Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0588. Jika Puasa Dawud dan Puasa Senin Kamis Dijalankan Bersama-sama

PERTANYAAN :
Terus seyogya nya gimana kak masaji ? Seumpama dulu Mey aktif puasa senin kamis, karena Mey ingin jalanin puasa Daud Mey stop puasa senin kamisnya apakah itu baik ? [Meymey Armien].
JAWABAN :
Itu sudah masuk dalam keterangan diatas Ning. Saat terjadi benturan antara puasa daud dan puasa senin kamis (misalkan pas hari senin/kamis mestinya bila menyesuaikan siklus puasa daudnya dia ifthoor / tidak puasa, padahal senin dan kamis termasuk hari yang disunahkan puasa) yang afdhol menurut Imam Romli menjalani puasa senin dan kamis.
- Tuhfah alHabiib III/156 :
وسئل الشهاب م ر عمن يصوم يوماً ويفطر يوماً فوافق يوم فطره يوماً مما يطلب صومه كيوم الاثنين أو الخميس هل فطره أفضل أم صومه ولا يخرج بذلك عن صوم يوم وفطر يوم ؟ فأجاب بأن الأفضل صومه ولا يخرج به عما ذكر اه م د .
Artinya dua-dua jalan dan bisa di kerjakan bersama-sama, ntar pas hari puasa daud kebetulan hari senin / kamis, niatin puasa senin /kamis sekalian, pas kebeneran dipuasa daud lagi tidak puasa tapi bertepatan hari senin / kamis, jalanin saja puasa senin / kamisnya sesuai keterangan kitab di atas. [Masaji Antoro ].
PERTANYAAN :

Alhamdulillah, inilah pertanyaan yang telah beberapa kali saya tanyakan ke beberapa ustadz yang dekat dengan saya di sini tetapi beliau belum juga memberikan jawaban karena belum tahu pasti tentang jawaban yang saya tanyakan. Eh di sini saya dapat jawabannya. Jadi sekali lagi misalnya saya selama ini rutin puasa senin kamis tetapi saya ingin ada peningkatan maka saya puasa daud.
Jadi boleh ya mencampurkan puasa senin kamis dengan puasa daud ? maksudnya begini : Senin puasa, selasa tidak, rabu puasa, kamis kan harusnya tidak puasa ya ustadz (jika sesuai siklus puasa daud) tetapi kamisnya saya tetap puasa dengan niat puasa senin kamis (boleh tidak ? atau sebaiknya jangan puasa sesuai siklus puasa daud yang saya jalani ?) lalu saya melanjutkan puasa daud lagi, maka jumat tidak puasa (karena di kamisnya saya sudah puasa / puasa senin kamis) atau jum'atnya tetap puasa sesuai siklus puasa daud yang seharusnya ? jika seperti itu terus kan berarti bukan sehari puasa sehari tidak, karena pasti menemui waktu dimana ada hari senin / kamis yang seharusnya tidak puasa tetapi saya tetap puasa (puasa senin kamis) sehingga siklus puasanya jadi : misal jumat puasa, sabtu tidak, minggu puasa, senin puasa lagi (karena senin kamis) dan selasa tidak puasa, rabu puasa, kamis puasa lagi (padahal jika di puasa daud kan harusnya tidak puasa), padahal di atas dijelaskan puasa yang terbaik adalah sehari puasa & sehari berbuka, yang benar harus saya lakukan bagaimanaa ustadz ? Terimakasih banyak atas penjelasannya. [Cuth Zavheera Berlindung PadaNya].
JAWABAN :

Ning Cut Zavheera Berlindung PadaNya. Maaf ana ngga lihat kalau ada pertanyaan dari anda. Pertanyaan Ning sebenarnya telah terjawab dalam dokumen di atas,  ana coba urai kembali. Jika ada yang tanya baigaimana cara mengkolaborasikan antara puasa sunnah senin - kamis dengan puasa dawud, maka ini teknis urutan puasa nya :
Senin : puasa senin dan dawud (dengan dua niat)
Selasa : libur
Rabu : dawud
Kamis : puasa kamis (dawud nya libur, jadi niatnya hanya puasa kamis)
Jumat : dawud
Sabtu : libur
Ahad : dawud
Senin : puasa senin (dawud libur, jadi niat hanya puasa senin)
Selasa : dawud
Rabu : libur
Kamis : dawud dan puasa kamis (dua niat biar dapat dua pahala), dst.
 
وسئل الشهاب م ر عمن يصوم يوماً ويفطر يوماً فوافق يوم فطره يوماً مما يطلب صومه كيوم الاثنين أو الخميس هل فطره أفضل أم صومه ولا يخرج بذلك عن صوم يوم وفطر يوم ؟ فأجاب بأن الأفضل صومه ولا يخرج به عما ذكر اه م د .


 
"Syaikh Sihab Arromli ditanya oleh orang yang membiasakan menjalani puasa daud (sehari puasa dan sehari berbuka) yang kemudian saat berbukanya bertepatan dengan hari yang di anjurkan untuk berpusa seperti hari senin atau kamis. Apakah berbukanya dia (karena mengikuti siklus puasa daudnya) lebih utama ? Atau puasanya dia (karena menjalani anjuran berpuasa senin/kamis meskipun berarti tidak mengikuti siklus puasa daud) lebih utama ? Apakah saat dia menjalani puasa (karena menjalani anjuran berpuasa senin/kamis meskipun berarti tidak mengikuti siklus puasa daud) tidak berarti keluar dari aturan yang ada dalam siklus puasa daud ?". Imam Romli menjawab : "Puasa dia (karena menjalani anjuran berpuasa senin / kamis meskipun berarti tidak mengikuti siklus puasa daud) itu lebih utama dan yang demikian tidak berarti dia keluar dari aturan yang ada dalam siklus puasa daud". [Masaji Antoro, Nur Hasyim S Anam II].