Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

702. MIMPI : MIMPI BINTANG


Mimpi melihat bintang ditafsiri dengan kemuliaan orang. Maka jika bermimpi pd bintang itu tampak baik atau mengalami perubahan, maka bintang itu menunjukkan pd orang2 mulia pd daerah itu.

Planet mars ditafsiri dengan orang yang akan melawan penguasa. Dan planet saturnus ditafsiri dengan pemilik siksa dan pembeli penjaga harta dan pengatur keuangan penguasa. Namun terkadang ditafsiri dengan orang yg sangat alim.

Bintang yg warna-warni ditafsiri dg istri penguasa.

Bintang merkuri ditafsiri sekretaris penguasa.

Sesiapa bermimpi memiliki bintang atau sesuatu darinya, maka dia akan memiliki kekuasaan dari umat dg kadar yg dia miliki dari mereka.

Bermimpi menjaga bintang maka dia akan menguasai urusan umat.

Mimpi memakan bintang atau sesuatu darinya, maka dia akan makan harta orang mulia.

Jatuhnya bintang dari langit menunjukkan pd siksa yg akan turun ditempat bintang itu jatuh.

Mimpi mengambil bintang dg tangan, dia akan diberi anak yg mulia.

Mimpi bintang berjatuhan dari langit, jika dia orang kaya maka dia akan mjd fakir. Dan bila dia orang fakir, dia akan mati syahid.

Mimpi melihat bintang mengelilingi, maka dia akan bepergian.

HIKAYAT,
Datang seorang wanita kpd syekh Muhammad ibn Sirien pd saat beliau sedang makan. Dia berkata, "saya telah bermimpi." beliau berkata, "ceritakan mimpimu." dia berkata, "nanti stl anda selesai makan saya akan menceritakannya."

stl selesai dr makannya beliau berkata, "ceritakan mimpimu." dia berkata, "saya melihat rembulan telah masuk dlm bintang tsurayya. Kemudian ada yg menyeruku dr belakang, "datangilah Muhammad ibn Sirien lalu ceritakan mimpimu."

belia menggenggam kedua tangan beliau sendiri lalu berkata, "bgm mimpimu tadi?" wanita itupun menceritakan mimpinya utk kedua kali. Kemudian beliau menafsiri mimpi wanita itu dan wajah beliau mjd pucat lalu beliau berdiri sambil memegangi perut beliau.

Saudara perempuan beliau bertanya, "kenapa wajahmu pucat saudaraku?" beliau menjawb, "bgm tdk mjd pucat wajahku. Aku mengira dari mimpi wanita ini kalau aku akan dikuburkan stl 7 hari nanti." dan pd hari ke 7 beliaupun dimakamkan. Semoga Alloh merahmati beliau.

HIKAYAT,
Diceritakan, ada seorang lelaki mendatangi Ja'far as Shodiq dan berkata, "saya bermimpi seakan-akan saya memeluk rembulan." beliau berkata, "apakah kamu belum menikah?" dia menjawab, "iya." beliau berkata, "kamu akan menikah dengan wanita yg paling baik dijamannya." kemudian lelaki itu pergi dalam jangka waktu yg lama.

Setelah berselang waktu yg lama, lelaki itu datang lagi dan berkata, "tuan, saya telah menikahi wanita kota dan tdk ada yg bisa melebihi dia. Tetapi aku telah bermimpi semalam seakan-akan aku membawa rembulan." beliau menjawab, "dari wanita itu kamu akan dikaruniai anak yg paling bagus dijamannya. Apakah istrimu sedang mengandung?" dia menjawab, "tuan, demi Alloh, dia sedang mengandung."

dan ternyata apa yg dikatakan Ja'far as Shodiq benar adanya..

HIKAYAT,
Diceritakan, ibu imam Syafi'i pada saat mengandung beliau pernah bermimpi seakan-akan bintang jupiter telah keluar dari farjinya lalu meletus dan terbang darinya percikan bunga api yg sangat besar seperti parabola. Sehingga tidaklah ada kota atau desa melainkan ilmu dan mazhab beliau tersebar disitu, dan maqom beliau seperti yang telah ditafsiri Ja'far as Shodiq..

dikutip dari Ta'birur Ru'ya Ibnu Sirien