Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6051. ADA DISPENSASI SHOLAT BERJAMAAH KETIKA BARU MENIKAHI JANDA / PERAWAN ?

PERTANYAAN :

Assalamualikum Para Kyai Adjengan PISS. Mohon referensi katanya bagi yang menikahi perawan ada dispensasi shalat berjamaah tapi dispensasinya berbeda bila menikahi janda, benarkah demikian ? jadi begini misal ada seorang laki-laki menikahi perawan katanya walau tidak berjamaah shalat fardhu ke masjid selama seminggu ga usah diributin karena oleh Ulama fiqih sudah diijtihadi tak masalah, nah pendapat itu saya dengar dari penceramah tanpa nyebutin sumber kitabnya, lalu saya tanya ke teman saya yang ahli kitab Kuning mondoknya 12 tahun iya begitu tapi dia sudah nyari-nyari di Kitabnya sampai dikeluarin Kitab Fiqihnya tidak ketemu-ketemu ibarohnya ? katanya tak ditandain jadi lupa, mohon ibarohnya. [Dida Alfiedz Rasyeed]

JAWABAN :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
Ya, ada dispensasi tidak berjamaah shalat fardhu 7 hari bagi lelaki yang baru menikahi gadis perawan, dan 3 hari saat baru menikahi wanita janda. Maksudnya dispensasi tidak berjama'ah menurut syafi'iyah khusus shalat waktu malam yaitu maghrib dan isya'. Sebagaimana keterangan di kitab Fathul Mu'in :
Perhatian : WAJIB menurut dua Guru kita ( walaupun imam Al-Adzro'i sebagaimana imam Azzarkasyi telah panjang lebar dalam menolaknya ) untuk meninggalkan seumpama keluar untuk berjamaah dan mengiringkan jenazah di malam-malam zifaf (7 malam untuk perawan, dan 3 malam untuk janda).
Wallohu a'lam. [Muh Jayus, Santriwati Dumay].

Referensi :

- Fathul Mu'in :
زين الدين المعبري، فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين، صفحة ٤٩٨
تنبيه يجب عند الشيخين وإن أطال الأذرعي: كالزركشي في رده أن يتخلف ليالي مدة الزفاف عن نحو الخروج للجماعة وتشييع الجنائز وأن يسوي ليالي القسم بينهن في الخروج لذلك أو عدمه فيأثم بتخصيص ليلة واحدة بالخروج لذلك.

اعانة الطالبين
(قوله: ليالي الخ) خرجت الأيام فلا يتخلف لها، بل يستحب الخروج، كما علمت،
وقوله مدة الزفاف: أي وهي السبع في البكر والثلاث في الثيب
(قوله: عن نحو الخروج) متعلق بيتخلف.
وقوله للجماعة: متعلق بالخروج، أي يجب أن يتخلف عن الخروج لأجل الجماعة. والمراد جماعة المغرب والعشاء: إذ هما اللذان يقعان ليلا، فليالي الزفاف معدودة من أعذار الجمعة.

LINK ASAL:
web.fb.com/groups/piss.ktb/3662776800411768/