Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5853. JIKA SELESAI WUDHU BARU SADAR ADA ANGGOTA WUDHU YANG BELUM DIBASUH

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum ustad. Ijin bertanya : Andai kita sudah selesai wudhu, ternyata ada bagian di kaki (jempol) belum terbasuh sebab ada solasi dibawah jempol, dan waktu itu semua anggota wudhu sudah kering semua karena sudah lama berwudhu. Pertanyaanya : apakah mengulang wudhunya (dari awal) atau cukup dengan membasuh JEMPOL saja atau JEMPOL SAMPE MATA KAKI ? [Roni].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Karena kaki itu anggota wudhu yang terakhir dibasuh, maka jika ada bagian yang belum dibasuh baik lupa atau tertutup sesuatu, maka cukup membasuh yang belum terbasuh saja, karena tartib itu dari anggota wudhu ke anggota wudhu yang lain. Adapun dalam satu anggota wuduh itu tidak ada kewajiban tertib, mau dimulai dari jempol atau tumit atau bagian lainnya pun sah.

Berbeda jika yang belum terbasuh itu bukan kaki, misal ada anggota tangan yang belum terbasuh, siku misalnya, maka berarti yang diulangi dari membasuh tangan lagi sampai selesai, bukan hanya dibasuh tangannya saja, karena harus tertib dalam madzhab syafi'i. Adapun jika dalam mandi, maka cukup membasuh yang terhalang (belum dibasuh) dan langsung shalat (karena tidak ada kewajiban tertib). Sedangkan dalam wudhu lain lagi yaitu jika setelah membasuh yang terhalang wajib membasuh anggota wudhu setelahnya (karena ada kewajiban tartib).

Adapun jika ragu terhadap anggota wudhu apakah sudah dibasuh/disucikan atau belum, maka:
a) Anggota wudhu yang masih diragukan dibasuh kembali dan juga anggota wudhu setelahnya, jika ragu masih dalam wudhu
b) Jika ragunya setelah selesainya wudhu maka keraguan tersebut tidak berpengaruh (wudhunya sudah sah).

Jadi jika ada sedikit anggota yang terlewat belum terbasuh, dan baru diketahui setelah wudhu, Apakah wudlunya harus diulang dari awal ? Wudhunya tidak perlu diulang, cukup membasuh bagian anggota yang belum terbasuh (semisal jempol tangan, jika jempolnya belum terbasuh) kemudian tinggal meneruskan membasuh pada anggota wajib setelahnya, sebagaimana pemahaman ibarot di bawah. Wallohu a'lam. [Taufik, Abu Cenghood, آصف عرفان, Kang Santri].

Referensi :

وَلَو شكّ فِي تَطْهِير عُضْو قبل فرَاغ طهره أَتَى بِهِ وَمَا بعده أَو بعد الْفَرَاغ لم يُؤثر (الاقناع ١/٤٦)
ولو شك في غسل بعض أعضائه في أثناء الطهارة لم يحسب له وبعد الفراغ لا يضره الشك على الأصح (روضة الطالبين ١/٦٤)

وتجب إزالة ما تحت الأظافر من الوسخ وكذا ما على اليدين من شمع ونحوه من كل ما يمنع وصول الماء إلى العضو ومثل اليدين في ذلك الوجه والرجلان فلو رأى بعد تمام وضوئه على يديه مثلا حائلا كقشرة سمك وعلم أن ذلك كان حاصلا وقت الوضوء وجب عليه إزالته وغسل ما تحته وإعادة تطهير الأعضاء التي بعده لأجل مراعاة الترتيب في الوضوء (نهاية الزين في إرشاد المبتدئين ص ٥٢)

- kitab mausuatul fiqih :

أَرْكَانُ الوضوء يَتَحَتَّمُ الإِْتْيَانُ بِهَا، فَإِنْ تَرَكَ غَسْل عُضْوٍ مِنَ الثَّلاَثَةِ أَوِ جُزْءًا مِنْهُ، أَوْ تَرَكَ مَسْحَ الرَّأْسِ، فَإِنَّهُ لاَ بُدَّ مِنْ تَدَارُكِهِ، بِالإِْتْيَانِ بِالْفَائِتِ مِنْ غَسْلٍ أَوْ مَسْحٍ ثُمَّ الإِْتْيَانُ بِمَا بَعْدَهُ، فَمَنْ نَسِيَ غَسْل الْيَدَيْنِ، وَتَذَكَّرَهُ بَعْدَ غَسْل الرِّجْلَيْنِ، لَمْ يَصِحَّ وُضُوءُهُ حَتَّى يُعِيدَ غَسْل الْيَدَيْنِ وَيَمْسَحَ بِرَأْسِهِ وَيَغْسِل رِجْلَيْهِ.

- kitab Kasyifatussaja:

وإذا ترك لمعة صغيرة من عضو ولو سهوا لم يصح الوضوء حتى يغسلها ويعيد غسل الأعضاء التى بعدها...

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/3181344655221654