Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6206. Imam Syafi'i mengatakan bahwa orang yang bisa melihat jin, maka syahadat nya batal ?

PERTANYAAN :

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ijin bertanya syekh, yai, nyai, gus, ning. Dalam chanel YouTube ada seorang ustadz mengatakan dengan mengambil / memetik qoul Imam Syafi'i bahwa Imam Syafi'i mengatakan bahwa orang (islam) yang bisa melihat / berkomunikasi dengan jin, maka syahadat nya batal. Apakah benar demikian, dan dalam kitab apa beliau mengatakan hal itu jika memang benar itu qoul Imam Syafi'i ? Matur nuwun. (Kang Nur Iman)

JAWABAN :

Wa alaikum salam. Memang ada riwayat imam Syafii menyatakan seperti itu :

قال الشافعي رضي اللّٰه عنه : ومن زعم أنه رآهم ردت شهادته وعزر لمخالفته القرآن، وحمل بعضهم كلام الشافعي علي زاعم رؤية صورهم التي خلقوا عليها.
~الكوكب الأجوج في أحكام الملائكة والجن والشياطين ويأجوج ومأجوج 193

Imam As Syafi'i RA Berkata : Barangsiapa mengaku pernah melihat jin, maka kesaksiannya ditolak dan dia harus di hukum. Sebab pengakuan yang demikian itu jelas-jelas bertentangan dengan Al Qur'an. Namun sebagian Ulama' mengarahkan perkataan Iman Syafi'i ini untuk orang-orang yang mengaku melihat jin dengan wujud aslinya sebagaimana jin itu diciptakan.

Tapi yang dimaksud di sini, bukan syahadatnya batal atau batal keislamannya namun persaksian dalam persidangan berdasarkan komunikasi dengan jin dianggap batal. Syahadat itu kesaksiannya untuk masalah masalah hukum yang butuh saksi, bukan imannya (kalimat syahadat itu), ini masuk akal karena hukum pengadilan tidak bisa didasarkan pada perkara ghaib, nanti orang ngaku ngaku bahwa diginikan jin gini gitu. Wallohuaalam. (Ahmad Nasih Zayn, Zon Di Jonggol, Amri Windianto, Nurul Hidayat)

Referensi Tambahan :
Mughnil Mukhtaj :
مغني المحتاج
ﻭﺗﻨﻌﻘﺪ ﺑﺄﺭﺑﻌﻴﻦ ﻣﻦ اﻟﺠﻦ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ اﻟﻘﻤﻮﻟﻲ، ﻟﻜﻦ ﻋﻦ اﻟﻨﺺ ﻣﻦ اﺩﻋﻰ ﺃﻧﻪ ﻳﺮﻯ اﻟﺠﻦ ﻳﻜﻔﺮ ﻟﻤﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﺇﻧﻪ ﻳﺮاﻛﻢ ﻫﻮ ﻭﻗﺒﻴﻠﻪ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﻻ ﺗﺮﻭﻧﻬﻢ} [ اﻷﻋﺮاﻑ: 27] . ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ: ﻳﻤﻜﻦ ﺣﻤﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ اﺩﻋﻰ ﺭﺅﻳﺘﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺧﻠﻘﻮا ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻳﺤﻤﻞ ﻛﻼﻡ ﻏﻴﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺇﺫا ﺗﺼﻮﺭﻭا ﻓﻲ ﺻﻮﺭﺓ ﺑﻨﻲ ﺁﺩﻡ ﻭﻧﺤﻮﻫﻢ اﻩـ. ﻭﻫﺬا ﺣﺴﻦ. ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﻗﺮﻳﺔ ﺃﺭﺑﻌﻮﻥ ﺃﺧﺮﺱ ﻓﻬﻞ ﺗﻨﻌﻘﺪ ﺟﻤﻌﺘﻬﻢ؟ ﻗﺎﻝ اﺑﻦ اﻟﻘﻄﺎﻥ: ﻳﺤﺘﻤﻞ ﻭﺟﻬﻴﻦ
واللّٰه سـبحانه وتعالى أعلم

LINK ASAL :