Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0293. Babi Suci Menurut Imam al-Auzaa'iy dan Imam Malik ?

PERTANYAAN :
Salam. Apa di Al-Majmu ada fatwa Imam An Nawawi yang cenderung sama dengan Imam Malik perihal babi itu suci ? [Thayfoer Isa ].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Memang ada pendapat yang sama dengan pendapat Imam Malik yaitu pendapat Imam al-Auzaa’i, buka imam Nawawi nya.
وقال مالك والاوزاعي لا ينجس الطعام الذى ولغ فيه بل يحل أكله وشربه والوضوء به قالا ويجب غسل الاناء تعبدا
Berkata Imam Malik dan al-Auzaa’i tidak menjadi najis makanan yang dijilat anjing, bahkan hukum memakannya, meminumnya dan memakainya untuk wudhu adalah halal, kewajiban membasuh tempat tersebut hanyalah mengikuti perintah (bukan karena najisnya). [ alMajmuu’ II/280 ].
وأما الخنزير فنجس لانه اسوأ حالا من الكلب لانه مندوب إلى قتله من غير ضرر فيه ومنصوص على تحريمه فإذا كان الكلب نجسا فالخنزير أولي واما ما تولد منهما أو من أحدهما فنجس لانه مخلوق من نجس فكان مثله
* [ الشرح ] نقل ابن المنذر في كتاب الاجماع اجماع العلماء علي نجاسة الخنزير وهو أولي ما يحتج به لو ثبت الاجماع ولكن مذهب مالك طهارة الخنزير مادام حيا وأما ما احتج به المصنف فكذا احتج به غيره ولا دلالة فيه وليس لنا دليل واضح علي نجاسة الخنزير في حياته
Sedang mengenai masalah babi itu dihukumi najis karena ia lebih jelek keadaannya ketimbang anjing karena disunahkan membunuhnya meski tidak menimbulkan bahaya dan telah di-nash tentang haramnya, maka bila anjing najis niscaya babi pun lebih utama untuk menerima hukum najis, sedang peranakan yang keluar dari salah satu keduanya juga dihukumi najis karena ia tercipta dari hewan najis maka sama hukumnya sama dengan induknya.[ al-Majmuu’ II/568 ].
المالكية قالوا : كل حي طاهر العين ولو كلبا . أو خنزيرا ووافقهم الحنفية على طهارة عين الكلب ما دام حيا على الراجح
Kalangan Malikiyyah berpendapat setiap binatang yang hidup suci keadaanya walaupun anjing ataupun babi.Dan selaras dengan pendapat mereka adalah pendapat kalangan Hanafiyyah yang menyatakan sucinya keadaan anjing menurut pendapat yang paling kuat dikalangan mereka ini. [ Al-Fiqh ‘alaa Madzaahib al-Arba’ah I/13 ].
Mengenai perbedaan hukum najis dan tidaknya anjing di kalangan madzaahib al-arba’ah silahkan buka dokumen terkait.
Innamaa_istadalla bi al-qiaas, laa bi qoulihi ta'alaa ''WA LAHCMUL_AL-KHINZIRI''... li_annahu laisa nasshon...(al-Iqna). Wa lidzalika qoola b'adluhum ''Laisa lanaa daliilun waadli'un 'alaa najaasatihi.
Ya demikian adanya dengan najisnya babi, kalangan Syafi'iyyah menghukumi najisnya babi dari dalil qiyas awlawi terhadap anjing. Wallaahu A'lamu Bis Showaab. [Masaji Antoro, Black List].