Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5694. TINTA BEKAS COBLOSAN PEMILU DAN SAHNYA WUDHU

PERTANYAAN :

Assalamaalaikum warahmatullahi wabarakatuh para asatid semoga selalu dilindungi oleh Allah. Setelah saya nyoblos di suruh nyelupin jari tangan ke tinta ungu sebagai bukti sudah nyoblos, Pertanyaannya :
1. apakah tinta tersebut menghalangi sampainya air ke kulit ?
2. kalau seandainya termasuk menghalangi, apakah sisa tinta yang sulit dihilangkan itu mendapat keringanan / dima'fu ' ? seperti gambar di bawah ini [Dwi Ahmad Fauzi] :


JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Sah wudhu nya seseorang yang di anggota wudhu nya terdapat bekas sisa tinta coblosan, dan tak perlu menghilangkannya. Setelah nyoblos pemilu maupun pilkada, kita diminta celup jari ke tinta. Tinta ini bisa menghalangi air wudhu, kecuali jika hanya tinggal bekas maka tidak menghalangi. Yang dimaksud atsar (bekas tinta) itu tinggal warnanya saja, jadi jika digosok-gosok sudah tidak menghasilkan sesuatu darinya, atau sesuatu terkelupas darinya, misal kita ambil air jernih satu ember, masukkan tangan, gosoklah tangan yang kena tinta, jika air masih terkena (ternodai) oleh warnanya tinta, maka itu masih ada 'ain tinta, jika air tetap jernih maka itu hanya bekas tinta maka tidak menghalangi air wudhu. Wallohu a'lam. [Muh Jayus, Yayak].

Referensi :

فتح المعين بشرح قرة العين 
ورابعها: أن لا يكون على العضو حائل بين الماء والمغسول كنورة وشمع ودهن جامد وعين حبر وحناء بخلاف دهن جار أي مائع وإن لم يثبت الماء عليه وأثر حبر وحناء.
Makna;
Dan yang ke 4 syarat wudhu : Tidak ada dianggota wudlu suatu yang menghalangi antara air dengan yang dibasuh. Seperti gamping, lilin, minyak padat, 'ain tinta dan pacar. Berbeda dengan minyak cair (yakni tidak jadi penghalang), walaupun air tidak bisa diam di atas minyak, juga bekas tinta dan bekas pacar.

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ١/٤٦
(قوله: بخلاف دهن جار) أي بخلاف ما إذا كان على العضو دهن جار فإنه لا يعد حائلا فيصح الوضوء معه، وإن لم يثبت الماء على العضو لأن ثبوت الماء ليس بشرط. (قوله: وأثر حبر وحناء) أي وبخلاف أثر حبر وحناء فإنه لا يضر. والمراد بالأثر مجرد اللون بحيث لا يتحصل بالحت مثلا منه شئ.
Fokus:
والمراد بالأثر مجرد اللون بحيث لا يتحصل بالحت مثلا منه شئ
Makna;
dan yang dimaksud dengan atsar ( labet / bekas ) adalah tersisa hanya warna, dengan sekira tidak bisa hasil sesuatu apapun darinya dengan digosok umpamanya.

المجموع ١/٣٨٧
.إذا كان على بعض أعضائه شمع أو عجين أو حناء وأشباه ذلك فمنع وصول الماء إلى شيئ من العضو لم تصح طهارته سواء أ كثر ذلك أم قل ولو بقي على اليد و غيرها أثر الحناء و لونه دون عينه أو أثر دهن مائع بحيث يمس الماء بشرة العضو و يجري عليها لكن لا يثبت صحت طهارته.

LINK ASAL :