Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5532. Inilah Riwayat Nabi Adam Dikhitan

PERTANYAAN :

Assalammu'alaikum, saya mau tanya akan suatu ibaroh yang menerangkan nabi adam adalah yang pertama melakukan khitan sebagaimana akan nadzarnya kepada Alloh. Jikalau Alloh mengampuni nabi Adam maka nabi adam akan memotong bagian dari tubuhnya dan akhirnya nadzar itu memotong hasyafah dalam kata khitan li ajlis syari'ati, mohon ibaroh akan hikayat di atas. Wassalaamu'alaikum. [Jafar Somad].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam, menurut pendapat yang kuat yang pertama kali khitan adalah Nabi Ibrahim alaihis salaam, sedangkan Nabi Adam terlahir sudah dalam keadaan terkhitan. Nash hadits mengatakan bahwa Nabi Ibrahim khitan pada umur 80 tahun, dalam sebagian riwayat bahwa Nabi Ibrahim alaihis salaam adalah orang yang pertama kali khitan. Namun ada riwayat lain dalam kitab terdahulu seperti taurat dan injil bahwa Nabi Adam adalah orang yang pertama kali khitan, bahkan sebagian riwayat mengatakan bahwa Nabi Adam nadzar kepada Allah jika menerima taubatnya akan memotong sesuatu dari badannya, maka turunlah malaikat Jibril dan memalingkan pandangannya untuk memotong kulup, maka kuluppun dipotong. Wallohu a'lam. [Mujawwib : Ust. Nur Hamzah].

Refrensi :

- kitab fathul bary :

حدثنا أبو اليمان أخبرنا شعيب بن أبي حمزة حدثنا أبو الزناد عن الأعرج عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال اختتن إبراهيم بعد ثمانين سنة واختتن بالقدوم مخففة قال أبو عبد الله حدثنا قتيبة حدثنا المغيرة عن أبي الزناد وقال بالقدوم وهو موضع مشدد
--
قوله اختتن إبراهيم عليه السلام بعد ثمانين سنة تقدم بيان ذلك والاختلاف في سنه حين اختتن وبيان قدر عمره في شرح الحديث المذكور في ترجمة إبراهيم - عليه السلام - ، وذكرت هناك أنه وقع في الموطأ من رواية أبي الزناد عن الأعرج عن أبي هريرة موقوفا على أبي هريرة أن إبراهيم أول من اختتن وهو ابن عشرين ومائة واختتن بالقدوم وعاش بعد ذلك ثمانين سنة

- kitab al hawi kabir :

ودليلنا : قول الله عز وجل : ثم أوحينا إليك أن اتبع ملة إبراهيم حنيفا [ النحل : 123 ] ، وكان إبراهيم أول من اختتن بالقدوم ، روي مخففا ومشددا ، فمن رواه مخففا جعله اسم المكان الذي اختتن فيه ، ومن رواه مشددا جعله اسم الفأس الذي اختتن به .
وقيل : اختتن وهو ابن سبعين سنة .
وقيل : ثمانين سنة ، ولا يفعل ذلك بهذه السن إلا عن أمر الله تعالى ووحيه .

- kitab al hawi lil fatawa :

وأما من خلق مختونا من الأنبياء فسبعة عشر : آدم وشيث وإدريس ونوح وسام ولوط ويوسف وموسى وشعيب وسليمان وهود وصالح وزكريا ويحيى وعيسى وحنظلة بن صفوان ، وخاتمهم سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم .

- kitab ad difa' 'anillah (6/11) :

فالنص يقول: إن إبراهيم عليه السلام اختتن وهو ابن ثمانين سنة، وهناك بعض الروايات: أن إبراهيم عليه السلام هو أول من اختتن، وهناك روايات أخرى وردت في الكتب السابقة كالتوراة والإنجيل: أن آدم أول من خُتن، بل وردت بعض الروايات التي تقول: إن آدم نذر لله إن قبِل الله توبته ليستأصلن شيئاً من بدنه، فنزل جبريل ولفت نظره إلى قطع القلفة فقطعها.

LINK ASAL :
web.fb.com/groups/piss-ktb/2246389912050471