقرارهم بأن قدرة العبد على ذلك من الله تعالى ومن اعتقد ان مؤثر هو الله تعالى لكن جعل بين الأسباب ومسببتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تأخرها فمتى وجد السبب فهو جاهل ومن اعتقد أن المؤثر هو الله وان بين الأسباب وسبباتها تلازما عاديا بحيث يصح تأخرها فهو المؤمن الناجى ان شاء الله تعالى فالأقسام اربعة .....الخ
c. Pemasangan rajah / wifik / azimat, penagkal dan penyajian uba rampe berjenis bunga, jajan pasar, rupa-rupa nasi perdukunan dan sebagainya apakah tergolong ikhtiar yang dibenarkan oleh syariat Islam ?
Jawaban : Sama dengan jawaban sub a. , Ibarat sama dengan sub a., Kumpulan Bahtsu Lirboyo..
d. Benarkah keris, besi kuning, akik, atau benda lainnya bisa di puasa-i, bisa mempunyai kekuatan tertentu, dan bolehkah kita mempergunakannya ?
Jawaban d : Tidak punya kekuatan, tetapi hanya keistimewaan saja.
Referensi :
Um Al Barohin
Fath al wahhab Juz : 2 Hal : 151
Hamisy fath al wahhab Juz : 2 Hal : 151
وفي أم البراهين صحيفة ما نصه :
يعني أن الوحدانية في حقه تعالى تشتمل على ثلاثة أوجه أحدها نفي الكثرة في ذاته تعالى ويسمى الكم المتصل ، الثاني نفي النظر له جل وعز في ذاته أو في صفة من صفاته ويسمى الكم المنفصل الثالث انفراده تعالى بالإيجاد والتدبير العام بلا واسطة ولا معالجة فلا مؤثر سواه تعالى في أثر ما عموما قال جل من قائل (إنا كل شيء خلقناه بقدر). (قوله والتدبير) هو النظر في عواقب الأمور لتقع على كل وجه الأكمل وهو بهذا المعنى محال في حق الله تعالى فيراد بالتدبير في حقه تعالى لازمه وهو إيقاع الأمور على وجه الأكمل (قوله بلا واسطة) يحتمل أن يراد بها الآلة كالقدوم وبالنسبة للنجار ويحتمل أن يراد بها القوة التي أثبتها من قال :" إن الأسباب العادية تؤثر بقوة أودعها الله فيها ويحتمل إرادتها معا وهو أولى .
وفي هامش فتح الوهاب جزء 2 صحيفة 151 ما نصه :
(مسئلة : في أقسام السحر وحكمه) السحر أنواع : منها سحر قوم نسبوا للأفلاك والكواكب تأثيرا لكونها آلهة أو أن الإله أعطاها قوة نافذة في العالم وفوض تدبيره إليها . ومنها سحر أصحاب الأوهام الزاعمين أن الإنسان يبلغ بالتصفية في القوة إلى حيث يقدر على الإيجاد والإعدام والإحياء والإماتة وقلب الأشكال وكلا النوعين كفر عملا وتعلما . ومنها التخييلات الأخذة بالعيون وهي الشعوذة وما يجري مجراها من إظهار الأمور العجيبة بواسطة ترتيب الألات الهندسية وخفة اليد والإستعانة بخواص الأدوية والأحجار وليست كفرا وإطلاق السحر عليها تجوز وفي التحريم إن لم يترتب عليها مفسدة خلاف . ومنها الإستعانة بالأرواح الأرضية بواسطة الرياضة وقراءة العزائم إلى حيث يخلق الله تعالى عقب ذلك على سبيل جري العادة بعض خوارق وهذا النوع قالت المعتزلة :" إنه كفر لأنه لا يمكن معه معرفة صدق الرسل عليهم الصلاة والسلام للإلتباس ". ورد بأن العادة الإلهية جرت بصرف المعارضين للرسل عن إظهار خارق ثم التحقيق أن يقال إن كان من يتعاطى ذلك خيرا متشرعا في كامل ما يأتي ويذر وكان من يستعين به من الأرواح الخيرة وكانت عزائمه لا تخالف الشرع وليس فيما يظهر على يده من الخوارق ضرر شرعي على أحد وليس ذلك من السحر بل من الأسرار والمعونة وإلا فهو حرام إن تعلمه ليعمل به بل يكفر إن اعتقد حل ذلك فإن تعلمه ليتوقاه فمباح وإلا فمكروه إهـ
Dalam ajaran Islam ada sebuah istilah yang boleh jadi dapat membuat momok bagi penganut agama lain atau orang Islam sendiri dengan istilah “kafir”. Dewasa ini aksi pengkafiran terhadap kelompok atau golongan yang dipandang sebagai lawan dan berbeda keyakinan dan penafsiran terhadap ajaran agama seolah-olah telah dianggap lumrah. Sikap pengkafiran ini lahir sebagai upaya untuk mendiskreditkan pihak yang dianggap sebagai lawan. Padahal sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa menuduh orang lain kafir berarti menghalalkan harta benda dan darahnya.
Perlu diperjelas apa yang bisa dijadikan sebagai parameter batasan kafir menurut Islam ?
Hal-hal menyebabkan seorang muslim keluar dari Islam (murtad) adalah:
1.Keyakinan, meliputi : Mengingkari / meragukan ajaran-ajaran pokok agama Islam menyangkut sifat-sifat ketuhanan, kerasulan, kitab-kitab Allah SWT, malaikat< dan hal-hal gaib yang harus diyakini karena bersumber dari Al-Qur’an atau hadits secara shorih, seperti wujudnya sorga, neraka, hari kiamat, jin dan lain-lain. Mengingkari hukum-hukum Islam yang sudah di sepakati oleh para ulama Ahlussunnah wal jama’ah (mujma’ ‘alaih) dan diketahui oleh masyarakat islam secara luas dan mutawatir.
2.Perbuatan, meliputi : Melakukan ritual peribadatan agama lain, seperti menyembah berhala, dan lain-lain. Ucapan atau perbuatan secara sengaja untuk menghina atau melecehkan Allah SWT, kitab-kitab Allah, para nabi, malaikat, dan tanda-tanda kebesaran Islam yang harus dihormati, seperti ka’bah dan masjid.
Menjatuhkan vonis kafir kepada seorang yang diketahui beragama Islam tidak boleh dilakukan sebelum diketahui secara pasti berkeyakinan yang menyebabkan kufur atau mekakukan perbuatan yang mengakibatkan kufur (murtad). Menuduh orang beragama Islam secara sembarangan dapat mengakibatkan hukum kufur bagi penuduh.
مفاهيم يجب أن تصحح صح
يخطئ كثير من الناس أصلحهم الله في فهم حقيقة الأسباب التي تخرج صاحبها عن دائرة الإسلام وتوجب عليه الحكم بالكفر فتراهم يسارعون إلى الحكم على المسلم بالكفر لمجرد المخالفة حتى لم يبق من المسلمين على وجه الأرض إلا القليل ونحن نتلمس لهؤلاء العذر تحسينا للظن ونقول لعل نيتهم حسنة من دافع واجب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر ولكن فاتهم أن واجب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر لا بد في أدائه من الحكمة والموعظة الحسنة وإذ اقتضى المجادلة يجب أن تكون بالتي هي أحسن –إلى أن قال- وقد انعقد الإجماع على منع تكفير أحد من أهل القبلة إلا بما فيه نفي
الصانع القادر جل وعلا أو شرك جلي لا يحتمل التأويل أو إنكار النبوة أو إنكار ما علم من الدين بالضرورة أو إنكار متواتر أو مجمع عليه ضرورة من الدين
في إسعاد الرفيق للشيخ محمد بن سالم بن سعيد بابصل الشافعي ص:61 ما نصه:
(وحاصل أكثر تلك العبارات) التي ذكرها ذانك الإمامان (يرجع إلى أن كل عقد) بفتح أوله وسكون ثانيه أي اعتقاد (أو فعل أو قول) موصوف كل واحد منها بكونه (يدل على استهانة) ممن صدر منه (أو استخفاف بالله) سبحانه وتعالى (أو) بشيء من (كتبه) المائة والأربعة المارة (أو) بأحد من (أنبيائه) وفي نسخة بخط المؤلف أو رسله ، والأولى أعم (أو ملائكته) المجمع عليهم كما مر (أو) بشيء من (شعائره) جمع شعيرة وهي العلامة أى علامات دينه كالكعبة والمساجد ، فقوله رحمه الله تعالى (أو معالم دينه) بمعنى الشعائر كما قاله السيوطى (أو) بشيء من أحكامه تعالى أي أحكام دينه كالصلاة

والصوم والحج والزكاة (أو) بشيء من (وعده) بالثواب للمطيع (أو) من (وعيده) بالعقاب لمن كفر به وعصاه (كفر) خبر أن أي ٍإن قصد قائل ذلك الإستخفاف أو الإستهزاء بذلك (أو معصية) محرمة شديدة التحريم إن لم يقصد ذلك ، وعلى كل فليحذر الإنسان من ذلك جهده أي طاقة : قال في القاموس الجهد بمعنى الإجتهاد أو المشقة بفتح الجيم لا غير ، وبمعنى الطاقة بالفتح والضم