Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0104. Hukum Puasa Nahun "Ndahr" Sepanjang Tahun

PERTANYAAN :
Biar tidak diseneni kepala suku, tak pisah pertanyaannya : Bagaimana kalau puasa DALAA'ILUL KHOIROOT, yang puasanya dalam jangka 3,5 tahun tidak berhenti kecuali hari-hari yang diharamkan, boleh nggak ? mohon pencerahannya mbah kakung lan asatidz asatidzah yang ada di sini. [Muhammad Mujtahid Muthlaq].
JAWABAN :
Puasa DAHR ( sepanjang tahun selain hari raya dan hari tasyriq )
وقال الشافعية (1) : يكره إفراد الجمعة بالصوم، وإفراد السبت والأحد بالصوم، وصوم الدهر غير العيد والتشريق لمن خاف به ضرراً أو فوت حق واجب أو مستحب، للنهي الم...تقدم عنها في الأحاديث السابقة، ولخبر البخاري: «إن لربك عليك حقاً، ولأهلك عليك حقاً، ولجسدك عليك حقاً» ، وعليه حمل خبر الصحيحين: «لا صام من صام الأبد» .
ويستحب صوم الدهر لمن لم يخف ضرراً أو فوت حق، لإطلاق الأدلة، ولأنه صلّى الله عليه وسلم قال: «من صام الدهر ضيقت عليه جهنم هكذا، وعقد تسعين» (2)
(1) مغني المحتاج: 447/1 ومابعدها، المهذب: 188/1 ومابعدها.
(2) رواه البيهقي وأحمد، ومعنى «ضيقت عليه» أي عنه، فلم يدخلها، أو لا يكون له فيها موضع (نيل الأوطار: 255/4)
Menurut kalangan Madzhab syafiiyyah (Mughni Almuhtaaj I/447) makruh hukumnya mengkhususkan puasa jumah, sabtu dan ahad dan juga makruh puasa DAHR (puasa sepanjang tahun) kecuali hanya berbuka dihari Ied dan hari-hari tasyriq bagi orang yang khawatir terjadi bahaya dalam dirinya atau terbengkalainya tanggungjawab pada dirinya baik yang bersifat wajib atau sunat (seperti mencukupi keluarga) berdasarkan hadits yang tersebut dahulu dan hadits
إن لربك عليك حقاً، ولأهلك عليك حقاً، ولجسدك عليك حقاً» ، وعليه حمل خبر الصحيحين: «لا صام من صام الأبد
“Sesungguhnya dalam dirimu ada kewajiban terhadap Tuhanmu, keluargamu dan jasadmu”
Dan dalam sebuah hadist disebutkan :
لا صام من صام الأبد
“Tidak ada puasa sepanjang tahun” (HR Bukhori Muslim) cenderung diarahkan pengertiannya pada hadits ini, Bagi orang yang tidak mengkhawatirkan terjadi bahaya dalam dirinya, atau terbengkalainya tanggungjawab pada dirinya di sunahkan puasa DAHR karena hadits-hadits yang diatas masih bersifat muthlak dan dengan berdasarkan hadits nabi yang lain
من صام الدهر ضيقت عليه جهنم هكذا، وعقد تسعين

“Barangsiapa puasa DAHR menjadi sempit baginya neraka jahannam (artinya dia tidak memasukinya, atau tidak ada tempat baginya dalam neraka jahanam". (Kitab Nail al-Authaar IV/255. HR Imam Baehaqi dan Ahmad dalam Fiqh Al-Islaam wa Adillatuhu III/22). [Masaji Antoro ].