Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6242. Bagaimana cara sholat dhuhur makmum pada orang yang sholat subuh ?

PERTANYAAN :


Assalamu'alaikum. Mohon penjelasannya serta prakteknya sholat dzuhur makmum ke subuh. Terima kasih. [Sedulur Fid Din].


JAWABAN :

Wa alaikumus salaam. Sholat dhuhur makmum ke subuh, caranya setelah imam salam maka makmum bangun untuk menyempurnakan rokaat sholatnya dan hukumnya seperti hukum makmum masbuq, dia juga mengikuti qunutnya imam. Namun jika dia ingin mufaroqoh dengan imam ketika imam qunut maka hukumnya boleh. Begitu juga jikalau sholat dhuhur imamnya sholat maghrib juga boleh berdasar kesepakatan ulama'. Dan makmum bebas memilih ketika imam tasyahud akhir antara memisahkan diri dari imam untuk menyempurnakan sholatnya dan antara terus ikut imam sampai imam salam kemudian bangun untuk menyelesaikan roka'atnya sebagaimana keterangan dalam masalah qunut.

Prakteknya imam sholat subuh ada' sedangkan makmum sholat dhuhur qodo' dalam redaksi di atas hanya sebagai perumpamaan (contoh ada' vs qodho'), bisa juga bermakmum ke orang yang melakukan sholat sunnah. Qunut tidak di roka'at akhir jika mengikuti imam maka tidak menyalahi aturan, contoh yang serupa misal masbuq subuh, maka dia mengikuti qunut imam di roka'at pertamanya walaupun roka'at pertama tersebut bukan waktunya qunut namun untuk mengikuti imam, dan nanti setelah imam salam dan makmum bangun untuk roka'at kedua maka dia nanti juga qunut lagi. Wallohu a'lam. [Nur Hamzah, Akhbib Maulana].

Referensi :
- kitab majmu' (4/18) :
( أما حكم المسألة )
فمذهبنا : أنه تصح صلاة النفل خلف الفرض ، والفرض خلف النفل ، وتصح صلاة فريضة خلف فريضة أخرى توافقها في العدد كظهر خلف عصر ، وتصح فريضة خلف فريضة أقصر منها ، وكل هذا جائز بلا خلاف عندنا, ثم إذا صلى الظهر خلف الصبح وسلم الإمام قام المأموم لإتمام صلاته وحكمه كحكم المسبوق ، ويتابع الإمام في القنوت ، ولو أراد مفارقته عند اشتغاله بالقنوت جاز كما سبق في نظائره ، ولو صلى الظهر خلف المغرب جاز باتفاق ، ويتخير إذا جلس الإمام في التشهد الأخير بين مفارقته لإتمام ما عليه وبين الاستمرار معه حتى يسلم الإمام ثم يقوم المأموم إلى ركعته كما قلنا في القنوت

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/1347584948597643/