Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

478. BOLEHKAH MEMBUNUH SEMUT ?

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh. Di rumah saya banyak semut, hukum membunuh semut diperbolehkan tidak, ya ? Makasih. [Alifuddin El Islamy].
JAWABAN :
Wa`alaikum salam warahmatullah wabarakatuh. Jika masuk rumah dan memang mengganggu maka boleh dibunuh, tapi tidak dengan cara dibakar. Adapun mengenai Sabda Nabi :
نَهَى رسول الله صلى الله عليه وسلم عَنْ قَتْلِ الصُّرَدِ وَالضِّفْدَعِ وَالنَّمْلَةِ وَالْهُدْهُدِ
“Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wasallam- melarang membunuh shurod, kodok, semut, dan hud-hud. (HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shohih).
Yang dimaksud semut dalam Hadist di atas adalah semut besar dan panjang yang sejenis dengan yang tersebut dalam kisah Nabi Sulaiman, dan itupun jika semut-semut tidak mengganggu, apabila mengganggu maka boleh dibunuh, berikut keterangan dalam kitab Bughyah :
(مسألة: ك): روى أبو داود "أنه نهى عن قتل أربع من الدواب: النملة والنحلة والهدهد والصرد" والمعروف حمل النهي على النمل الكبير السليماني الطويل الذي يكون في الخراب فيحرم قتله على المعتمد، إذ الأصل في النهي التحريم، وخروجه عنه في بعض المواضع إنما هو بدليل يقتضيه، أما النمل الصغير المسمى بالذر فيجوز بل يندب قتله بغير الإحراق لأنه مؤذ، فلو فرض أن الكبير دخل البيوت وآذى جاز قتله اهـ. قلت: ونقل العمودي في حسن النجوى عن شيخه ابن حجر أنه إذا كثر المؤذي من الحشرات ولم يندفع إلا بإحراقه جاز اهـ

Wallohu a'lam. [Mbah Jenggot].