Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6154. Inilah perbedaan antara ma'rifat dan ilmu

PERTANYAAN :


Asalamualaikum. Mohon penjelasannya, perbedaan makna makrifat dengan ilmu. Karena dalam kitab kitab tauhid ibarahnya memakai lafad makrifat  bukan lafad ilmu. Seperti ungkapan (wajib bagi orang mukallaf oleh mengenal ) ditunggu ya! [Cuco Ureung Aceh].

JAWABAN :

Wa alaikumussalam wr wb. Antara ma'rifat dan ilmu itu terdapat perbedaan :
- Ma'rifat digunakan untuk sesuatu yang bersifat juz iyyah.
- Ilmu digunakan untuk sesuatu yang bersifat kulliyyah.
Sebagaimana dijelaskan dalam 'Umdatul Qori' :
عمدة القاري : (127/6)
وَبَين الْمعرفَة وَالْعلم فرق، وَهُوَ أَن الْمعرفَة تسْتَعْمل فِي الجزئيات وَالْعلم فِي الكليات،

فيض القدير
فمعرفة الله تعالى والعلم به أول واجب مقصود لذاته على المكلف

Lebih lanjut dari kitab Ghayah Wusul, dijelaskan bahwa perbedaan ma'rifah dengan ilmu adalah al-ma'rifah berkaitan dengan tashawwur, sedangkan al-'ilmu berkaitan dengan tashdiiq, rincian nya di bawah ini :

عبارة كتاب: النفحات علي شرح الورقات صحــــ ١٥، الحرمين:
قوله(فالمعرفة هنا) دفع بهذا اعتراضا علي المصنف في تعبيره بالمعرفة وأن الصواب التعبير بالعلم بناء علي أن المعرفة إنما تتعلق بالمفردات والعلم إنما يتعلق بالنسب التامة أي أن المعرفة هي التصور والعلم هو التصديق والفقه من قبيل التصديقات لا من قبيل التصورات كما أشار إليه الشارح فيما سبق، والحاصل الدفع أن هذا هو الغالب وقد يستعمل كل منهما بمعني الآخر وحينئذ فيراد بالمعرفة هنا العلم ليوافق ما هو مقرر عندهم،

Makna : Perkataan pengarang : (ma'rifah di sini) dengan ungakapan ini pengarang menjawab kritikan kata ma'rifah dan bahwa yang benar adalah mengungkapkan dengan ilmu, berpijak pada bahwa ma'rifah hanya berkaitan dengan muffradat, dan ilmu berkaitan dengan penyandaraan-penyandaran sempurna, maksudnya ialah bahwa ma"rifah adalah tashawwur, dan ilmu adalah tashdiiq, sedangkan fiqh termasuk dalam katagori tashdiq, bukan tashawwur, sebagaimana telah meng'isyarah oleh syarih (pengarang) dalam pembahasan terdahulu, kesimpulan jawaban adalah: bahwa ini adalah hal yang menjadi kebiasaan saja, masing-masing dari keduanya telah digunakan untuk makna selainnya, maka dari itu yang dikehendaki ma'rifah di sini ilmu, agar sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh para ulama'. Wallaahu a'lam. [Abdul Qodir Shodiqi, Teugku Busra Al-Habib].

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/posts/1829453963744070/