Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5727. APAKAH BENAR, KETIKA BERTAMU DAN SEDANG PUASA SUNNAH, LEBIH BAIK DIBATALKAN ?

PERTANYAAN :

Assalamualaikum para ustad dan ustadah. Note : ( situasi lagi bertamu dan si tamu lagi puasa sunah lalu disuguhi makanan atau minuman ). Saya pernah mendengar : Apakah benar lebih baik makan / minum untuk menghargai tuan rumah atau kita tetep berpuasa ? Terima kasih. Semoga bertambah banyak Ilmu kita dan berkah, amien yaa Allah. [Max Max].

JAWABAN :

Waalaikumsalam. Sunah membatalkan puasa sunnah bila dikhawatirkan dapat menyinggung perasaan tuan rumah (bila tetap berpuasa), dan dia akan mendapatkan pahala puasa yang sudah lewat. Jika tidak menyebabkan tersinggung maka disunnahkan tidak membatalkan puasanya. Imam Ghazali berkata : Disunnahkan berniat untuk untuk menyenangkan perasaan tuan rumah saat membatalkan puasa tersebut.

حدثنا محمود بن غيلان حدثنا أبو داود حدثنا شعبة : قال كنت أسمع سماك بن حرب يقول أحد ابني أم هانئ حدثني فلقيت أنا أفضلهما وكان إسمه جعدة وكانت أم هانئ جدته فحدثني عن جدته أن رسول الله صلى الله عليه و سلم دخل عليها فدعى بشراب فشرب ثم ناولها فشربت فقالت يا رسول الله أما إني كنت صائمة فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم الصائم المتطوع أمين نفسه إن شاء صام وإن شاء فطر.

Pernah Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallama masuk ke rumah Umu Hani’ kemudian beliau (Rasul) diundang untuk jamuan minuman, maka Nabi meminumnya. Kemudian Nabi menawarkan minuman kepadanya (Umu Hani’) dan ia berkenan untuk meminumnya. Selanjutnya, ia berkata kepada Nabi, “Yaa Rasulullah sesungguhnya saya orang yang berpuasa”. Maka Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallammenjawab, “Orang yang puasa sunah itu mempercayakan dirinya. Dalam artian jika berkehendak puasa maka berpuasalah dan jika berkehendak membatalkan maka batalkanlah. (HR. Turmudzi).

Disunnahkan untuk menikmati hidangan dalam puasa sunah meskipun dianjurkan demi keridhoan pemilik makanan. Jika dikhawatirkan tidak menikmati hidangan tersebut (menahan puasanya) dapat menyinggung perasaan pemilik tersebut, meskipun di akhir siang hari karena ada perintah untuk membatalkan puasa dan dia akan mendapatkan pahala puasa yang sudah lewat dan dianjurkan mengqodho pada hari lain sebagai gantinya. Jika tidak menyebabkan tersinggung pemilik makanan maka disunnahkan tidak membatalkannya (lebih utama tetap berpuasa). Imam Ghazali telah berkata: disunnahkan berniat untuk untuk menyenangkan perasaan pemilik hidangan pada saat membatalkan puasa. Bagi tamu diperbolehkan menikmati makanan yang telah dihidangkan meskipun belum dipersilahkan dengan ucapan dari tuan rumah. Wallohu A'lamu Bis Showaab. [Abi Nadhif, Sholli 'Ala Muhammad].

Ibarot :
فتح المعين بشرح قرة العين ج ٣ ص ٢٥٥
فروع) يندب الأكل في صوم نفل ولو موءكدا لإرضاء ذي الطعام بأن شق عليه إمساكه ولو آخر النهار للأمر بالفطر ويثاب على ما مضى وقضى ندبا يوما مكانه فإن لم يشق عليه إمساكه لم يندب الإفطار بل الإمساك أولى . قال الغزالي يندب أن ينوي بفطره إدخال السرور عليه ويجوز للضيف أن يأكل مما قدم له بلا لفظ من المضيف

- i'anah ‎:

 ﻳﻨﺪﺏ ﺍﻷﻛﻞ ﻓﻲ ﺻﻮﻡ ﻧﻔﻞ ﻭﻟﻮ ﻣﺆﻛﺪﺍ ﻻﺭﺿﺎﺀ ﺫﻱ ﻃﻌﺎﻡ ﺑﺄﻥ ﺷﻖ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻣﺴﺎﻛﻪ ﻭﻟﻮ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﻨﻬﺎﺭ ﻟﻸﻣﺮ ﺑﺎﻟﻔﻄﺮ ﻭ ﻳﺜﺎﺏ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻣﻀﻰ ﻭ ﻗﻀﻰ ﻧﺪﺑﺎ ﻳﻮﻣﺎ ﻣﻜﺎﻧﻪ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺸﻖ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻣﺴﺎﻛﻪ ﻟﻢ ﻳﻨﺪﺏ ﺍﻟﻔﻄﺮ ﺑﻞ ﺍﻹﻣﺴﺎﻙ ﺃﻭﻟﻰ

LINK ASAL :